Modus di Balik Kompetisi


SUDAH menjadi rahasia umum dalam permainan sepak bola, pemain yang mengalami kelelahan akan pura-pura cedera supaya posisinya diganti. Tapi, adakalanya pemain berbuat nakal dengan sengaja supaya mendapat hukuman kartu kuning supaya dia absen dalam pertandingan berikutnya karena akumulasi kartu kuning.

BalikBandung Inc

Cerita itu berdasarkan pengakuan wasit nasional asal Bandung. Saat memimpin di Sumatra, seorang pemain asing mendatangi dirinya meminta agar mendapat kartu kuning. Ia sudah sekali mendapat kartu kuning pada pertandingan sebelumnya. Mudah ditebak, dia pasti ingin absen di laga berikutnya.

Tapi, karena dia tidak melakukan pelanggaran berat, wasit tidak menuruti keinginannya itu. Rupanya pemain asing itu tidak kehabisan akal. Saat klubnya mendapat tendangan gawang, dia yang mengambil bola. Ia mencoba mengulur-ulur waktu. Dia ancang-ancang mundur mau menendang bola, tapi tiba-tiba jalan kaki menuju bola seolah-olah akan membetulkan letak bola. Wasit langsung menghujamkan kartu kuning. Eh… pemain asing itu bukanya protes, tapi mengucapkan terima kasih sambil mengangkat jempol.

“Meski label pemain asing, tapi kelakuannya masih banyak yang amatiran. Mereka tidak kecewa dapat kartu kuning, karena yang membayar denda ke BLI adalah klub, bukan pemain bersangkutan,” ujar wasit itu.

Lain lagi pengalaman saat memimpin klub Grup II. Seorang manajer mengeluhkan adanya kongkalikong antara pelatih dan pemain dalam mengejar bonus kemenangan. Manajer itu, curhat kepada wasit ini. Sang manajer baru sadar “tertipu” seusai pertandingan. Saat itu, klubnya sudah unggul telak di atas 3-0 dari klub tamu dari Jawa Timur.

Namun, menit-menit akhir terjadi pergantian pemain. Padahal, tanpa pergantian pun klubnya pasti bakal menang. Rupanya, pergantian ini supaya pemain pengganti itu mendapat jumlah bonus sama dengan pemain inti yang main sejak awal pertandingan. Ujung-ujungnya, pemain itu pun harus setor pulsa telefon.

Sikap pemain yang sengaja mendapatkan akumulasi kartu kuning agar absen dalam pertandingan tertentu, sering juga dilakukan pemain lokal. Biasanya, mereka sudah menyiapkan strategi tersebut terutama jika berhadapan dengan klub yang selalu menampilkan permainan keras menjurus kasar, atau ada kasus dengan calon lawannya.

Kendati begitu, ada juga pemain yang terbiasa mendapat kartu kuning karena tipikal permainan keras. Misalnya saja Alexander Pulalo. Pemain asal Papua yang kini memperkuat Arema itu, belum bisa menghilangkan kebiasaan main keras yang terkadang berbuah kartu kuning bagi dirinya. Saat memperkuat Persib pada kompetisi 2004, Pulalo juga menjadi pemain paling sering mendapat kartu kuning. Ada-ada saja…

dari PR

3 Balasan ke Modus di Balik Kompetisi

  1. Hads mengatakan:

    mudah mudahan jantenna Sundaland…

  2. tegink mengatakan:

    leres kitu beka bade ka sanderland????????????

  3. bg mengatakan:

    MEMIKAT, Penampilan gemilang Christian Bekamenga (9) bersama tim nasional U-23 Kamerun membuat tim promosi Liga Primer Sunderland FC memburu tanda tangannya

    BANDUNG (SINDO) – Kabar Christian Bekamenga dilirik klub Liga Inggris ternyata bukan isapan jempol belaka. Kepastian tersebut disampaikan langsung Manajer Persib Bandung Yossi Irianto. Menurut Yossi, klub yang mengincar Bekamenga adalah Sunderland, yang baru saja naik ke kasta Liga Primer.

    ”Kami memang ditawari Sunderland agar bersedia melepas Bekamenga. Mereka menawarkan sejumlah uang sebagai kompensasi agar kami bisa memuluskan tawaran tersebut,” ungkap Yossi kepada SINDO,kemarin. Namun, pihaknya dengan tegas menolak mentah-mentah tawaran yang diajukan The Black Cats, julukan Sunderland.

    ”Tawaran yang diajukan sebenarnya cukup tinggi, sekitar Rp5 miliar. Kami tak akan melepas Bekamenga dengan nilai jual sebesar itu.Tapi,yang paling utama,sebenarnya kami lebih berniat menjaga Bekamenga supaya tetap di Persib,” paparnya. Yossi mengatakan, pihaknya sudah membicarakan tawaran tersebut dengan Bekamenga. Kesimpulannya, kedua pihak setuju saling menghormati kontrak yang sudah disepakati.”

    Baik tim maupun Beka sudah sepakat menghormati kontrak kerja sama yang sudah disepakati sebelumnya.Komitmen kami berdua adalah seperti itu. Kami hanya ingin kerja sama yang sudah dijalin sejauh ini tetap berjalan sesuai yang diharapkan.Persib lebih butuh tenaga Bekamenga daripada hal lain yang bisa didapatkan dari seorang Bekamenga,”tambah Yossi.

    Jaminan Bekamenga tetap bertahan di Bandung juga dibenarkan agen pemain timnas U-23 Kamerun ini, Jules Denis Onana. ”Sebagai agen, saya tak akan mengganggu kesepakatan antara Bekamenga dan Persib. Beka pun sudah menyatakan akan menghormati kontraknya dengan Persib,”tutur Onana. Onana pun sudah berbicara dengan Bekamenga dan meminta pemain tersebut tak perlu khawatir dengan masa depannya. Bekamenga, menurut Onana masih memiliki waktu jika ingin lebih mengembangkan karier meski musim ini tetap membela Maung Bandung.

    ”Selama Beka bisa menunjukkan sikap profesional, karier dia sebagai pemain cukup aman.Saya pribadi menilai Beka merupakan pemain muda yang potensial mengembangkan karier lebih jauh,” tutur Onana.

    Ketika dikonfirmasi terpisah, Bekamenga memilih tak mengumbar komentar seputar rencana hijrahnya ke Inggris. ”Saya masih capai karena baru pulang dari Kamerun dan tak mau berkomentar soal isu yang saat ini berkembang di media. Saat ini, fokus dan konsentrasi saya hanya untuk Persib,” tandas Bekamenga, seusai mengikuti sesi latihan pagi di Stadion Siliwangi,kemarin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: