Persib Berhasil Penuhi Target Poin Tandang


PALEMBANG, (PR).-
Persib Bandung memenuhi target meraih poin tandang pertama dengan raihan satu biji kemenangan. Poin diraih setelah menahan imbang tuan rumah Sriwijaya FC 1-1 pada Kompetisi Liga Super Indonesia 2009-2010, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Sabtu (12/12). Sriwijaya FC unggul lebih dahulu melalui sundulan Keith Kayamba Gumbs menit ke-69. Persib baru bisa membalas pada menit ke-90 melalui sundulan Christian Rene. Rene sukses meneruskan bola tendangan bebas Atep dari luar kota penalti.

Wartawan Pikiran Rakyat, Riesty Yusnilaningsih dan M. Gelora Sapta melaporkan dari Palembang, hasil imbang ini disambut sukacita kubu Persib. Hariono dkk. harus menunggu selama 90 menit untuk menciptakan gol. Pada babak kedua sedikitnya ada enam peluang emas, tetapi hanya satu yang berbuah manis.

Manajer Persib H. Umuh Muchtar mengaku puas dengan penampilan para pemain. Kerja keras pemain ini berbuah bonus tambahan Rp 30 juta dari Umuh, Wakil Manajer Dedy Firmansyah, Komisaris PT PBB Zainuri Hasyim, dan Uce K. Suganda. “Saya bangga dengan perjuangan pemain,” ujar Umuh.

Pelatih Jaya Hartono mengatakan, hasil imbang ini merupakan yang terbaik bagi kedua tim. Sebenarnya Persib pantas menang karena memiliki peluang lebih banyak daripada Sriwijaya. “Karena lemah dalam penyelesaian akhir, tidak ada gol tambahan lagi,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, ada manfaat rotasi pemain yang dipasang kemarin. Persib memiliki tenaga baru dan bisa mengganti peran pemain yang kelelahan. “Aji Nurpijal bertugas mengawal ketat Kayamba. Wildansyah mengeblok bola-bola ke arah kotak penalti dari kanan Persib,” ujarnya. Jaya juga memuji Atep sebagai bintang malam itu. Bahkan, Atep dinilai pantas masuk Tim Nasional untuk posisi sayap kiri.

Sementara itu, Pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan merasa kecolongan dengan gol balasan Persib karena sudah hampir menang. Pada menit akhir terjadi gol sehingga pertandingan harus berakhir seri.

Peluang pertama Persib terjadi pada menit ke-47 melalui sundulan Cristian Gonzales. Menerima umpan dari Suchao Nutnum, Gonzales memenangi duel di udara. Sayangnya, bola mengenai tiang kiri gawang Ferry Rotinsulu. Peluang berikut diperoleh Budi Sudarsono. Ia melewati Precious, tetapi bola tendangannya masih menyamping.

Hilton Moreira gagal menjaringkan gol pada menit ke-61. Ia sudah berhadapan dengan Ferry menerima sodoran dari Budi. Bola sontekannya menyamping tipis dari tiang gawang. Tendangan jarak jauh Atep pada menit ke-82 mengenai tiang kiri gawang. Pada masa injury time perpanjangan waktu, Gonzales gagal mencocor bola sodoran silang dari Airlangga yang masuk menggantikan Budi.

Peluang terbaik Sriwijaya FC diperoleh Zah Rahan, tetapi bola tendangannya masih menyamping tipis.

Rotasi

Pelatih Jaya Hartono melakukan rotasi pemain karena sejumlah pemain inti mengalami kelelahan. Aji Nurpijal mengisi posisi Nova Arianto. Sementara itu, Wildansyah ditempatkan di bek kanan, yang biasa diisi Gilang Angga. Posisi Wildansyah di kanan untuk memperkuat lini belakang, terutama menghadapi gempuran Zah Rahan dan Isnan Ali yang bermain di sayap kiri Sriwijaya FC.

Strategi ini sangat tepat karena Zah Rahan dan Isnan kesulitan melakukan penetrasi ke kotak penalti atau memberikan umpan silang. Wildansyah bisa menutup ruang gerak mereka. Aji juga cukup disiplin menjaga Kayamba, meski proses gol Sriwijaya FC berawal dari aksi Obio Rombongan Persib kembali ke Bandung, Minggu (12/12) ini dan akan melakukan persiapan menghadapi Arema Malang, Sabtu (19/12). ***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: