Bobotoh dan Persib Dihukum


Komisi Disiplin PSSI akhirnya menjatuhkan sanksi kepada Panitia Pelaksana (Panpel) Persib Bandung untuk menggelar pertandingan melawan PSMS Medan, Sabtu (7/4), tanpa disaksikan penonton. Selain itu, Panpel Persib juga dikenai hukuman denda sebesar Rp 20 juta.

BalikBandung Inc

Sanksi tersebut dijatuhkan Komdis PSSI menyusul insiden melubernya bobotoh hingga ke pinggir lapangan pada saat turun minum, yang mengakibatkan pertandingan antara Persib dan Persema, 14 Maret lalu, tertunda hingga 1,5 jam. “Masuknya penonton ke dalam stadion hingga sentelban, yang mengakibatkan pertandingan sempat tertunda lebih dari satu jam, telah melanggar pasal 113 kode disiplin PSSI mengenai gangguan pertandingan. Sehingga Panpel Persib dikenakan sanksi pertandingan Persib lawan PSMS tanpa disaksikan penonton. Kemudian panpel juga dikenakan denda Rp 20 juta,” ujar Ketua Komdis PSSI, Togar Manahan Nero usai sidang yang berlangsung di Sekretariat PSSI, Kompleks Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Selasa (27/3). Mengenai upaya panpel yang berusaha keras mengeluarkan para penonton dari dalam stadion keluar stadion dan kemudian berhasil, meski membutuhkan waktu lebih dari satu jam hingga pertandingan bisa kembali berlangsung, Togar mengatakan hal itu bukan sesuatu yang bisa meringankan hukuman bagi Panpel Persib. “Pokoknya telah terjadi pelanggaran pada pertandingan tersebut. Setiap ada pelanggaran yang dilakukan harus kita hukum sesuai dengan aturan,” ujarnya.

Cukup berat
Menanggapi sanksi tersebut, Ketua Panpel Persib, Sukowiyono yang kemarin datang ke Jakarta untuk dimintai keterangan oleh Komdis, mengatakan, sanksi yang diberikan Komdis cukup berat. Pasalnya terjadi saat Persib menjamu PSMS yang dipastikan akan menyedot animo ribuan penonton untuk menyaksikan pertandingan tersebut di stadion.

“Akan sulit menahan animo penonton untuk tidak menyaksikan pertandingan ini di Stadion Siliwangi. Ini akan menjadi tugas berat bagi panpel,” kata Sukowiyono yang kemarin didampingi Oce Permana, Rudi Pakih, dan Yudiantara.

Meski terus melakukan upaya keringanan, namun Suko, sapaan akrabnya, berusaha mengambil hikmah dari sanksi yang diberikan Komdis. “Hukuman ini sebenarnya bukan sekadar untuk panpel, tapi juga bobotoh. Akibat insiden melubernya bobotoh ke pinggir lapangan, mereka jadi tidak bisa menyaksikan tim kesayangannya bertanding. Ini menjadi pelajaran berharga yang harus diambil hikmahnya. Kejadian seperti itu tidak boleh terulang lagi,” kata Suko ketika dihubungi “GM”, Selasa (27/3) malam.

Dijelaskan Suko, dua hal yang membuat sanksi tersebut dijatuhkan Komdis PSS adalah karena melubernya penonton hingga ke pinggir lapangan menimbulkan ketidaknyamanan kedua tim serta mengakibatkan pertandingan tertunda.

“Sebenarnya, dari segi permainan sebenarnya tidak ada masalah. Tapi, melubernya penonton itu mengakibatkan ketidaknyamanan kedua tim dan pertandingan tertunda,” tegas Suko.

Mengenai tempat pertandingan yang akan digunakan untuk menjamu PSMS, Suko belum bisa memutuskannya. Namun, Suko menyebutkan, Stadion Siliwangi dan Lapangan Pusdikpom menjadi alternatif yang tengah dipertimbangkan.

3 Balasan ke Bobotoh dan Persib Dihukum

  1. BoBoToH,,,
    tOnX QtU aTuGh…!!!
    tAtiAn pErSiB…

  2. WAHYUDIN mengatakan:

    sing tertib atuh ameh sararea teu aya nu dirugikeun…. bravo PERSIB…… Bantai PSMS…..

  3. mamang.. dulur PERSIB ti Balikpapan mengatakan:

    no comment..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: