Soliditas Persib Tetap Terjaga


Mantan playmaker Persib, Yusuf Bachtiar, menilai tim pelatih Persib telah bisa menjaga performance Suwita Pata dkk. sehingga Persib tetap solid. Penilaian Yusuf itu didasarkan pada hasil Persib mengalahkan PSM 2-0 di Samarinda, Minggu (20/5).

BalikBandung Inc

“Biasanya, paling dikhawatirkan pelatih saat jeda kompetisi adalah permainan menurun karena tahu jadwal kompetisi masih lama. Namun, tim pelatih bisa menepis kekhawatiran tersebut dengan menjaga suasana kekompakan. Ini sangat bagus dan menjadi modal penting bagi Persib,” ujar Yusuf ketika dihubungi “PR”, Senin (21/5) malam.

Ia mengatakan, kemenangan tersebut akan menjadi tolok ukur kekuatan Persib. Meski sifatnya pertandingan uji coba, Persib bisa mengalahkan juara paruh musim Grup Dua. Kendati begitu, pemain Persib jangan besar kepala karena sasaran penting Persib adalah di liga dan bila perlu di copa juga.

“Minimal kemenangan itu bisa memperlihatkan sima (kharisma-red) Persib kepada klub-klub lain. Persib bukan klub yang mudah dikalahkan, dan pemain lawan bisa tertekan duluan jika berhadapan dengan Persib,” ujarnya.

Setelah menyelesaikan laga terakhir putaran pertama dengan mengalahkan Persija 3-0 di Stadion Siliwangi, akhir April lalu, pemain diliburkan selama dua pekan. Namun, kenyataannya jadwal libur berubah dipercepat karena adanya penyelenggaraan Copa Dji Sam Soe.

Persib sudah melakukan persiapan, namun jadwal Copa akhirnya berubah secara mendadak. Tim pelatih akhirnya memutuskan untuk melakukan pemusatan latihan di Sari Ater Kab. Subang. Lagi-lagi, program latihan terganggu karena mereka harus berhadapan dengan PSM pada laga persahabatan di Samarinda.

Latihan di Sari Ater dipersingkat menjadi tiga hari dari rencana selama seminggu. Seringnya berubah-ubah jadwal latihan ini, membuat konsentrasi tim pelatih dan pemain ikut terganggu, sehingga mereka kesulitan menemukan kondisi puncak penampilan pemain.

Keraguan itu bisa ditepis, setelah Persib berhasil menumbangkan PSM 2-0. Yusuf mengatakan, situasi kondusif di Persib ini harus terus dipertahankan dan bisa memberikan dampak positif dalam menjalani laga pertama Copa melawan Persik Kendal di Stadion Siliwangi, 3 Juni.

“Pemain Persib bisa membuktikan mereka memiliki kemampuan untuk menjaga kekompakan. Tapi, ingat ini bukan akhir dari perjuangan. Persib masih menatap perjalanan di liga dan copa,” ujarnya.

Menurut dia, untuk bisa menjaga kestabilan permainan, Persib harus memperbanyak pertandingan uji coba. Hal itu agar sentuhan bola dan saling pengertian di dalam lapangan terus terasah. Jika libur panjang, dikhawatirkan mood pemain berkurang, sehingga harus ada proses waktu lagi dalam membentuk karakter mereka untuk menjadi kesatuan yang utuh.

Sementara itu, rombongan Persib tiba di Wisma Dharma Bhakti Jln. Bali Bandung sekitar pukul 18.00 WIB. Rencananya pemain mendapat jatah libur dua hari, dan baru mulai latihan Kamis (24/5) pagi di Stadion Siliwangi.

2 Balasan ke Soliditas Persib Tetap Terjaga

  1. sany_faqot mengatakan:

    kondisi tim saat ini sedang berada pada kondisi yang kondusif. saking kondusifnya, beckamenga pun telah berani “moyokan” Cuhi dengan kata-kata “beurat ku bujur”. sebisa mungkin ini dipertahankan plus menjaga kondisi fisik untuk tetap berada pada form terbaik.
    teruskan perjuanganmu sib……jalan masih panjang dude…..

    Persib aing, nu aing pisan!!!!

  2. Epsensyah,Jaktim mengatakan:

    Kemenangan demi kemenangan telah di raih, namun sisihkan waktu untuk mengagumi keindah pesona bumi Parahiyangan …. selamat berlibur …… semoga kemenangan selalu menyertaimu.

    Bravo PERSIB, More than just a team.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: