Nyeck & Hilton Tetap Dikontrak


Meski direkomendasi PSSI untuk tidak dikontrak, manajemen Persib tetap akan mengontrak Nyeck Nyobe George Clement dan Hilton Moreira. Menurut Manajer Persib H. Jaja Soetardja, mereka masuk dalam golongan tidak dilarang oleh PSSI, sehingga Persib tetap bisa mengontrak dan menurunkan mereka di Liga Super Indonesia (LSI) 2008.

“Tidak akan berpengaruh. Kan di surat keputusan PSSI juga ditegaskan, yang tidak boleh main itu yang masuk golongan satu. Kalau Nyeck dan Moreira kan golongan dua, boleh direkrut. Tapi, risiko ditanggung klub,” katanya saat dihubungi “PR”, Rabu (12/3).

Walaupun risiko sepenuhnya menjadi tanggungan klub, menurut Jaja bukan masalah besar. “Selama ini pun klub yang bertanggung jawab, bukan PSSI. Lagi pula, dengan adanya statement ini justru menjadi keuntungan bagi klub karena bisa menekankan agar pemain lebih berhati-hati,” tuturnya.

Namun, dikatakan Jaja, hal itu tidak perlu ditegaskan dalam kontrak pemain, cukup dengan penegasan lisan. Apalagi, setiap akan turun bertanding pun pelatih dan manajer kerap mewanti-wanti agar pemain tidak tampil kasar di lapangan.

Masuknya nama Nyeck dalam daftar kelompok pemain yang direkomendasikan agar tidak direkrut bukan karena alasan pernah melakukan tindakan anarkis dan berperilaku menyimpang. Hal itu karena sepanjang musim 2007 Nyeck mengoleksi delapan kartu kuning. Padahal, BLI menetapkan hukuman kartu kuning pemain asing maksimal enam.

Hal serupa juga menimpa Moreira. Ia mengoleksi lima kartu kuning dan satu kartu merah. Moreira pun sempat mendapat hukuman berupa larangan dua kali tampil akibat dinilai melakukan penyikutan terhadap pemain PKT, Komang Mardiawan, pada ajang Copa Indonesia. Insiden tersebut baru terdeteksi melalui rekaman pertandingan.

“Masalah permainan yang sedikit keras, bisa diubah. Keras bukan berarti kasar. Jadi, tidak ada alasan untuk merombak komposisi pemain dan mencoret mereka. Apalagi, hampir semua pemain asing sebenarnya masuk dalam kelompok pemain yang direkomendasikan untuk tidak direkrut. Ada 46 orang,” ujarnya.

Wajar

Melihat banyaknya tindakan anarkis pada liga musim lalu yang disebabkan perilaku pemain asing, wajar jika PSSI bersikap lebih selektif. Pasalnya, ini juga untuk kemajuan persepakbolaan Indonesia termasuk untuk peningkatan kualitas liga pada Liga Super Indonesia (LSI) 2008.

“Keluarnya daftar ini merupakan warning buat para pemain asing agar mereka tidak terlalu bertingkah. Ini dapat menjadi terapi bagi para pemain asing termasuk bagi Nyeck dan Hilton,” ujar pelatih Jaya Hartono.

Berkaitan dengan beberapa pemain bidikan Persib masuk dalam daftar tidak direkomendasikan, Jaya mengatakan, akan terlebih dahulu melihat masalah mereka.

“Saya masih menunggu keterangan dari PSSI soal alasannya. Jadi, saat ini belum ada pembicaraan dengan pemain asing mana pun untuk dua jatah terakhir di tim. Mau satu atau dua pemain asing lagi yang akan diambil tergantung dari dapatnya pemain. Kalau hanya satu, ya sudah, tinggal dimaksimalkan. Kalau dapat dua bisa lebih baik,” ungkapya.

Sementara itu, Wakil Manajer Persib H. Umuh Muchtar mengatakan, tidak seharusnya kriteria pengukur bagus tidaknya kualitas pemain hanya dilihat dari sisi administrasi, tetapi juga seharusnya dilihat dari perilaku sehari-hari. “Jangan dianggap sisi negatifnya saja, lihat positifnya. Ini berarti Hilton dan Nyeck harus bisa menunjukkan kualitas yang lebih baik di lapangan,” ujar Umuh.

Sumber: PIKIRAN RAKYAT

2 Balasan ke Nyeck & Hilton Tetap Dikontrak

  1. caffeins mengatakan:

    kalo si nyeck sih.. dia dapet kartu karena bener2 menjaga pertahanan persib heh..
    he eh teu??!!!
    sok mangga lah nyeck jaga pertahanan persib siga kamari, mun bisa mah lewih hade deui.

  2. kendi™ mengatakan:

    jembel weh pipina mun bandel mah :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: