Asep Somantri Menilai Lini Depan Masih Lemah


Persib butuh seorang striker yang memiliki naluri gol tinggi. Jika stok pemain lokal yang tersedia makin sedikit, lebih baik Persib mencari pemain asing, yang selama ini sudah teruji kualitasnya.

“Untuk belakang dan tengah sudah lengkap. Namun, di lini depan perlu ada tambahan pemain. Lebih baik pilih pemain bagus sekalian, meski harganya cukup tinggi,” ujar mantan Persib, Asep Somantri, Senin (10/3).

Saat ini, tim pelatih masih mempertimbangkan jumlah pemain asing di Persib. Sesuai ketentuan Badan Liga Indonesia (BLI), setiap klub memiliki kuota lima pemain asing. Persib baru memiliki tiga pemain, yakni Hilton Moreira, Lorenzo Cabanas, dan Nyeck Nyobe. Namun, pelatih Jaya Hartono sempat mengutarakan akan menggunakan empat pemain saja, dan jatah satu lagi dicari saat latihan sudah mulai berjalan.

Jika akan menggunakan empat pemain, Persib masih berpeluang untuk merekrut pemain dengan harga tinggi atau setara dengan nilai kontrak dua pemain asing. Striker bertipikal eksekutor dan paling menyusahkan pemain belakang lawan di antaranya Christian Gonzales.

Jika pemain tersebut sulit direkrut karena sudah menjalin kesepakatan dengan klub lain, lebih baik tim pelatih mencari pemain asing baru lagi. Pada kompetisi 2007, pemain asing yang masuk putaran kedua dan permainannya cukup menonjol seperti Keith Kayamba (Sriwijaya FC) atau Emanuel Mbamba (Arema).

“Yang tersulit adalah mencari pemain di posisi depan. Untuk mencari pemain di posisi striker, terlebih dahulu harus melihat karakter partner-nya di depan. Harus ada keseimbangan, jika striker yang satu tipe pendobrak, maka yang satu lagi harus memiliki finishing touch ke gawang yang baik. Jika dua-duanya punya tipe permainan yang sama, tidak akan bisa saling menutupi kelemahan,” ujarnya.

Lini depan Persib saat ini, baru memiliki dua penyerang lokal, yaitu Airlangga dan Zaenal Arif. Untuk lini tengah, Asep menilai jika menggunakan formasi 4-4-2, tingkat kesolidan lini vital itu masih kurang. Dengan formasi ini, Salim Alaydrus cenderung akan dimainkan sebagai gelandang kanan. Di lain pihak, saat ini di Persib belum ada pemain lain yang berperan seperti Salim jika bermain di tengah.

“Perlu dua pemain tengah lain yang kuat, jika Salim digeser ke kanan. Karena Cucu tidak masuk tim, maka harus pemain sekelas Firman Utina yang bisa menjaga tengah. Firman sangat mobile, bertahan maupun menyerang sama-sama bagus,” ujarnya.

Karena itu, menurut Asep, Persib masih membutuhkan seorang pemain tengah lagi, terutama untuk menggantikan peran Cucu Hidayat.

Pada posisi lini belakang, Asep mengatakan, sudah cukup kokoh. Persib memiliki pemain belakang tengah cukup kuat dengan kehadiran Maman Abdurahman, Nova Arianto, Edi Hafid, dan Nyeck Nyobe. Di posisi sayap, ada Harri Salisburi, Gilang Angga, dan Waluyo.

Penawaran

Sementara itu, Manajer Persib H. Jaja Soetardja mengaku saat ini belum ada agen pemain terutama untuk pemain asing yang menawarkan pemain ke dirinya. “Penawaran pemain tidak ke manajer saja, tapi bisa saja langsung ke pelatih. Entah kalau ada agen yang telah menawarkan langsung ke pelatih. Bisa saja kan?,” tuturnya.

Menurut dia, untuk pemain asing saat ini Persib masih membutuhkan 1-2 orang lagi. Namun, untuk jumlah jatah kuota pemain asing tersebut, terutama untuk posisi stopper, Jaja menuturkan, masih akan dipertimbangkan. Dirinya akan melakukan pembicaraan lebih lanjut dengan pelatih setelah Jaya kembali ke Bandung, Jumat (14/3) mendatang.

 dari PR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: