Tak Ada Intervensi Soal Rotasi


Bekamenga “Terbang” ke Kamerun Besok
Manajer Persib Yossi Irianto, Sabtu (17/3) menegaskan, tidak ada intervensi pihak luar dalam hal pemilihan komposisi pemain dan rotasi pemain di setiap pertandingan Persib. Menurut dia, proses rotasi dan penempatan pemain murni hasil rembukan pelatih bersama asisten pelatih yang dilaporkan kepada manajer. “Tidak ada campur tangan orang yang tidak berkaitan dengan teknis secara langsung,” ujarnya.Terkait pergantian Zaenal Arif oleh Barkaoui pada saat Persib melawan Persema, Yossi mengatakan bahwa alasan utamanya bukan karena Arif bermain jelek. Justru menurut Yossi, grafik dan tren permainan Arif sedang dalam kondisi yang bagus. Yossi menyebutkan bahwa pergantian Arif oleh Barkaoui dan juga Bekamenga oleh Dicky Firasat adalah bagian dari strategi tim pelatih bersama manajer.

“Saya akui Arif sedang main bagus. Sejak melawan Sriwijaya FC, grafik Arif terus menanjak. Hal yang sangat wajar juga kalau dia merasa kecewa dengan pergantian kemarin, sebab dia juga ingin membuktikan kalau dia pantas menempati posisi lini depan utama. Tapi ini bagian dari grand strategy,” katanya.

Yossi bersama tim pelatih memandang bahwa pergantian Arif bertujuan untuk menyimpan tenaga pada saat Persib menghadapi Sleman. Sebab, saat itu Bekamenga terpaksa absen karena harus kembali ke negaranya. Begitupun dengan masuknya Dicky Firasat dan Barkaoui. Hal ini tak lain agar mereka mulai beradaptasi untuk kembali bermain setelah sempat duduk cukup lama di bangku cadangan.

“Lagipula kita sudah unggul 4-1. Pemikiran kami, lebih baik mengganti lini depan daripada mengganti lini belakang yang sudah cukup solid. Selain itu, langkah ini juga untuk menghindari kelelahan pemain yang bersangkutan atau menambah jam terbang tanding dari para pemain yang sudah cukup lama duduk di bangku cadangan sebagai antisipasi cedera pemain,” tuturnya.

Bagi Yossi, kekecewaan yang ditunjukkan Arif akibat pergantian pemain sama sekali tidak mengganggu tim secara keseluruhan. Ibarat anak kepada ayahnya, sikap yang ditunjukkan Arif pun dinilainya sesuatu yang sangat wajar. Bahkan bagi Yossi, sikap ini menjadi sebuah motivasi bagi Arif sendiri untuk dapat membuktikan di pertandingan selanjutnya kalau dia memang pemain yang berkualitas.

Arif-Barkaoui

Sementara, menghadapi PSS Sleman, Kamis (22/3) mendatang, duo Zaenal Arif-Barkaoui dipastikan menjadi ujung tombak lini depan Persib. Bekamenga yang selama ini diandalkan tim pelatih akan bertolak pada 19 Maret ke negara asalnya Kamerun untuk memperkuat negaranya pada ajang Pra-Olimpiade.

Yossi mengharapkan, duet Zaenal Arif-Barkaoui ini akan mampu menjawab ketangguhan lini depan Persib yang dilapisi oleh Dicky. Selain juga didukung oleh Gilang Angga yang kepercayaan dirinya semakin membaik. “Saya harap bisa dipertahankan pada saat melawan Sleman. Kami tidak ingin kesempatan meraih poin penuh di kandang hilang begitu saja,” tuturnya.

Sementara itu, asisten pelatih Persib Djadjang Nurdjaman mengatakan meski selama ini Bekamenga menjadi salah seorang striker andalan Persib, namun dia mengatakan bahwa absennya Beka tidak akan berpengaruh terhadap permainan Persib secara keseluruhan. Terlebih, Persib memiliki pemain lain yang sama-sama berkualitas baik. “Tidak ada masalah, pemain lain seperti Arif, Barkaoui atau bahkan Dicky juga sama-sama merupakan pemain yang bagus,” katanya.

Djadjang pun yakin, meski tanpa Bekamenga, Persib akan mampu tampil sebaik penampilannya bersama Bekamenga. “Memang ini risiko bagi kami sebab dari perjanjian awal, dia bisa kapan saja kembali ke negaranya untuk memperkuat timnas. Tapi kami tidak terlalu khawatir sebab pemain yang bagus bukan hanya Bekamenga,” ujarnya.

Mengenai lawan berikutnya PSS Sleman, Djadjang mengatakan, meski lawannya kali ini berada di urutan bawah klasemen wilayah barat, bagi dia setiap lawan harus selalu diwaspadai. Terlebih saat ini Sleman telah memiliki pelatih baru.

Menurut Djadjang, tim yang memiliki pelatih yang baru, memiliki motivasi bermain yang tinggi. Sebab setiap pemain ingin menunjukkan permainan terbaiknya di hadapan pelatihnya yang baru. “Ini yang patut diwaspadai, dengan pelatih baru biasanya semangatnya juga baru,” katanya.

PIKIRANRAKYAT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: