Stop Salahkan Pemain Saat Kalah!


Gelandang serang Persib, Lorenzo Cabanas, menyatakan keheranannya klub sepak bola Indonesia cenderung menyalahkan pemain jika kalah dalam pertandingan. Menurut dia, sikap seperti itu harus dibuang jauh-jauh karena akan menimbulkan suasana kurang harmonis dalam klub.

“Coba Anda bisa sebutkan siapa klub yang tidak pernah kalah dalam kompetisi. Semua pasti mengharapkan selalu ingin menang. Tapi, wajar dalam permainan sepak bola ada kalah, menang, dan seri,” ujar Cabanas di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Senin (5/3).

Ia mengingatkan, apa pun hasil dalam pertandingan harus diterima secara sportif. Jika kalah, lupakan kekalahan tersebut dan konsentrasi menghadapi pertandingan berikutnya. Namun, di Indonesia sesudah kalah selalu terus dibahas secara luas kepada publik.

“Pengalaman saya main di luar Indonesia, saat klub kalah ya…. sudah berlalu saja. Tapi, sesudah itu semua sama-sama kerja keras untuk meraih kemenangan dipertandingan berikutnya,” ujarnya.

Kendati begitu, dia menyadari kondisi tersebut menjadi risiko yang harus dihadapi seorang pemain sepak bola. Jika klubnya menang, pemain mendapat pujian, sebaliknya kalah harus siap mendapat caci maki. Padahal, pada saat sedang terpuruk atau menderita kalah, pemain membutuhkan motivasi untuk membangkitkan kembali semangat bertanding.

Cabanas sudah tiga musim kompetisi berlaga di Liga Indonesia. Kali pertama ke Indonesia bergabung dengan Persija. Tahun berikutnya pindah ke Persiba Balikpapan, dan sekarang memperkuat Persib.

Menurut dia, kalah dari Sriwijaya FC tidak membuat perjalanan Persib di kompetisi berakhir. Persib masih memiliki 29 kali pertandingan lagi. Peluang untuk mengumpulkan poin sebanyak mungkin masih terbuka lebar. Bisa menyapu bersih semua partai kandang, Persib masih bisa lolos ke babak “8 Besar”.

“Saat saya memperkuat Persiba, semua main kandang menang. Persiba tiga kali seri di luar dan bisa lolos ke babak ‘8 Besar’. Saya sendiri optimistis Persib bisa ke babak ‘8 Besar’,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Redouane Barkaoui. Ia berharap semua pemain Persib bisa melupakan kekalahan dari Sriwijaya FC dan mempersiapkan diri lebih baik saat melawan Persitara. “Menang, kalah, atau seri harus ada evaluasi. Tapi, tidak untuk saling menyalahkan,” ujarnya.

Barkaoui tidak mempermasalahkan adanya sejumlah pemain pilar mengalami cedera. Menurut dia, semua pemain Persib memiliki kualitas cukup baik. Hanya saja, mereka kurang mendapat kesempatan main.

“Jika mereka diberikan kepercayaan penuh, bisa memberi pengaruh positif untuk klub. Saya tidak meragukan kemampuan mereka. Sepak bola permainan kolektif, bukan individual,” ujarnya.

PIKIRAN RAKYAT

3 Balasan ke Stop Salahkan Pemain Saat Kalah!

  1. umpu kakah ( ampah kal-teng ) mengatakan:

    Tapi lamun hujatan itu bentukna ngabangun, ceuk abdi mah keun we da keur kamajuan persib sararea, tapi ngahujat bari osok maledug lamun eleh tah eta anu kudu di berantas, da pasti ngarugikeun urang sararea, komo lamun beunang ku baledugan etateh pamain urang, saha anu rugi …………………………….?!!

  2. Maungora mengatakan:

    Tong didangu kang cabanas, tah eta perbedaan bobotoh & lain bobotoh teh nu saenyana, da mun bobotoh sajati mah mun eleh mere spirit jeung dukungan mun menang teu jumawa teuing, pokona mah saya satuju pisan ka akang cabanas mendingan konsentrasi ka pertandingan isuk pageto, da mun mikiran nu kamari wae mah iraha rek maju atuh kang…. pokonamah rek menang rek eleh PERSIB nu aing lah

  3. mamang.. dulur PERSIB ti Balikpapan mengatakan:

    mamang satuju pisan.. motivasi yang diperlukan bukan hujatan.. naha mun PERSIB meunang dipuji bebeakan, pas eleh kalahkah dihujat? eleh meunang eta mah biasa.. nu penting mah hayu urang dukung PERSIB babarengan… kanggo jimenez+cabanas: ¡el caballero, da su mejor lanzamiento y deja la lucha para PERSIB hasta el extremo!!! ¡c Viva PERSIB y sea un campeón este año!!! cheers….. (“,)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: