Jangan Lengah!


Dua kondisi yang saling bertolak belakang, akan menjadi warna dari pertandingan Persib melawan PSS Sleman di Stadion Siliwangi Bandung, Kamis (22/2). Secara psikologis, kondisi pemain Persib dinilai baik, sedangkan pemain PSS tertekan karena prestasinya sedang terpuruk. Terlebih, pada dua laga kandang terakhir, PSS hanya mengemas 1 biji kemenangan hasil seri 0-0 melawan Persema dan kalah 0-2 dari Persik.Namun, dua kondisi berbeda itu bisa masuk dalam jalur sejajar atau keadaan menjadi terbalik, jika Persib lengah dan pemain PSS bisa dengan cepat mengatasi tekanan itu.

BalikBandung Inc
Seorang psikolog asal Bandung yang tinggal di Jakarta, Ahadijat mengatakan, PSS sudah melakukan teroboson untuk mengubah suasana menjadi lebih baik dengan masuknya pelatih baru, Ruddy Williams Keltjes. Ruddy, mantan pelatih Persijap Jepara itu, menggantikan posisi pelatih asing asal Argentina, Horacio A. Montes.

“Masuknya pelatih baru ini sebagai upaya memperbaiki motivasi pemain. Ini yang harus diwaspadai. Sebab, dengan adanya sentuhan baru, psikologis pemain bisa cepat berubah,” ujar Ahadijat, ketika dihubungi melalui telefon selulernya, Senin (19/3).

Sebagai contoh dialami Persib pada kompetisi 2006. Saat itu, pada empat pertandingan awal kompetisi, Persib menelan kekalahan. Namun, pada laga kelima, Persib mengalahkan tuan rumah PSIM Yogyakarta 2-0 di Stadion Mandala Krida Yogyakarta. Kemenangan itu, tidak lepas dari kedatangan pelatih baru saat itu, Arcan Iurie Anatolievici, yang masuk ke tim beberapa hari menjelang lawan PSIM.

Ahadijat mengatakan, pelatih baru biasanya tidak memiliki target khusus pada pertandingan yang baru kali pertama dilakoninya. Ruddy dinilai akan lebih fokus memperbaiki mental tempur dan kepercayaan diri pemain serta melihat lebih dalam kondisi klub. Oleh karena itu, saat melawan Persib, pemain PSS bisa tampil lepas. “Situasi ini bisa berbahaya buat Persib. Apalagi, pelatih baru ini memiliki karakter karena cukup pengalaman dan memiliki wibawa di mata pemain,” ujarnya.

Kebersamaan

Ahadijat mengingatkan, untuk mengatasi perubahan suasana di tubuh PSS, Suwita Pata dkk. harus bisa terus menjaga suasana kebersamaan. Mereka tidak cepat berpuas diri dengan hasil yang sudah dicapai. Permainan Persib harus tetap konsisten.

Suasana penuh kebersamaan membuat pemain lebih tenang dalam menjalankan tugasnya dan mereka tidak saling menyalahkan. “Kalau semua sama-sama kerja keras, saya yakin Persib akan terus berada di jalur kemenangan, apalagi main di hadapan bobotoh,” ujarnya.

Menurut dia, saat pertandingan nanti, Persib diharapkan bisa menjaga keunggulan psikologis dan kualitas individu, sehingga bisa menyabet kemenangan.

Pertandingan Persib melawan PSS rencananya akan disiarkan secara langsung antv. Pertandingan Persib menghadapi tuan rumah Persikota di Stadion Benteng Tangerang, 31 Maret, juga akan disiarkan langsung.

41 Balasan ke Jangan Lengah!

  1. har2har mengatakan:

    SKOR AKHIR 2-1 UNTUK PERSIB…

    THANK YOU ANTV
    AND BUAT ERWIN SANG PEMANDU PERTANDING LUAR BIASA MEMBAWAKANNYA
    YG PENUH SEMANGAT DAN SMART

    PATRICO JIMENEZ,EKA RAMDANI,LORENZO CABANAS,RIDUANE BARKOUI,ZAENAL ARIF,NYEK NYOBE,NOVA ARIANTO,GILANG ANGGA…POKOKNYA HEBOH DEH KALO DIA YANG BAWAIN…GAK KAYA BUNG ALIF

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: