Cukur Persiraja 4-0, Persib Lolos ke LSI 2008


Persib memastikan diri tampil pada Kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2008, setelah mengalahkan Persiraja Banda Aceh 4-0 (3-0), pada Liga Djarum Indonesia XIII 2007 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kab. Bandung, Kamis (27/12).

Posisi Persib dalam klasemen sementara Grup I sudah aman berada di “9 Besar” atau zona Liga Super Indonesia. Persib berada diperingkat ke-5 dengan nilai 51 biji kemenangan. Persib dan klub lainnya menyisakan sekali pertandingan yang akan digelar secara serentak pada Minggu (30/12). Persib akan menyelesaikan pertandingan terakhir melawan PSDS di Stadion Siliwangi Bandung.

Sayangnya, kemenangan Persib ini dinodai ulah bobotoh cilik. Setelah terjadi gol, mereka loncat ke lapangan dari tribun penonton. Hal itu memaksa petugas keamanan melakukan pengusiran kepada mereka, sehingga memancing amarah penonton di tribun dengan melakukan pelemparan kepada petugas. Usai pertandingan, ada dua bobotoh ditangkap karena melakukan pelemparan kepada petugas.

Manajer Persib H. Yossi Irianto mengaku bangga dengan permainan anak-anak Persib kali ini. Dia menilai, komunikasi dan motivasi menjadi modal utama kemenangan Persib, hingga bisa mencukur Persiraja dengan skor telak. Namun, ia meminta agar pemain jangan cepat merasa puas, walaupun tiket LSI 2008 sudah di tangan.

“Tidak sia-sia seluruh jajaran pengurus memberikan motivasi. Anak-anak bisa tampil lepas. Mudah-mudahan kemenangan ini bisa mengobati kekecewaan masyarakat yang sebenarnya ingin melihat Persib ke Senayan tahun ini,” katanya.

Kendati secara kualitas sore itu Persib di atas rata-rata lawan, namun Yossi masih melihat celah kelemahan yang masih terbuka. Yossi menyoroti faktor mental dan emosi pemain yang masih perlu dibenahi.

“Kalau dipersentasekan, kekurangan hari ini hanya 20 persen dan itu masalah mental. Buktinya, dua peluang Zaenal Arif yang gagal berbuah gol karena terburu-buru. Ini harus jadi perhatian agar tidak terulang pada pertandingan terakhir,” katanya.

Juru bicara pelatih Djadjang Nurdjaman mengaku cukup puas dengan penampilan anak asuhannya. “Pemain betul-betul menikmati pertandingan. Ketenangan dan mental bertanding pemain lebih baik dari sebelumnya. Ini sebuah kemajuan besar,” tutur Djadjang.

Menekan

Persib yang membutuhkan kemenangan untuk bisa masuk zona LSI, bermain dengan tempo cepat dan bola-bola pendek yang enak ditonton. Pemain Persiraja tampaknya tampil kurang semangat. Buat mereka, hasil apa pun tidak akan memengaruhi posisi mereka di klasemen.

Pada menit-menit awal, duet penyerang Zaenal Arif dan Redouane Barkaoui sempat menyia-nyiakan peluang emas. Tendangan Arif dalam posisi bebas, masih tidak menemui sasaran. Sundulan Barkaoui pada menit ke-8 pun menyamping tipis. Ia mendapat umpan matang Salim Alaydrus dari sayap kiri Persiraja.

Kebuntuan Persib akhirnya pecah pada menit ke-14 melalui gol bunuh diri Claudio Meer. Proses gol ini berawal dari Barkaoui yang memberikan umpan ke kotak penalti. Arif menyundul bola, namun mengenai tiang gawang. Bola pantulan mengenai kaki Meer yang sedang berlari untuk mengamankan bola, sehingga arah bola berubah masuk gawang. Namun, dalam catatan pengawas pertandingan, Arif yang dinyatakan sebagai pencetak gol.

Pada menit ke-22, bola umpan silang Barkaoui menyentuh tangan Meer di dalam kotak penalti. Wasit Sunarjo Joko langsung menunjuk titik putih. Barkaoui yang menjadi algojo, mengeksekusi dengan baik.

Arif memiliki tiga peluang emas, namun bola berhasil ditangkap kiper. Hal ini membuat penonton gemas dan terkadang mencemoohkan pemain asal Cikajang Garut itu. Beban Arif bisa lepas pada injury time babak pertama, setelah mencetak gol ketiga Persib melalui sundulan, memanfaatkan umpan Salim.

Gol cantik Arif melalui tendangan voli kaki kiri hasil umpan matang Lorenzo Cabanas pada menit ke-63, membuat bobotoh terpuaskan. Arif pun merayakan gol tidak seperti biasanya, dengan melakukan salto.

Lini tengah yang ditempati Eka Ramdani, Cabanas, Salim, Gilang Angga (sayap kanan), dan Erik Setiawan (sayap kiri) cukup solid. Eka yang ditempatkan sebagai gelandang bertahan, bermain taktis. (A-65/A-150) ***
Penulis:
Back

© 2007 – Pikiran Rakyat Bandung

8 Balasan ke Cukur Persiraja 4-0, Persib Lolos ke LSI 2008

  1. heni mengatakan:

    walau kita tahun ini tak jadi juara… tak apa-apa karena ternyata liga sekarang kayaknya penyelenggaraannya kacau balau yaaa.. katanya mau di senayan eh malah di jawa timur…wasit makin ga bener!!!lama 2 jadi ga suka insan2 sepakbola indonesia (PSSI)
    babak 8 besar banyak dihuni tim-tim yang sebenarnya tidak layak.. lihat saja kok babak 8 besar banyak kerusuhan, entah itu tim ibukota,tim dari timur dll, katanya tim-tim terbaik, kok adu jotos, gawang dibakar apakah itu ciri tim terbaik di indonesia?TERLALU, sebenarnya babak 8 besar kali ini kayak memperebutkan pepesan kosong!!
    untung PERSIB ga ikutan. lebih baik konsentrasi buat tahun depan. itupun kalo liganya ada!

  2. dias mengatakan:

    hdup persib lah pokonamah cabanas tong d kamana2 keun

  3. intan mengatakan:

    mesqi aku dulu. . .
    Ta’ men9a9umi zaeNal aRieF
    taPi KaLi iNi aKu ban99a paDa nya9h. .

    maKasiiiiii Zae. .

    taPi tWh smUa j9a berKAt semUa pihaQ ian9
    tUrUt meMbanTu. .

    terMAsuQ EKA RAMDANI si CHEbOuL tHea. .

  4. bobotoh setia mengatakan:

    bwt persib jangan menyerah sampai disini kuyakin musim depan pasti juara

  5. intan mengatakan:

    hade un9z. . .
    teruz berjuan9. .
    jan9an mao kalah ma PSDS
    mesQi ta’ masuk 8 bezar. ,.
    kita da9h BAN99A ko’. .
    maju teruz untuk menuju LI9A SUpER. .

    __________HIDUV PERSIBH__________

  6. orang lewat mengatakan:

    hidup persib!

  7. PERSIBKUBIRU mengatakan:

    Nu pentingmah asup liga super
    PR kanggo pandawa LIMA taun hareup
    MENTAL sareng SKILL pemain kudu hade
    GENTOS Pemain nu BUTUT Enggal KONTRAK pemain nu SAE

  8. Epsensyah, Jaktim mengatakan:

    Bravo PERSIB Bandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: