Sosialisasikan Perubahan Formasi


Mantan playmaker Persib, Yusuf Bachtiar, mengatakan perubahan formasi dalam sebuah permainan sah-sah saja. Namun, semua pemain diharapkan pernah mencoba formasi tersebut, baik dalam latihan maupun uji coba.

PENYERANG Persib, Christian Bekamenga, mencetak gol pertama bagi Persib melalui tendangan kontrasalto saat menghadapi Semen Padang pada lanjutan Kompetisi Liga Indonesia 2007 di Stadion Siliwangi Bandung, Sabtu (21/4). Persib menang atas Semen Padang dengan skor 3-0.* ANDRI GURNITA/”PR”

“Perubahan formasi disesuaikan dengan kebutuhan klub. Bahkan, sering berubah formasi juga sangat bagus untuk mengacaukan strategi lawan. Tapi, semua formasi yang disiapkan pelatih, harus disosialisasikan dulu,” ujar Yusuf, ketika dimintai pendapatnya soal formasi Persib melawan Semen Padang, Sabtu (21/4).

 IDwebhost - Sebagai Web Hosting Indonesia, kami bertekad memberikan layanan web hosting murah serta domain murah, tapi tentu saja memberikan service yang kami jamin berkualitas.
Yusuf menilai pelatih Persib, Arcan Iurie Anatolievici ingin mengambil poin penuh dengan mengandalkan kekuatan penyerangan, sehingga menurunkan sekaligus tiga pemain bertipikal penyerang, yakni Christian Bekamenga, Redouane Barkaoui, dan Zaenal Arif. Pengatur serangan Persib, Eka Ramdani, secara mengejutkan ditempatkan di sayap kanan.

Risiko yang dihadapi Iurie dengan formasi ini adalah proses adaptasi. Sebab, selama laga di kompetisi ini, Persib selalu menurunkan dua penyerang, dan Eka bermain di lini tengah bersama Lorenzo Cabanas dan Suwita Pata.

“Perubahan ini jangan sampai menjadi gambling, tapi melalui perencanaan matang. Jika tanpa rencana atau belum ada sosialisasi, yang terjadi justru bisa menjadi bumerang bagi Persib,” ujarnya.

Belum saling mengerti skenario dari formasi yang ditampilkan kemarin, terlihat pada babak pertama. Lini tengah Persib menjadi pincang karena Cabanas bekerja sendirian. Eka konsentrasi di sayap kanan. Hal ini membuat serangan Persib menjadi sporadis karena mengandalkan umpan-umpan jauh dari lini pertahanan. Sebaliknya, serangan dari tengah selalu terputus sebelum memasuki area kotak penalti Semen Padang.

“Saya melihat Iurie memiliki keberanian tinggi karena memang Persib membutuhkan poin. Apalagi, main di kandang sendiri harus bisa dimanfaatkan secara optimal,” ujarnya.

Tidak perlu ragu

Mantan penyerang Persib, Sutiono Lamso menambahkan formasi seperti itu bisa terus dipertahankan sepanjang tim pelatih memiliki keyakinan Suwita Pata dkk. bisa paham keinginan dari pelatih.

“Pada babak pertama mereka memang masih melakukan proses adaptasi. Tapi babak kedua, pemain sudah mulai bisa menemukan permainan yang diinginkan pelatih,” ujarnya.

Sutiono mengatakan Persib sungguh beruntung memiliki penyerang seperti Bekamenga. Kualitas permainan pemain asal Kamerun ini, sebenarnya biasa saja. Namun, naluri mencetak golnya sangat tinggi, dan itu jarang dimiliki pemain lokal.

“Dia sangat berbahaya di kotak penalti. Jika sudah menguasai bola, dia bisa membikin gol dalam situasi apa pun. Dia tidak memiliki tendangan keras dari luar kotak penalti, tapi sangat licin meski mendapat pengawalan ketat,” ujarnya.

5 Balasan ke Sosialisasikan Perubahan Formasi

  1. bajay mengatakan:

    ah da mnurut sayah mah…ntar jg bobotoh tau dgn sendirinya…msh banyak yg harus diurusin atuh kang yusuf

  2. bayu mengatakan:

    dasar yusuf bachtiar aneh…
    maaf ya, rasanya dr dulu komentar si bachtiar ini selalu sinis ama Yuri, udah tau formasi yg dipake ama arcan kmr itu bagus banget…dasar manusia ane luh…
    hidup arcan yuri, bobotoh bakal terus nge-dukung kauuuuu…
    jangan hiraukan omongan manusia semacam yusuf bachtiar atau risnandar….*()(*^^&

  3. adit mengatakan:

    4-3-3 formasi keren, moga dipake oge ngalwan Persija

  4. Epsensyah,Jaktim mengatakan:

    PERSIB ku, menyerang dan menang itulah PERSIB ku.

  5. fufu mengatakan:

    maju terus ah persib…
    kudukung dr jauh….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: