Persib Kembali ke Puncak Klasemen


PEMAIN depan Persib, Redouane Barkaoui berebut bola dengan pemain belakang PSIS, Zoubairoe pada pertandingan Liga Indonesia XIII di Stadion Jati Diri Semarang, Minggu (15/4). Pertandingan berakhir imbang 0-0.*ANDRI GURNITA/”PR”

Hanya dalam waktu 24 jam, Persib kembali merebut posisi puncak klasemen sementara Grup Satu Liga Indonesia 2007 dari tangan PSMS Medan. Kepastian Persib naik kembali ke peringkat teratas setelah bisa meraih satu poin tambahan dengan menahan tuan rumah PSIS Semarang 0-0 di Stadion Jati Diri Semarang, Minggu (15/4).

Persib kini mengantongi 30 biji kemenangan, sama dengan PSMS dan Sriwijaya FC. Namun, produktivitas gol Persib lebih baik. Sriwijaya mendapat tiga poin tambahan setelah mengalahkan tuan rumah Persiraja Banda Aceh 2-1. Selisih gol Persib 22-11, Sriwijaya FC 19-8, dan PSMS 14-4.Hal ini membuat aliran bola sering terputus di lini pertahanan. PSIS berusaha mengajak Persib bermain cepat dan terbuka. Namun, pemain Persib tidak terpancing. Suwita Pata dkk. lebih sering menunggu diserang kemudian melakukan serangan balik.

BalikBandung Inc
Lapangan becek akibat hujan deras pada 1,5 jam sebelum kick-off, membuat lapangan licin dan di beberapa titik tergenang air. Hal ini membuat pemain kedua tim mudah kehilangan bola.

Pelatih Persib, Arcan Iurie Anatolievici menugaskan Nova Arianto untuk mematikan Julio Lopez, Nyeck Nyobe mengawal Ebi Sukore, dan Bayusutha menempel Khusnul Yakin. Pelatih PSIS, Bonggo Pribadi, menugaskan Kahudi Wahyu mematikan Eka Ramdani, Zoubairoe menjaga Redouane Barkaoui, dan Maman Abdurahman mengawasi Zaenal Arif.

Namun, Sukore dan Lopez sempat mengancam gawang Persib melalui tendangan kerasnya. Namun, kiper Tema Mursadat bisa menepisnya sehingga gawang Persib selamat dari kebobolan. Persib hanya memiliki dua peluang. Tendangan kaki kanan Zaenal Arif masih melambung tinggi. Tendangan kaki kiri Suwita Pata masih bisa ditangkap kiper Komang Putra.

Disiplin

Pemain belakang Persib mampu menghalau serangan PSIS karena tampil dengan disiplin tinggi. Libero Patricio Jimenez bermain lugas. Ia cerdik membaca serangan PSIS sehingga beberapa kali bisa mematahkan serangan yang masuk ke area kotak penalti. Bayusutha dan Nova juga tidak pernah jauh dari Khusnul dan Lopez sehingga mereka tidak bisa memainkan bola lebih lama. Permainan tak kenal kompromi yang diperlihatkan Nyeck membuat Sukore tidak bisa mengembangkan permainan.

Arcan Iurie mengatakan, keberhasilan ini karena pemain memiliki kebersamaan. Pemain saling mengingatkan dan melapisi. Jika ada yang berbuat salah, pemain lain langsung bisa membantunya. “Sekarang Persib sudah seperti keluarga. Tidak ada saling menyalahkan dan pemain bersedia menerima saran dari pemain lainnya,” ujar Iurie.

Ia mengakui, lapangan becek membuat permainan menjadi tidak berkembang. Bukan hanya Persib, PSIS juga menjadi sering melakukan kesalahan sendiri karena tiba-tiba pemain terjatuh akibat lapangan licin.

Bonggo Pribadi mengatakan, Persib lebih banyak bertahan sehingga pemain PSIS kesulitan menyerang. Belum lagi, pemain Persib sangat disiplin menjaga Lopez dan Khusnul sehingga serangan sering mentah di area pertahanan Persib. “Saat pemain gagal membuat gol, yang muncul rasa frustrasi karena serangan menjadi terburu-buru dan tidak berpola,” ujar Bonggo.

Pertandingan yang dipimpin wasit Jimmy Napitupulu ini berlangsung keras. Jimmy mengeluarkan 10 kartu kuning yakni untuk Foffe Kamara, Zoubairoe, Modestus Setiawan, Kahudi Wahyu (PSIS), Patricio, Nova, Bayusutha, Gilang Angga, Eka, Barkaoui (Persib).

6 Balasan ke Persib Kembali ke Puncak Klasemen

  1. Mat Temabakol mengatakan:

    Persib Nu Aink, Maung Nu Aink. PERSIB MAUNG BANDUNG……

  2. Irsan,tasik mengatakan:

    Btul, Lamun geus bercokol di puncak klasmen hese turunna, tetap pertahankan kemenangan ini aink jd semangat gawe deui, keur PERSIB pertandingan Berat menantimu tapi ulah gentar bobotoh menyertaimu. amin. Pertahankan di puncak klasmen sampai akhir putaran I . dan sampai strusnya sampai piala Indonesia dalam genggamanmu.

  3. sye uralia mengatakan:

    mudah2an persib tetep bertahan di klasemen 1.hidup persib

  4. gunawan mengatakan:

    satuju HIDUP PERSIB

  5. Biho mengatakan:

    nu penting mah masih nomer hiji!

  6. Epsensyah,Jaktim mengatakan:

    PERSIB memang oke ….. walau hasil seri, masih bisa memimpin klasemen.
    Majulah PERSIB ku …. tenggelamkan LAMONGAN.

    Bravo PERSIB ku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: