Akhiri Rekor Buruk Tujuh Musim


Rekor buruk Persib yang belum pernah menang, sekaligus mencetak gol ke gawang Persikota selama tujuh musim kompetisi di Stadion Benteng Tangerang, akhirnya terpecahkan, Sabtu (31/3). Persib menang 1-0 melalui gol sundulan Nova Arianto pada menit ke-77.

BalikBandung Inc
Nova mendapat umpan bola dari tendangan bebas yang dilakukan Eka Ramdani dari sudut kiri pertahanan Persikota. Hasil ini disambut sukacita kubu Persib karena bisa meraih kemenangan tandang kedua. Sebelumnya, Persib meraih kemenangan pertama saat berhadapan dengan tuan rumah Persiraja.

Persib sebenarnya memiliki peluang mencetak gol lebih awal melalui penyerang Redouane Barkaoui pada menit ke-46. Berdasarkan perhitungan, 99 persen harusnya dia bisa melesakkan bola ke gawang yang sudah kosong. Namun, kenyataannya lain. Bola tendangan dia mengenai tiang kiri dan tidak terjadi gol.

Barkaoui mendapat peluang bagus ini akibat kesalahan kiper Rolli Yasin. Ia bermaksud membuang bola ketika mendapat sodoran bola dari rekannya. Namun, tendangan dia hanya menerjang angin saja. Bola lolos dari kiper, dan menuju ke gawang yang sudah kosong. Barkaoui bisa mengejar bola, dan meneruskan dengan tendangan datar kaki kanan.

Pemain dan ofisial Persib sudah bersorak gembira karena sudah merasa yakin bola bakal masuk. Namun, akhirnya mereka terdiam karena bola mengenai tiang gawang. “Lapangan tidak rata. Saya lihat arah bola setelah beberapa kali menyentuh tanah, berubah sedikit jadi menuju tiang gawang,” ujar Barkaoui.

Pelatih Persib, Arcan Iurie Anatolievici, mengatakan selama hidupnya, Barkaoui tidak akan bisa melupakan kejadian tersebut. Ia sering mencetak gol dalam posisi sulit. Namun, saat ada kesempatan sangat baik, ternyata tidak ada gol. “Dia akan pensiun dari sepak bola. Tapi, kejadian itu pasti akan teringat terus,” ujarnya.

Di bawah ”form”

Asisten pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, mengakui mayoritas pemain Persib tampil jauh di bawah penampilan terbaiknya. Ada tiga pemain dinilai Djadjang di atas rata-rata pemain lain, yakni kiper Tema Mursadat, Nyeck Nyobe, dan Nova Arianto. “Namun, ketiga pemain itu tetap masih di bawah standar. Kualitas penampilan semua pemain bukan seperti itu,” ujarnya.

Dari kubu Persikota menolak berkomentar. Pelatih Persikota Tangerang, Mundari Karya tampak kecewa dengan hasil pertandingan ini. Dia juga enggan memberikan keterangan kepada wartawan. “Sorry saya tidak bisa komentar. Silakan tulis saja apa yang kalian lihat di lapangan,” kata dia singkat.

Demikian juga dengan Manajer Persikota, H. Achmad Dasuki. Dia berkali-kali menolak untuk diwawancarai wartawan. “Maaf, maaf, saya tidak mau berkomentar. Tahu sendiri, situasinya lagi kusut begini,” ujar dia dengan mimik wajah kecewa.

Pada pertandingan ini, Iurie menurunkan Christian Bekamenga. Padahal, dia baru bergabung dengan Persib, Jumat (30/3) siang. Ia hanya sempat melakukan pemanasan olah raga Sabtu pagi. Penampilan Bekamenga juga tidak menonjol karena masih kelelahan akibat perjalanan dari Kamerun ke Indonesia yang memakan waktu dua hari.

Pada babak pertama, pertandingan berlangsung lamban dan monoton. Bola lebih sering berada di tengah lapangan. Serangan Persib maupun Persikota sering kandas sebelum masuk ke kotak penalti. Pemain Persib justru tampil kurang bergairah.

Babak kedua baru dimulai, Barkaoui kembali menciptakan peluang tapi tidak terjadi gol. Setelah itu, Persikota yang melakukan tekanan. Beberapa kali pertahanan Persib dibuat kalang kabut oleh pemain depan Persikota. Tendangan keras Esteban Gulien berhasil ditepis Tema. Begitu juga tendangan Jumadi Abdi bisa ditangkap Tema. Peluang terbaik Persikota melalui Muhammad Ilham.

Pada menit ke-76, Nova membantu serangan dari sayap kanan. Namun, dia dijatuhkan Nasuha, sehingga terjadi hukuman tendangan bebas. Eka mengambil tendangan dan disundul oleh Nova, sehingga terjadi gol pada menit ke-77.

Satu Balasan ke Akhiri Rekor Buruk Tujuh Musim

  1. zfnfd mengatakan:

    Good site!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: