Persib Menang, Bobotoh Senang


(GALAMEDIA).-
Persib Bandung berhasil memenuhi harapan bobotoh-nya untuk mempersembahkan kemenangan pada pertandingan terakhir Liga Djarum Indonesia (LDI) XIII/2007, dengan menggasak PSDS Deli Serdang 3-0 (2-0) di Stadion Siliwangi Bandung, Minggu (30/12). Tiga gol kemenangan Persib disumbangkan Lorenzo Cabanas melalui titik penalti menit ke-20, serta tandukan Redouane Barkaoui (32) dan Zaenal Arief (76).

Kemenangan atas PSDS itu dinilai sebagai obat kekecewaan bobotoh yang sebenarnya sangat mengharapkan Persib bisa lolos ke babak “8 Besar”. Kendati sempat terlibat bentrok dengan aparat keamanan, bobotoh terlihat sangat senang merayakan kemenangan itu dan bisa pulang dengan kepala yang tidak terlalu tertunduk.

“Alhamdulillah, akhirnya kita bisa mengakhiri kompetisi dengan kemenangan. Paling tidak, kemenangan meyakinkan atas PSDS ini bisa menghibur bobotoh yang sempat kecewa atas kegagalan Persib lolos ke babak ‘8 Besar’. Sekali lagi, kami mohon maaf atas kegagalan memenuhi target itu,” kata Manajer Persib, H. Yossi Irianto yang sebelum pertandingan sempat menengok Sandi Pribadi yang baru keluar dari rumah sakit karena terserang demam berdarah.

Ungkapan senada juga dilontarkan Ketua Harian Persib, H. Edi Siswadi. “Hari ini Persib bermain lepas, penuh motivasi dan percaya diri. Kemenangan ini menjadi pembuktian para pemain Persib bahwa hatinya masih di Persib. Tidak seperti yang dituduhkan oleh pihak tertentu kalau pemain saat ini bermain dengan setengah hati,” ujarnya.

Koordinator Tim Pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman juga mengaku sangat puas dengan kemenangan yang diraih anak asuhnya. “Banyak kepuasan yang saya dapatkan dari kemenangan ini. Baik secara tim maupun individu, semua pemain bermain bagus. Selain itu, saya juga senang karena Persib bisa mengamankan posisi di peringkat kelima,” kata Djadjang.

Berbeda dengan kubu Persib, pelatih PSDS, Tumpak Sihite mengaku kecewa dengan kekalahan ini. “Tapi, saya tetap puas dengan penampilan anak-anak yang cukup bagus, meski konsentrasinya terganggu oleh bobotoh yang masuk hingga ke pinggir lapangan,” kata Tumpak.

Formasi menang

Dalam pertandingan ini, tim pelatih Persib menurunkan formasi dan materi pemain yang memenangkan laga melawan Persiraja 4-0, kecuali Sonny Kurniawan yang menggantikan posisi Gilang Angga Kusuma yang cedera. Keputusan ini berhasil baik, karena para pemain yang diturunkan sebagai starter bisa menjaga konsistensi penampilannya, termasuk pemain muda Edi Hafid Murtado.

Setelah sempat dikejutkan oleh tendangan penyerang PSDS, Imam Faisal pada menit 4, para pemain Persib bisa langsung menguasai jalannya permainan. Namun, Persib baru bisa membuka keunggulan pada menit 20 lewat gol penalti Cabanas. PSDS dihukum tendangan penalti setelah Cabanas dijegal Dedi Gusmawan di dalam kotak penalti.

Pada menit 27, Barkaoui berpeluang menambah keunggulan Persib, tapi tendangannya masih bisa ditepis kiper PSDS, Fredy Herlambang. Namun, Fredy akhirnya ditaklukkan Barkaoui yang memanfaatkan umpan silang Sonny Kurniawan dari sektor kanan penyerangan Persib.

Setelah gol kedua ini, pertandingan sempat terhenti sekitar 7 menit, ketika para pemain PSDS tidak mau melanjutkan permainan karena merasa terganggu oleh bobotoh yang meluber hingga ke pinggir lapangan. Namun, setelah ada jaminan bobotoh tidak akan mengganggu permainan, Ansyari Lubis dan kawan-kawan mau melanjutkan permainan.

Pada menit 41 dan 43, gawang Persib nyaris jebol oleh tendangan bebas Ansyari. Beruntung, tendangan melengkung yang selama ini menjadi andalan mantan pemain Persib di LI VIII/2002 ini bisa ditepis penjaga gawang Tema Mursadat. Hingga turun minum, Persib tetap unggul 2-0.

Memasuki babak kedua, permainan Persib semakin dominan. Pada menit 59, Persib memasukan Patricio Jimenez yang sempat “dagang rokok” untuk menggantikan Sonny. Karena Pato masuk, posisi Suwita Pata yang semula libero bergeser menjadi bek sayap kanan. Setelah itu, tim pelatih juga memasukkan Cucu Hidayat dan Leontin Chitescu untuk menggantikan Erik Setiawan dan Barkaoui.

Kendati sejumlah peluang sempat tercipta, namun Persib baru bisa menggenapkan keunggulan menjadi 3-0 pada menit 76 lewat tandukan Zaenal Arief yang memanfaatkan umpan Cabanas.

bobotoh senang

Kemenangan tersebut disambut sukacita ribuan bobotoh yang meluber hingga ke pinggir lapangan. Pesta kembang api dan yel-yel kebanggaan terus bergema di Stadion Siliwangi. Begitu pertandingan usai, ratusan bobotoh juga merangsek ke tengah lapangan untuk memburu para pemain. Beruntung aparat keamanan sigap, sehingga hal-hal buruk bisa dihindarkan.

Namun, pesta kemenangan para bobotoh itu sempat ternoda oleh aksi bentrokan mereka dengan aparat keamanan pada saat akan dievakuasi ke luar stadion. Akibatnya, sejumlah bobotoh terluka dan diamankan aparat. Kendati demikian, para bobotoh akhirnya bisa dievakuasi dan meninggalkan stadion dengan tertib.

Di tengah kegembiraan itu, sebuah tindakan tidak terpuji kembali dilakukan sejumlah oknum bobotoh yang melintasi Sukamiskin. Rombongan bobotoh dengan menggunakan sepeda motor menggoreskan benda tajam ke arah mobil Kijang Innova berpelat B (Jakarta, red) milik Hari, warga Jln. SMPN 18 Ciwastra, Bandung.

Pemilik kendaraan mengaku sangat kaget karena aksi oknum tersebut dilakukan tanpa sebab yang jelas. “Terlebih lagi Persib sudah menang 3-0, kenapa masih melakukan aksi perusakkan,” katanya.

12 Balasan ke Persib Menang, Bobotoh Senang

  1. LUZMAN mengatakan:

    hidup persib!!
    hidup viking unpad!!

    my blog:
    http://luzman-interisti.blogspot.com
    blog artikel ttg persib

  2. […] Persib Menang, Bobotoh Senang (GALAMEDIA).- Persib Bandung berhasil memenuhi harapan bobotoh-nya untuk mempersembahkan kemenangan pada pertandingan terakhir Liga Djarum Indonesia (LDI) XIII/2007, dengan menggasak PSDS Deli Serdang 3-0 (2-0) di Stadion Siliwangi Bandung, Minggu (30/12). Tiga gol kemenangan Persib disumbangkan Lorenzo Cabanas melalui titik penalti menit ke-20, serta tandukan Redouane Barkaoui (32) dan Zaenal Arief (76). […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: