Saatnya Persib Merebut Poin Tandang


PALEMBANG, (PR).-
Sudah saatnya Persib Bandung membawa poin dari laga tandang pada Kompetisi Liga Super Indonesia (LSI). Kesempatan tersebut sudah menanti di depan mata, saat “Pangeran Biru” akan menantang “Laskar Wong Kito” Sriwijaya FC di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Sabtu (12/12) pukul 19.00 WIB.

Kesempatan meraup poin itu tetap terbuka lebar di tengah kondisi kelelahan yang mayoritas melanda pemain kedua tim saat ini. Alasannya, walaupun lawan sama-sama tengah menunjukkan grafik positif, performa Kayamba Gumbs dkk. masih belum seprima musim sebelumnya.

“Mereka belum stabil dan masih mencari bentuk permainan yang paling pas untuk diperagakan saat akan melawan suatu tim tertentu,” ucap Asisten Pelatih Yusuf Bachtiar, seusai uji coba lapangan kemarin.

Ia juga menilai kekuatan Sriwijaya musim ini tidak sehebat materi pemain yang mereka miliki tahun sebelumnya. Dua faktor tersebut, ujar Yusuf, sudah semestinya dimanfaatkan dengan baik oleh Persib. Supaya bisa tetap tampil maksimal dalam kondisi kelelahan, pemain diharapkan dapat memperagakan permainan yang efektif.

Selain itu, Pelatih Kepala Jaya Hartono juga akan melakukan serangkaian perombakan terhadap formasi pemain yang akan diturunkannya sebagai starting eleven. Langkah tersebut diambil, tentu saja untuk menambah tenaga dari pemain yang masih berada dalam kondisi bugar. Namun, Jaya enggan membocorkan lebih lanjut siapa pemain yang akan diturunkannya nanti. “Kalau soal siapa, tidak akan saya katakan sekarang. Nanti saja saat pertandingan,” ucapnya.

Ia mengatakan, semua pemain akan mendapat kesempatan yang sama dimainkan malam ini, termasuk Cristian Gonzales yang mulai bangkit dari krisis paceklik gol dan Budi Sudarsono mantan pemain Sriwijaya FC.

Jaya menilai Sriwijaya FC sebagai tim bagus dan kuat, apalagi ketika bertanding di kandang. Pada Liga Super Indonesia (LSI) 2008-2009, Persib pulang dengan tangan hampa ketika dikalahkan 1-0. Pada Liga Indonesia 2005, Persib bahkan dihantam telak 1-4. Untuk itu, ia berjanji akan menurunkan tim terbaiknya demi menyulitkan Sriwijaya FC.

Kemampuan Persib menyulitkan permainan Sriwijaya FC tiap kali bermain di kandang pun diakui Pelatih Rahmad Darmawan. Oleh karena itu, ia memprediksi pertandingan nanti malam akan berlangsung seru.

“Apalagi sekarang mereka dihuni pemain asing berkualitas yang tak perlu disangsikan lagi kemampuannya. Masing-masing dari mereka tangguh di setiap posisi yang dikawal,” ucapnya.

Sama halnya dengan Persib, pemain Sriwijaya FC pun berada dalam kondisi kelelahan. Untuk menyiasatinya, rotasi pemain menjadi salah satu langkah penting yang akan diambilnya. Hal tersebut diyakini Rahmad telah berhasil mengangkat performa timnya seperti saat meladeni Persela Lamongan. Ketika itu ia membangkucadangkan Charis Yulianto, Abrizal, Isnan Ali, dan Christian Warobay.

“Masuknya empat pemain untuk menggantikan mereka terbukti ampuh menambah darah segar untuk menyuntik kekuatan tim. Saya harap strategi serupa akan berpengaruh banyak juga saat kami menghadapi Persib nanti,” ucap Rahmad.

Secara khusus pelatih kelahiran Lampung itu menginstruksikan pemainnya untuk tetap fokus dan konsentrasi sepanjang pertandingan. Ia tidak akan membiarkan pemainnya lengah sedikit pun, karena dikhawatirkan kelengahan itu akan dimanfaatkan Persib untuk mengungguli mereka.

Manajer Persib Umuh Muchtar berharap, wasit yang memimpin pertandingan nanti dapat bertindak adil di lapangan tanpa memihak ke salah satu tim. “PT Liga Indonesia harus menepati janjinya untuk tidak memasang wasit bermasalah yang kerap mengeluarkan keputusan kontroversial,” katanya.

Untuk pertandingan ini, Umuh menargetkan Persib dapat mencuri poin untuk dibawa pulang ke Bandung. Kalaupun upaya tersebut kembali gagal diwujudkan, ia masih akan menoleransinya karena paham mayoritas pemain berada dalam kondisi keletihan. Lagi pula ia tidak ingin mengeluarkan pernyataan spekulatif yang dapat mengganggu kondusivitas di tubuh timnya.

Meski demikian, Umuh meminta pemain tetap bersemangat tinggi dan menampilkan kemampuan terbaik mereka pada pertandingan nanti. “Yang penting sudah berusaha dan berdoa. Hasilnya seperti apa saya pasrahkan kepada Allah SWT. Mudah-mudahan keberuntungan juga berpihak pada kami kali ini,” tuturnya. ***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: