Saatnya Persib Menang Atas Persija


Pemain yang lebih siap mengatasi tekanan mental menghadapi partai besar penuh gengsi, berpeluang membawa klubnya meraih kemenangan, pada pertarungan antara Persib dan Persija pada Kompetisi Grup I Liga Djarum Indonesia XIII/2007, di Stadion Siliwangi Bandung, Selasa (24/4) pukul 15.30 WIB.

Laga Persib melawan Persija ini, memang membuat pemain kedua tim mendapat ujian mental cukup berat. Dari kubu Persib, Suwita Pata dkk. sangat berambisi mengalahkan Persija untuk pembuktian Persib layak berada di puncak klasemen. Di lain pihak, Persija juga ingin mempertahankan rekor belum pernah kalah dari Persib, dalam delapan tahun terakhir.

BalikBandung Inc
Manajer Persib, H. Yossi Irianto mengatakan, selama ini, dukungan positif dari bobotoh membawa pengaruh besar untuk membangkitkan semangat dan motivasi meraih kemenangan.

“Insya Allah, hal itu akan terjadi juga saat lawan Persija. Sebenarnya, saya tidak melihat Persija-nya. Tapi, Persib harus bisa mengoptimalkan semua partai kandang dengan kemenangan, sehingga bisa terus di papan atas klasemen,” ujar Yossi, di Bandung, Senin (23/4).

Asisten pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, menambahkan, Persib tidak ingin kehilangan poin di kandang. Oleh karena itu, hasil seri saja akan menjadi kerugian buat Persib. Apalagi, Persib dalam delapan tahun terakhir belum pernah menang. Persib pernah menang pada Liga Indonesia I dengan skor 2-1 di Bandung, pada Liga Indonesia II menang 1-0 di Bandung dan 2-2 di Jakarta.

“Persib tidak ingin kalah dari Persija. Kami ingin menyelesaikan laga terakhir putaran pertama dengan kemenangan. Saya kira dalam dada pemain sudah tertanam keinginan untuk menang,” ujarnya.

Pada laga ini, Persib akan tampil dengan kekuatan penuh. Kiper Tema Mursadad sudah menyatakan kesiapannya. Ia sempat mengalami cedera saat berhadapan dengan Semen Padang, sehingga posisinya diganti Cecep Supriatna.

Dari kubu Persija, mereka kehilangan dua pemain pilarnya karena akumulasi kartu kuning dan cedera, yakni penyerang Aliyudin dan stopper Leonard Tupamahu. Namun, menurut asisten pelatih Isman Jasulmei, hal tersebut tidak menjadi kendala. “Pascakekalahan di Sleman, kami sudah melakukan evaluasi. Dari situ kami bisa melihat kelebihan dan kekurangan tim kami termasuk tim lawan kami yakni Persib. Ya paling tidak di sini kami bisa mencuri poin,” katanya.

Pada kompetisi tahun ini, menurut Isman, Persib dihuni oleh pemain-pemain berkualitas. Ini terbukti dengan bertenggernya Persib di puncak klasemen. “Semua pemain bagus, tapi roh Persib ada di Cabanas, dia yang membuat Persib unggul. Sebab di mana pun dia selalu bisa mengangkat tim,” tuturnya.

Dikatakan Isman, sejak dulu pertemuan Persib-Persija menjadi salah satu partai klasik yang banyak ditunggu orang. Benturan pun menjadi hal yang normal terjadi. “Yang pasti suporter jangan sampai merugikan tim. Sebab tim kan tidak salah. Fair play saja,” ujarnya.

Sementara Manajer Persija H. Susanto mengatakan cukup terkejut dengan adanya niat baik dari bobotoh Persib. Dengan langkah positif ini, dia berharap, suporter Persib dan Persija bisa bersatu untuk mendukung Merah Putih, terlebih menjelang bergulirnya Piala Asia.

“Menjadi suporter fanatik itu harus, tapi untuk kepentingan positif. Mereka harus siap manakala timnya menang, kalah, atau seri. Kalau semua begitu kan tidak akan ada masalah,” ujarnya.

Pada lawatannya kali ini, Persija juga menyempatkan diri untuk melakukan bakti sosial. Kemarin, Senin (23/4), mereka mendatangi Yayasan Penyandang Cacat Tuna Karya di kawasan Sukajadi.

Kubu Persija tiba di Bandung tepat pukul 12.00 WIB. Hal itu membuat mereka tidak melakukan uji coba lapangan Stadion Siliwangi. Menurut Susanto, hal itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan meski sekarang kondisinya sudah kondusif. Kendati begitu, para pemain sudah mengenal kondisi lapangan Stadion Siliwangi, sehingga hal itu tidak menjadi kendala.

Satu Balasan ke Saatnya Persib Menang Atas Persija

  1. rizts mengatakan:

    parantos kabuktosan, ayeuna kenging, ngabantai deui :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: