Kondisi Fisik Turun


Kondisi fisik pemain Persib dinilai masih stabil. Suwita Pata dkk. mengalami penurunan hanya sekitar 20 persen pascalibur selama sepekan. Hal itu membuktikan selama libur para pemain tetap melakukan aktivitas olah raga, sehingga kondisi fisik pemain tidak menurun tajam.

BalikBandung Inc

“Fisik pemain masih bagus. Setelah menyelesaikan tiga seri dalam zona latihan, denyut nadi pemain 170-180 per menit. Selama libur, mereka bisa jaga kondisi,” ujar pelatih fisik, Dino Sefriyanto S.Pd, di Wisma Dharma Bhakti, Jln. Bali Bandung, Senin (7/5) pagi.

Kendati begitu, pelatih jebolan FPOK UPI Bandung itu mengakui, untuk memulihkan kembali kondisi fisik pemain sama seperti saat main di liga dalam persiapan Piala Indonesia atau Copa Dji Sam Soe, cukup sulit. Alasannya, tidak cukup waktu untuk mengembalikan fisik mereka, sedangkan Persib sudah akan bertanding kembali Minggu (13/5).

“Sekarang hanya ada waktu sisa enam hari lagi. Jika digenjot latihan fisik keras, pemain akan kelelahan. Fokus latihan menghadapi Piala Indonesia untuk pemeliharaan saja,” ujarnya.

Dalam tes yang dilakukan kemarin di Stadion Siliwangi, antara lain meliputi daya tahan, kecepatan, kelenturan, dll. Tes ini dilakukan tiga seri. Dalam kondisi banyak waktu sebenarnya ada lima seri untuk tes.

“Untuk persiapan putaran dua, baru ada tes yang lebih berat dan pemain akan menjalankan latihan fisik secara general dulu,” ujarnya.

Dalam waktu tersisa beberapa hari ini, latihan fisik pemain dikombinasikan dengan permainan. Sebab, tim pelatih ingin mendapatkan banyak sasaran yang dicapai, sehingga pemain dalam kondisi siap tempur mengawali Piala Indonesia. Pada latihan kemarin, setelah menjalankan sesi fisik, pelatih Arcan Iurie Anatolievici, yang pulang lebih cepat dari jadwal semula, memberikan latihan game. Karena jumlah pemain yang ada terbatas, sejumlah ofisial Persib ikut main, seperti Robby Darwis, Djadjang Nurdjaman, Anwar Sanusi, Ocen, Pipin Kusmantara.

Jumlah pemain Persib yang ikut latihan hanya 14 orang. Redouane Barkaoui belum hadir latihan, dan dijadwalkan baru bergabung Selasa pagi ini. Kemarin pagi, Barkaoui dikabarkan masih berada di Malaysia. Dua pemain Persib, Suwita Pata dan Gilang Angga juga tidak ikut latihan, namun mereka hadir di lapangan.

Suwita masih mengalami cedera jempol kaki kiri akibat kukunya menembus kulit dan sekarang sedang dalam tahap proses penyembuhan setelah menjalani operasi. Sementara Gilang, mengalami cedera pergelangan kaki kanan, yang diderita saat berhadapan dengan Persija di Bandung.

Iurie tiba lebih awal

Pelatih Persib, Arcan Iurie terpaksa datang lebih cepat ke Indonesia dari rencana sekitar 10 hari berada di negaranya Moldova. Hal itu akibat adanya jadwal Piala Indonesia, sehingga dia merasa bertanggung jawab untuk menjaga kekompakkan dan keutuhan Persib.

“Saya di Moldova hanya tiga hari saja. Perjalanan memakan waktu 24 jam. Saya baca di internet Persib akan main di Copa. Saya langsung mempercepat jadwal pulang, meski istri dan anak marah,” ujarnya.

Iurie tiba di Indonesia Sabtu (5/5) malam. Ia langsung memimpin latihan kemarin pagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: