Gol Firmansyah Kubur Impian Persib


 
Gol spektakuler stopper Sriwijaya FC, Firmansyah dari jarak sekitar 25 meter, mengubur impian Persib untuk mencuri poin. Persib menyerah 0-1 dari tuan rumah di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Minggu (4/3).

Dengan hasil tersebut, peringkat Persib pada Grup I klasemen sementara Kompetisi Sepak Bola Liga Djarum Indonesia XIII 2007 melorot dua peringkat dari kelima menjadi ketujuh, dengan 9 biji kemenangan dari lima kali bertanding.

Gol stopper timnas menit ke-66 itu cukup mengentak kubu Persib. Mereka tidak menyangka tendangan spekulasi itu menembus keras jala Persib yang dikawal kiper Cecep Supriatna. Cecep juga hanya bisa terpana tanpa bereaksi melihat bola masuk ke gawangnya.

Wartawan Pikiran Rakyat, Irfan Suryadireja dan Andri Gurnita melaporkan dari Palembang, Persib sebenarnya bermain cukup baik. Mereka tidak terpancing mengikuti permainan cepat yang diperagakan pemain Sriwijaya FC. Persib bermain sabar dan cenderung menunggu di daerah pertahanan. Sesudah bisa mematahkan bola, Eka Ramdani dan Lorenzo Cabanas melakukan serangan balik cepat untuk mendukung kinerja dua penyerangnya, Christian Bekamenga dan Redouane Barkaoui.

Persib melakukan penjagaan ketat (man to man marking), khususnya kepada tiga pemain Sriwijaya, yakni Zah Rahan, Obioura, dan Lenglolo. Pemain lain sangat disiplin dalam menjaga daerah (zone marking).

Pelatih Arcan Iurie Anatolievici menugaskan Suwita Pata menjaga khusus Rahan, Nova Arianto mengawasi Obioura, dan Nyeck Nyobe mengawal Lenglolo. Namun, pada babak kedua, Suwita mulai kewalahan menjaga Rahan sehingga pemain mungil itu beberapa kali lolos dari kawalannya.

Strategi ini cukup berhasil karena permainan Sriwijaya menjadi tidak berkembang. Di lain pihak, serangan balik Persib sering membahayakan lini pertahanan klub yang diarsiteki Rahmad Darmawan itu. Peluang emas pertama justru diperoleh Persib. Menit ke-11, Suwita memberikan umpan lambung ke kotak penalti. Bekamenga, yang sudah berdiri bebas, menyundul bola. Namun, bola bergulir tipis di atas mistar gawang.

Semenit kemudian, kerja sama satu-dua sentuhan Rahan dan Obiora membuat kubu Persib sempat terbungkam. Obiora langsung berhadapan dengan kiper Tema Mursadat. Namun, Tema dengan cepat bisa memotong bola, tapi kakinya terinjak Obiora. Tema sempat mendapat perawatan.

Menit ke-39, kerja sama Rahan dan Beben nyaris membuahkan gol. Bola tendangannya masih mengenai tiang kiri gawang. Benben kembali melakukan hal yang sama menit ke-79. Tendangan kaki kirinya masih mengenai mistar gawang. Pada pertengahan babak kedua, Tema diganti Cecep karena mengalami cedera kaki akibat terinjak Obiora di babak pertama.

Petaka bagi Persib terjadi pada menit ke-66. Firmansyah membantu serangan. Dalam posisi bebas sambil menggiring bola, ia langsung melakukan tendangan spekulasi jarak jauh. Gol pun terjadi. Untuk mengejar ketinggalan, Iurie memasang tiga striker dengan memasukkan Zaenal Arif menggantikan Sonny Kurniawan.

Pelatih Persib, Arcan Iurie Anatolievici mengatakan, gol itu sangat tidak terduga. Ia memuji penampilan pemainnya yang sudah maksimal dalam pertandingan tersebut.

Iurie memberikan penilaian kepemimpinan wasit Zaenal Effendi sering merugikan Persib. Padahal, permainan Persib cukup bagus. “Saya lihat kalau tidak terjadi gol pertama tadi, akan terjadi hukuman penalti untuk Persib,” ujarnya.

Pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan mengatakan, pemain Persib sangat disiplin dalam melakukan penjagaan kepada pemainnya. Hal ini membuat permainan Sriwijaya tidak berkembang. Bahkan, dia sudah merasa khawatir. Pada babak kedua, stamina pemainnya bakal habis, tapi yang terjadi sebaliknya, pemain Persib sudah mulai kelelahan.

“Saya sangat salut kepada pemain. Semangat tinggi yang mereka perlihatkan bisa menutupi kelelahan fisik. Gol Firmansyah seperti itu pernah dilakukan saat masih memperkuat Persikota. Saat itu gol terjadi ke gawang PSDS,” ujarnya.***

12 Balasan ke Gol Firmansyah Kubur Impian Persib

  1. Anjaz mengatakan:

    baravo PSM yang telah membungkam 80.000 mulut di kandang deltras sidoarjo

  2. XlawX mengatakan:

    JEUNG NORTH JAK KUDU MEUNANG!!!!!!!.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: