Ingat, Salam Damai The Jak!


Aroma dendam saat duel klasik Persib melawan Persija yang menjadi laga pamungkas pada putaran pertama Kompetisi Liga Indonesia (LI) XIII/2007 tidak seharusnya terjadi. Bahkan kedatangan Persija seharusnya disambut dengan misi persahabatan, bukan permusuhan yang telah melekat selama ini.

BalikBandung Inc
Menurut Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Persib, Bambang Sukowiyono, Minggu (22/4), kondisi permusuhan dengan Persija tidak sepatutnya terus dipelihara. Bahkan kedatangan mereka pada laga besok pun menjadi momen penting untuk menjalin hubungan damai.

“Kedatangan Persija harus disambut dengan misi persahabatan dan perdamaian. Karena tim atau pemain tidak berdosa. Jangan sampai terjadi teror sehingga kedatangan Persija penuh dengan tekanan dan rasa takut. Kami memberikan jaminan keselamatan bagi Persija mulai kedatangan sampai mereka meninggalkan Bandung usai pertandingan,” kata Suko panggilan akrabnya kepada wartawan, Minggu (22/4) malam.

Suko menekankan, hubungan damai itu harus terjalin, pasalnya pada putaran dua, Persib akan bertandang ke Persija. Di samping itu, di tengah prestasi Persib yang sedang meroket, Persib juga berpeluang besar menembus putaran “8 Besar” di Senayan.

“Jika permusuhan itu terus berlanjut, bagaimana nanti kalau Persib bermain di Senayan, tentu saja permusuhan ini tidak menguntungkan bagi Persib. Kami harap bobotoh memahami kondisi ini dan lebih memikirkan langkah Persib untuk menuju juara daripada terus memupuk rasa kebencian kepada Persija atau The Jack,” ujarnya.

Wakil Panpel, H. Oce Permana menambahkan, pada musim lalu, Persib disambut damai oleh The Jack. Maka alangkah indahnya, kedatangan Persija pun kembali disambut hangat oleh Persib. “Melawan Persija merupakan partai penting bagi Persib. Bukan karena melihat Persijanya, tetapi partai penting untuk memastikan gelar juara pada putaran pertama LI,” kata Oce.

Meski panpel menyakinkan bahwa laga Persib versus Persija tidak ada bedanya dengan laga kandang Persib melawan tim lainnya, tapi tetap saja antusias bobotoh tidak terbendung untuk memberikan dukungan langsung ke stadion. Terbukti tiket yang disiapkan panpel sebanyak 19.000 lembar sudah habis terjual sejak tiga hari yang lalu, Jumat (20/4). Animo masyarakat terfokus untuk menyaksikan Persib-Persija, Selasa (24/4), dibandingkan Persib-Semen Padang, Sabtu (21/4). Bahkan sebagai bentuk antisipasi keamanan, panpel menambah jumlah personel keamanan. Jika pada pertandingan kandang sebelumnya jumlah personel keamanan sebanyak 1.300, saat menjamu Persija, akan ditambah sebanyak 5 sampai 6 kompi menjadi 2.000 petugas keamanan.

“Saya sangat berharap bobotoh yang tidak kebagian tiket tidak memaksakan masuk ke dalam stadion. Mereka bisa menyaksikan pertandingan melalui siaran langsung di televisi. Panpel juga sudah menyiapkan layar lebar di Lapangan Saparua sebagai antisipasi membeludaknya bobotoh,” tambah Suko.

Tidak diketahui

Tidak seperti tim-tim lainnya, kedatangan Persija ke Bandung tidak diketahui persis waktu kedatangan maupun hotel tempat mereka menginap. Bahkan, sampai Minggu (22/4) malam, panpel belum mendapatkan konfirmasi soal kedatangan Macan Kemayoran ini. “Kami belum tahu, Persija menginap di mana. Sepertinya, mereka sudah ada di Bandung. Tetapi kami belum mendapatkan konfirmasi, termasuk kesiapan mereka untuk beruji coba lapangan pada Senin besok (hari ini, red),” kata Suko.

Meski belum mendapatkan konfirmasi, Suko mengatakan, panpel sudah menyiapkan lapangan dan pengamanan saat mereka beruji coba hari ini. Jika melihat pengalaman tanding musim lalu, Persija tidak melakukan uji coba lapangan, sehari sebelum pertandingan. Mereka langsung bertanding esok harinya.

26 Balasan ke Ingat, Salam Damai The Jak!

  1. arif aie sia ngadukung mn?
    lmun ngadukung tyhe jak ribut jeng jeng aing?

  2. arif thejak viking mengatakan:

    viking thejak sama saja
    kita ini saudara
    jak muslim viking juga muslim
    jangan sanpai pecah belah kembali
    ayolah….!!!!!!

    bang gugun …..
    kang ayi….

    padukan jak dengan viking……..
    viking thejak 2hati dalam 1keselarasan……!!!!!!!!!

  3. maoels mengatakan:

    ieu yeuh kata2 bijak na… hade lah,,, maju persib!!! sepak bola indonesia bakalan maju lamun suporterna mikir kabeh… salut keur nu dilaluhur lah…

  4. azay mengatakan:

    udah kaga jaman lagi ribut-ribut, masing-masing mendukung teamnya thejak-vikink peace!!!!!!!!!!

  5. barudak Subang mengatakan:

    Bener-bener matak sumanget pisaan da persib meuni poll. tapi tetep damai..damai..geus aluzz mimpin klasemen kieu. ulah diruksak ku mental nu ngaruksak. semangat nu pang tarik-tarikna. tapi hate teuteup soleh. amiin.. HIDUP PERSIB!!! salam damai ka kabeh suporter ti barudak subang…………

  6. rizts mengatakan:

    tapi bet aya we anu gelo mah nya??
    masing kuring sebel ka si the jerk, anger we teu satuju ari kudu ngaruksak mah
    ngerakeun bobotoh atuh, komo deui viking
    dasar gelo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: