Bekamenga Putuskan Ikut ke Jepara


Christian Bekamenga akhirnya memilih bergabung bersama Suwita Pata dkk. bertolak ke Jepara untuk menghadapi Persijap pada leg pertama Copa Dji Sam Soe, di Stadion Kamal Djunaedi, Jumat (15/6).

BalikBandung Inc
Ia bersedia memundurkan jadwal pulang ke Kamerun menjadi Minggu (17/6) dari rencana Kamis (14/6). Dengan demikian, dia akan absen pada leg kedua di Bandung, Selasa (19/6). “Saya jadi pulang Minggu dan tidak bisa mundur lagi,” ujar Bekamenga singkat, kepada “PR”, sebelum naik ke bus yang mengantar rombongan Persib di BSM Jln. Gatot Subroto Bandung, Rabu (13/6) pagi.

Ketika disinggung alasan ikut ke Jepara, penyerang timnas Kamerun U-23 itu, tidak mau berkomentar. Ia hanya mengangkat bahu sambil membuka kedua telapak tangan dan menggelengkan kepala.

Bekamenga datang terlambat beberapa menit ke BSM. Hal ini membuat cemas pelatih Arcan Iurie Anatolievici. Apalagi, petugas sudah mengingatkan bus berangkat tepat waktu pukul 7.00 WIB. Petugas sudah menyarankan Bekamenga ikut bus berikutnya yang berangkat 30 menit kemudian.

Wajah Iurie berubah ceria saat Bekamenga tiba di lokasi menggunakan taksi. Ia langsung menjemputnya, kemudian menyalami dan memeluknya, sambil berkata, “Beks, terima kasih.”

Tidak ada komunikasi

Sejak muncul kabar rencana kepulangan dia ke Kamerun, Bekamenga merasa sudah mendapat lampu hijau secara otomatis dari manajemen Persib. Sebab, selama ini dia absen memperkuat Persib karena harus memperkuat timnas, tidak pernah terkendala izin.

Karena itu, rencana kepulangan dia Kamis (14/6) dianggap tidak ada masalah. Sebuah sumber di Persib mengatakan, tim pelatih pernah bicara langsung dengan Bekamenga, tapi tidak berani bersikap, karena soal izin menjadi kewenangan manajemen.

“Sejak muncul kabar di koran (‘PR’ 11/6), Persib sebenarnya bisa menolak izin dia karena turnamennya tidak masuk kalender FIFA, manajemen Persib tidak tegas soal izin, karena tidak ada komunikasi langsung dengan Beka, sehingga, Beka menganggap semuanya beres,” ujar sumber tersebut.

Sumber itu mengatakan, Bekamenga sempat kecewa ketika mendapatkan kabar mendadak tadi malam bahwa manajemen hanya mengizinkan pulang sesudah dari Jepara. “Saya respek sama dia. Bekamenga bisa menghormati keputusan tersebut, dan malam itu juga menelepon temannya, minta bantuan mengundurkan jadwal pulang,” ujarnya.

Saling tukar jadwal

Sementara itu, mantan pemain Persib Yusuf Bactiar menyebutkan, untuk menghindari kejadian serupa semestinya Persib memiliki jadwal lengkap tentang pertandingan yang harus diikuti oleh para pemain asingny, seperti Bekamenga di luar Persib. “Begitu juga Persib harus mengirimkan jadwal yang diikuti Persib,” katanya.

Yang paling tepat, menurut Yusuf, barter jadwal kompetisi ini difasilitasi PSSI kepada federasi Kamerun. Dengan begitu, PSSI juga bisa meminta jadwal timnas U-23 secara lengkap dari federasi Kamerun.

“Kita harus lihat dulu klausul perjanjian awalnya, dan yang saya tahu pemain asing bisa bermain di negaranya kalau memang pertandingannya resmi. Itu dulu yang harus dilihat. Para pemain Eropa juga kan seperti itu. Kalau ternyata pertandingan yang harus diikuti bukanlah pertandingan resmi maka Persib sendiri berhak untuk menahan pemain yang bersangkutan,” tuturnya.

Hal senada dikatakan agen pemain asing yang menangani Bekamenga. Onana mengatakan, manajemen Persib bisa mengajukan surat permohonan resmi tentang agenda timnas Kamerun U-23 kepada Federasi Sepak Bola Kamerun, sehingga jadwal absen Bekamenga di Persib berikutnya, dapat diketahui jauh-jauh hari sebelumnya. “Prosedurnya, Persib mengajukan surat kepada PSSI, dan PSSI yang mengirim surat ke Federasi Sepak Bola Kamerun,” ujar Onana.

Ia menjelaskan cara lain dengan melihat turnamen resmi dalam kalender FIFA melalui website FIFA. Namun, lebih baik mengirim surat resmi. Jika sudah ada agenda resmi, hal ini akan memudahkan pelatih dalam menyusun skenario permainan.

3 Balasan ke Bekamenga Putuskan Ikut ke Jepara

  1. pael mengatakan:

    aying bo2toh setya prsb anu di sindanglaya aq pael

  2. Bilal 'gerlong mengatakan:

    loba jadwal pisan atuh si beka teh……ngke mah muan aya nu nawar mah jual we, daripada urang akhirna rugi si beka jadwalna padat kitu! ner teu?

  3. Epsensyah, Jaktim mengatakan:

    Bekhamenga …… semoga memberikan PERSIB kemenangan di Jepara besok,
    Bekhamenga …… semoga Kamerun dapat menjadi juara di Olimpiade, Beijing nanti.
    Bekhamenga …… salut atas loyalitasnya.

    Bravo PERSIB.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: