Kekalahan Karena Faktor Nonteknis


PENYERANG Persib, Zaenal Arif yang dikawal
Charles Puttiray mencoba memanfaatkan peluang setelah berhadapan dengan penjaga gawang
Persela, Deny Marsel pada lanjutan Kompetisi Liga Indonesia 2007 di Stadion Surajaya,
Lamongan, Rabu (18/4). Persela Lamongan mengalahkan Persib dengan skor 2-1.*
ANDRI
GURNITA/"PR"

Kubu Persib seakan tidak percaya bisa terjadi gol pada injury time babak kedua, sehingga Persib menelan kekalahan ketiga dalam Liga Djarum Indonesia XIII/2007. Mereka merasa tidak sepantasnya Persib kalah yang lebih disebabkan oleh faktor nonteknis.

Setiba di hotel tempat menginap, pelatih fisik Dino Sefriyanto, menyimpan rasa penasaran tinggi dengan kejadian gol kedua. Ia terus melihat dengan serius tayangan gambar di televisi hasil rekaman dari Bandung TV. Beberapa kali dia meminta untuk diulang terjadinya pelanggaran yang dilakukan Suwita Pata kepada Marcio Saouza, seperti yang dituduhkan wasit Yesayas Leihitu.

“Wah…tidak ada pelanggaran. Suwita bisa merebut bola, dan Saouza terlihat diving. Ini yang menjadi masalah kenapa ada pelanggaran,” ujar Dino, kepada wartawan Pikiran Rakyat, Irfan Suryadireja dan Andri Gurnita, di Hotel Grand Gresik, Rabu (18/4).

 IDwebhost - Sebagai Web Hosting Indonesia, kami bertekad memberikan layanan web hosting murah serta domain murah, tapi tentu saja memberikan service yang kami jamin berkualitas.
Pelatih Persib, Arcan Iurie Anatolievici, tidak banyak komentar. Namun, ia merasa heran dengan pelbagai keputusan wasit kepada pemain Persib, sehingga banyak yang mendapat hukuman kartu kuning. “Di Semarang ada lima pemain dapat kartu kuning, sehingga absen di sini. Sekarang ada kartu kuning dan kartu merah. Persib bisa kehabisan pemain,” ujarnya.

Seusai pertandingan, kiper Cecep Supriatna juga tidak bisa menahan emosinya. Ia sempat mendekati wasit menyampaikan protes. Ofisial lain dan suporter Persib, hanya bisa mencaci maki.

Manajer Persib, H. Yossi Irianto, memuji penampilan Suwita Pata dkk. Mereka sudah berjuang optimal dalam pertandingan tersebut. Namun, permainan Persib ini dirusak wasit. Kekalahan Persib, kata Yossi, bukan karena penampilannya jelek, tapi akibat faktor nonteknis. Kendati begitu, Persib tidak akan menyampaikan protes resmi karena hal itu tidak akan memengaruhi hasil pertandingan.

“Saya hanya menyarankan, ke depan PSSI harus benahi wasit-wasit agar lebih profesional. Apalagi, nanti putaran kedua sangat rawan karena akan memengaruhi klasemen akhir,” ujarnya.

Dalam pertandingan ini, Salim Alaydrus dan Nyeck Nyobe mendapat kartu kuning, sedangkan Aji Nurpijal diganjar kartu merah akibat mendapat dua kartu kuning. Dari kubu Persela yang mendapat kartu kuning adalah Luiz Fabiano.

Kendati ada yang mendapat kartu kuning, dalam pertandingan berikutnya melawan Semen Padang, Sabtu (21/4), Persib hanya akan kehilangan Aji Nurpijal saja. Persib akan tampil dengan kekuatan penuh, termasuk Christian Bekamenga. Pemain asing asal Kamerun ini, kata Yossi, baru tiba di Indonesia, Rabu malam kemarin. Diharapkan dia sudah bisa bergabung latihan Jumat pagi besok pada sesi uji coba lapangan.

Rombongan Persib pulang ke Bandung naik pesawat dari Surabaya menuju Jakarta, pagi ini. Setelah itu, rombongan melanjutkan perjalanan darat ke Bandung. Rencananya Persib kembali berlatih bersamaan dengan uji coba lapangan Jumat pagi besok di Stadion Siliwangi. Menyelesaikan putaran pertama, Persib menyisakan dua laga tandang melawan Semen Padang, Sabtu (21/4) dan Persija Jakarta, Selasa

46 Balasan ke Kekalahan Karena Faktor Nonteknis

  1. iyep dede mengatakan:

    hidup persiiiiib hidup buah batuuuuuuuuuuuuu lah

  2. iyep dede mengatakan:

    alhamduliliah sanajan abdi masih di kuala lumpur ari hate mah tos di bandung, komo persib menang mah tumaninah rek balik teh,nuhun siiiiiib ah,punten ka TV Bandung siarkan ulang hasil pertandingan dengan persija bilih bobotoh ti malaysia sumpingna telat,hatur nuhun.

  3. SuperPersib mengatakan:

    Breaking news!

    Ayam Kinantan dimangsa Macan Putih 2-1.

    Maung Bandung ke puncak lagi.

    HIDUP PERSIB!

  4. Openk Antun mengatakan:

    BRAVO..BRAVO!!!

  5. mathematicse mengatakan:

    Aduh ketinggalan euy. Nuhun menang lagi 3-0 euy…

  6. Bobotoh di Brisbane mengatakan:

    Alhamdulillah… tinggal Jakarta Sib! Sok tong isin-isin 3 deui oge cekap. Mung tong takabur teuing. Didoakeun tikatebihan sing aya dina kakiatan sareng tiasa kenging deui. Amin….!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: