Arcan Iurie Bela Chitescu


Kendati berpendapat sama dengan publik sepak bola Bandung yang mengkritik penampilannya, Pelatih Persib Bandung, Arcan Iurie Anatolievici mencoba memberikan pembelaan buat Leontin Chitescu. Menurut Iurie, tidak maksimalnya penampilan pemain anyar Persib asal Rumania pada pertandingan uji coba melawan Persmin Minahasa, Sabtu (28/7), dikarenakan beban dirinya yang ingin membuktikan kemampuannya kepada publik.

BalikBandung Inc

“Saya tahu, Leo (sapaan akrab Chitescu, red) tidak maksimal. Tapi itu (saat lawan Persmin, red) bukan Chitescu. Karena waktu itu dia tampil dengan emosi yang ingin membuktikan kemampuannya kepada bobotoh. Karena beban itu, Leo jadi sering melakukan kesalahan,” kata Iurie di Wisma Dharma Bhakti, Jln. Bali Bandung, Senin (30/7).

Karena itu, Iurie meminta kepada publik sepak bola Bandung, termasuk pers, untuk tidak melakukan tekanan hebat terhadap pemain yang direkrutnya dari PSM Makassar itu. Iurie sangat yakin, jika bermain tanpa tekanan, Chitescu bisa mengembalikan performa terbaiknya. “Saya minta bobotoh bersabar dan pers tidak terlalu menekannya dengan pemberitaan. Sebab, itu akan membuatnya takut dan itu akan menjadi masalah besar buat saya. Berikan kesempatan kepada Leo untuk menunjukkan permainan terbaiknya, tanpa tekanan. Saya yakin, Leo bisa,” tambah pelatih asal Moldova itu.

Dikatakan Iurie, Chitescu belum bisa bermain dalam performa terbaiknya karena masih dalam proses adaptasi. “Dia tidak mungkin bisa langsung cetak gol seperti Ronaldinho. Dia butuh proses adaptasi. Ini yang harus dimengerti. Bobotoh tidak boleh langsung teriak ‘ganti dia’. Berikan kesempatan buat Leo untuk beradaptasi,” tegasnya.

Tidak seperti Eka

Dalam kesempatan itu, Iurie kembali menegaskan skenario awalnya yang akan menempatkan Chitescu sebagai pengganti Eka Ramdani jika gelandang mungil Persib itu jadi dipanggil tim nasional Indonesia yang akan tampil di Turnamen Merdeka Games dan SEA Games 2007.

“Kalau misalnya Leo tidak lebih baik dari Bekamenga dan Barkaoui di depan, buat apa saya cari masalah. Kita akan cari tempat lain buat Leo. Begitu juga di lini tengah, kalau pemain lain lebih baik, saya tidak takut untuk menyimpan Leo di bangku cadangan. Bukankah di putaran pertama juga, Barkaoui sering duduk dekat saya (bangku cadangan, red)?” katanya.

Soal skenario awal yang akan menempatkan Chitescu sebagai pengganti Eka, Iurie memastikan hal itu belum berubah. “Saya tahu, Leo tidak mungkin secepat Eka. Karena mereka memang dua individu yang berbeda. Tapi, kesempatan Leo untuk main tetap terbuka di lini tengah. Ingat, Persib punya 17 pertandingan di putaran kedua. Saya tentu akan menurunkan pemain, termasuk Leo sesuai dengan kebutuhan dan strategi permainan,” katanya.

5 Balasan ke Arcan Iurie Bela Chitescu

  1. abung rahmat mengatakan:

    persibku…….cadu mundur pantang mulang.

  2. bobby mengatakan:

    leo dibela, beka ditolerir….ada apa iurie??

  3. maulana mengatakan:

    BERJUANGLAH PERSIBKU………….
    MAJULAH KEBANGGAANKU……….
    BOBOTOH MENANTI KEMENANGANMU……

  4. Epsensyah,Jaktim mengatakan:

    Selamat bergabung Leo Chitescu ….. semoga bisa memberikan yang terbaik untuk PERSIB.
    And untuk Mr. Iurie berikan PERSIB strategi yang jitu untuk mencapai kemenangan walaupun tanpa Eka & Zainal Arif

    PERSIB more than just a team

  5. djunot mengatakan:

    memang benar sebaiknya persib harus memiliki pemain tengah sebagai pengganti Eka kalau nanti harus menjalani persiapan bersama timnas,pemilihan leo sbg pengganti alternatif eka sedikit kontroversi kenapa tidak memaksimalkan pemain lokal dan mempertahankan pemain asing yang ada toh semuanya sudah teruji pada putaran pertama.dan hasilnya memuaskan.sekarang memang sudah terlambat tapi aku salut untuk untuk keberanian semoga saja keberanian ini tidak berakibat fatal.yang jelas PERSIB AINK PISAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: