Jangan Terlalu “Ngoyo”


JUMAT 18 Mei, masseur Persib, Emen Suwarman tepat berusia 68 tahun. Ia masih sempat merayakan ulang tahun bersama keluarganya dalam waktu singkat, di kediamannya daerah Cicaheum Bandung. Sebab, pada hari itu, dia harus ikut bersama rombongan Persib ke Samarinda Kaltim dalam persiapan Persib menghadapi PSM.

BalikBandung Inc

“Sebelum berangkat ke mess anak-anak saya datang ke rumah dan murak tumpeng. Acaranya sederhana saja, berdoa dan mendapat ucapan selamat,” ujar guru, panggilan Emen Suwarman.

Setiba rombongan Persib di Samarinda, sejumlah pemain dan ofisial memberikan ucapan selamat. Sudah menjadi tradisi di Persib, jika ada yang ulang tahun pasti diguyur dengan air kemasan mineral. Begitu juga dengan guru. Namun saat itu, di hotel tempat menginap Persib, pemain dan ofisial masih dilanda kelelahan, sehingga guru masih selamat dari guyuran air mineral.

Baru seusai laga melawan PSM, guru menjadi korban. Semua serentak mengguyur dia dengan minuman kemasan. Kebahagian dia makin lengkap karena kemenangan Persib 2-0 dianggap sebagai kado istimewa. “Main Persib bagus pisan. PSM tidak bisa berkutik. Saya sangat senang dengan cara permainan seperti itu,” ujar mantan pemain nasional tahun 60-an.

Enam puluh delapan tahun bukan usia muda lagi. Namun, pria kelahiran Cideres Majalengka 18 Mei 1939 itu, termasuk masih segar untuk ukuran seusianya. Gerakan jemarinya masih kuat saat harus bertugas memijat beberapa pemain.

Ia membuka rahasia hidupnya sehingga jarang jatuh sakit pada usianya yang sudah cukup tua. “Anak-anak sudah mengingatkan agar jangan memikirkan yang lain-lain. Saya sangat menikmati pekerjaan sebagai masseur Persib. Saya tidak pernah malu, walau sebagai mantan pemain nasional. Hidup ini jangan terlalu ngoyo,” ujarnya.

Satu Balasan ke Jangan Terlalu “Ngoyo”

  1. Epsensyah,Jaktim mengatakan:

    Selamat Ulang Tahun Guru Emen Suwarman …… messeur handal PERSIB.
    engkau yang selalu ada dalam suka dan duka PERSIB.
    saya yakin jerih payah guru bisa membawa PERSIB Juara.

    Bravo PERSIB, More than just a team

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: