Persib Bikin Deg-degan


Sungguh beruntung nasib Persib. Meski tampil di bawah form dibandingkan dua penampilan sebelumnya melawan Persik Kediri dan Persema Malang, klub yang berjuluk “Pangeran Biru” ini akhirnya meraih kemenangan 2-1 (0-1) atas PSS Sleman, di Stadion Siliwangi Bandung, Kamis (22/3).

BalikBandung Inc

Penampilan kurang meyakinkan Persib, membuat bobotoh khawatir dan deg-degan. Bagaimana tidak, mereka banyak membuat kesalahan, terutama barisan belakang yang menyebabkan Persib tertinggal 0-1, menit ke-27 melalui sundulan pemain belakang PSS, Oyedepo O. George. Bobotoh dibuat tegang dan gemas, karena Persib belum juga menyamakan kedudukan hingga menit ke-70.

Namun, dua menit kemudian keberuntungan itu datang. Beberapa bobotoh yang sempat terdengar “PR” menyebutkan, Persib “tertolong” oleh keputusan wasit Daryanto, terutama saat memberikan hadiah penalti untuk Persib, menit ke-72. Penalti diberikan karena Redouane Barkaoui dinilai telah dilanggar Anderson da Silva, yang akhirnya diberi kartu kuning.

Lorenzo Cabanas sebagai eksekutor bisa menjalankan tugasnya sehingga skor menjadi 1-1. Setelah gol itu, Persib meningkatkan serangan, dan tendangan voli Patricio Jimenez yang berbau spekulasi dari luar kotak penalti, menit ke-80 menentukan kemenangan Persib menjadi 2-1.

Pelatih PSS, Ruddy Williams Keltjes mengatakan, kepemimpinan wasit sangat menjengkelkan. Menurut dia, keputusannya sangat merugikan kedua belah pihak. Terkadang, pemain PSS yang melanggar permainan, tapi hukuman untuk Persib. Begitu juga sebaliknya.

“Saya sebenarnya tidak ingin mengomentari wasit karena bisa kena denda Rp 30 juta oleh Komdis. Tapi, wasit ini benar-benar membuat jengkel,” ujarnya.

Ia mengatakan, Arcan Iurie Anatolievici dinilai sebagai pelatih paling sportif dan jujur. Menurut Ruddy, seusai pertandingan Iurie menghampiri dirinya. “Ia mengatakan, kemenangan Persib dibantu wasit. Saya menaruh hormat sama dia. Coba kalau pelatih lain, pasti cuek-cuek saja, meski timnya menang karena bantuan nonteknis,” ujarnya.

Asisten pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman menilai wasit sudah membuat keputusan tepat menghukum PSS dengan penalti, karena Barkaoui memang sengaja dijatuhkan. “Seharusnya, hukuman penalti tidak sekali. Ada beberapa pelanggaran lain, tapi luput dari pandangan wasit,” ujarnya seraya menambahkan, kepemimpinan wasit cukup baik. Meski ada keputusan keliru, hal itu masih dalam batas normal.

Hasil tersebut, membuat Persib memenuhi target menyapu bersih poin penuh dalam tiga partai kandang (nilai 9). Dua laga sebelumnya, Persib menang 2-0 atas Persik, dan 4-2 atas Persema. Dalam klasemen sementara Grup I Liga Djarum Indonesia XIII/2007, posisi Persib tidak beranjak di peringkat ke-3, di bawah PSMS dan Sriwijaya FC, dengan nilai 19 biji kemenangan dari enam kali menang, sekali seri, dan dua kalah. PSMS mengemas 23 biji kemenangan, sedangkan Sriwijaya FC 20.

Eka dimatikan

Pada menit-menit awal, Persib mengambil inisiatif menyerang. Namun, PSS bermain cerdik, dengan menunggu bertahan dan mengandalkan serangan balik. Saat mendapat tekanan, pemain tengah langsung menumpuk di lini pertahanan. Hal ini membuat duet Barkaoui dan Zaenal Arif kesulitan membongkar pertahanan PSS. Apalagi, dua stopper asing berpostur tinggi, Silva dan George selalu berhasil menghalau umpan bola-bola atas.

Pemain Persib mengalami kebuntuan dalam membangun serangan. Hal itu akibat gelandang Eka Ramdani dan sayap kiri Salim Alaydrus mendapat pengawalan khusus. Eka tidak bisa mengatur serangan, dan Salim kesulitan melakukan aksi individu. Gilang Angga di sayap kanan pun tidak tampil baik seperti ketika melawan Persema. Ia tidak bisa berbuat banyak karena disiplinnya pemain belakang PSS menjaga daerah. Hal itu membuat serangan Persib terpaku dari tengah.

“Saya paling takut sama Eka dan Salim. Setelah dua pemain itu dimatikan, Persib tidak bisa menyerang. Strategi kami, sebenarnya sudah tepat,” ujar Ruddy.

Pada saat keasyikan menyerang, serangan balik PSS membuahkan tendangan bebas. Bola ditendang Imam Rochmawan dan dengan bebas George melakukan sundulan yang menembus gawang Tema Mursadat, menit ke-27. Tak satu pun pemain Persib yang ikut meloncat mengganggu pergerakan George.

Sebelumnya, peluang terbaik Persib diperoleh Barkaoui, menit ke-25. Bola tendangan keras kaki kirinya dari luar kotak penalti, berhasil ditepis kiper Dwi Adi. Setelah itu, serangan Persib hanya sporadis. Pemain belakang, Patricio Jimenez, Nyeck Nyobe, sempat melakukan kesalahan karena bola bisa direbut pemain lawan. Beruntung, tidak terjadi gol akibat kesalahan itu.

Memasuki babak kedua, serangan Persib masih belum berubah. Kedisiplinan pemain PSS mematikan Eka, membuat serangan Persib pincang. Tak tanggung-tanggung, Eka dikawal dua pemain. Eka juga terlalu memaksakan diri untuk mengolah bola terlalu lama. Kebuntuan serangan Persib terpecahkan setelah Barkaoui dijatuhkan di dalam kotak penalti. Cabanas menyamakan kedudukan 1-1 dari titik penalti.

Gol penentu kemenangan Persib berawal dari satu serangan. Umpan bola atas disundul George. Bola mengarah ke Patricio dan langsung disambut dengan tendangan voli kaki kiri. Sebelum menghujam gawang, bola sempat menyentuh tanah dan hal ini membuat kaget Dwi Ade. “Saya salut dengan strategi PSS. Mereka memancing pemain Persib terus menyerang dan melakukan counter dengan cepat,” ujar Djadjang Nurdjaman.

PIKIRAN RAKYAT

8 Balasan ke Persib Bikin Deg-degan

  1. qynmw mengatakan:

    Good site!!!

  2. wahyudin mengatakan:

    HIDUP PERSIB, menang terus bantai lawan-lawanmu terutama PERSIJA….

  3. atep mengatakan:

    uey persib teh alus maennamah alus ngan lamun geus menang hiji atawa dua sok teu sumanget deui mun bisa mah terus serang lawanna sina ka 12 kosong ngarah persib maen di stadion jakarta sugan pinuh ku bobotoh persib kabeh kawas baheula. hidup viking maung bandung maju terussssssssssssss………………
    hidup maung bandung maju terusssssssssssssssssssssssssssss

  4. resty mengatakan:

    mun bisa tiap main persib di tayangkeun tv ngarah teraruksak stadion siliwangi. janten bobotoh – bobotoh persib teu kaditu kabeh janten aman di siliwangi. omat nya ka panitia siarkeun tiap maen.

  5. madjid mengatakan:

    berita terakhir kiprah Christian bekamenga di kamerun.
    terima kasih …
    http://camfoot.com/article.php3?id_article=8122

  6. viking asgar mengatakan:

    leuheung beak kopi ukur dua gelas. abdimah beak roko ge 2pak kopi 2 jarigen., da nonton bersaama DI GARUT ngahaja simkuring mawa PROJECTOR TI JAKARTA bakatting ku cintana, nyaahna, deudeuhna ka kaPERSIB. eta ninggali persib geus kabobolan ti heula puyeng sirahteh. tapi untungnamah persib teh bisa nyaruaken lamunteubisa nyaruaken atawa eleh jigana eta nungarana kopi, jeng jarigenna di inum. tapi allhamdulillah persib bisa menang salut ka PERSIB.salam ti VIKING ASGAR, BOBOTOH ASGAR.

    HIDUP PERSIB… HIDUP PERSIB…HIDUP PERSIB…HIDUPPPPPPPPPPPPPP

  7. widi_dieco(DAGO PAKAR) mengatakan:

    Lalajo PERSIB lawan PSS
    beak ROKO 2 BUNGKUS
    KOPI 2 gelas

    bakat ku hariwang…….
    maenya erek eleh di kandang sorangan…

    tapi untung lah..
    doa bobotoh…mujarap..
    PERSIB menang!!!

    HORE!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    I LOVE PERSIB…

  8. mamang.. dulur PERSIB ti Balikpapan mengatakan:

    para el jimenez y las cabañas: gentlemens. bien hecho. una meta tan fantástica!!! ¡realmente aprecie para su lucha y ningún combate dudado que. va los tigres!!! HIDUP PERSIIIIIIBBBBBBBBBBB!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: