Jaipong Barkaoui Unik & Membanggakan


BERBAGAI hal unik kerap dilakukan para pemain bola untuk melampiaskan rasa suka citanya ketika berhasil menciptakan gol bagi timnya. Tak terkecuali bagi striker Persib Redouane Barkaoui.

Namun, apa yang dilakukan Barkaoui terbilang unik dan lucu. Menari jaipong. Ya, Barkaoui dalam dua kali penampilan di kandang melakukan tarian tradisional Jawa Barat ini sesaat setelah berhasil mencetak gol ke gawang lawan.

Unik dan lucu memang. Mengingat Barkaoui adalah pemain sepak bola asal negara Maroko, tapi menyukai dan mampu melakukan gerakan jaipong.

Lantas dari mana Barkaoui belajar tarian jaipong ini dan kenapa dia tertarik dengan tarian yang menjadi salah satu ikon Jawa Barat.

“Saya suka dan senang sekali tari jaipong. Sebab itu tarian tradisional dan saya sangat suka,” ujarnya. Barkaoui mengaku bahwa sudah lama dia menyenangi tarian khas Jawa Barat ini. Sebab pada dasarnya ia suka dengan berbagai tarian tradisional.

Berbagai gerakan tarian ini, menurut Barkaoui dipelajarinya lewat tayangan televisi. Setiap kali dia melihat jaipong di televisi, dia akan mencoba melakukan gerakan tersebut.

“Saya lihat di televisi dan waktu di Karawang juga saya lihat. Setiap kali saya mencetak gol, saya coba melakukan gerakan jaipong di depan penonton,” tuturnya.

Barkaoui pun menuturkan bahwa dia akan terus mempelajari tarian jaipong ini. Dan terutama dia akan menari lagi jika kembali mencetak gol pada pertandingan berikutnya. “Ya, nanti di pertandingan lainnya saya akan cetak gol lagi dan saya tari jaipong lagi,” ujarnya seraya tersenyum lebar.

Disambut baik

Sementara itu tokoh Jaipong, Gugum Gumbira yang bersama grup Jugalanya menjadikan jaipong sebagai tren di Jawa Barat menyambut baik apa yang dilakukan Barkaoui tersebut. “Kalau Barkaoui ikhlas melakukan itu dan datang dari dalam dirinya itu sangat bagus. Persib adalah ikon Bandung dan Jawa Barat, begitu juga dengan jaipong. Jadi klop sudah,” ujar Gugum yang sempat pula menjadi Manajer Persib.

Hal serupa dikatakan pengamat seni tari sunda, Endang Catur Wati yang menyebutkan, sah-sah saja seseorang berekspresi dengan menari jaipong. Namun melihat pemain asing yang tinggal di Indonesia dan mencintai budaya tradisional Jawa Barat, Endang mengaku bangga.

“Itu positif dan unik juga, sebab pemilik tariannya sendiri seakan tidak ngeuh dengan jaipong ini. Gengsi mungkin kalau menari jaipong,” ujarnya.

Padahal menurut Endang, jaipong merupakan tarian atraktif dan energik yang diiringi dengan kendang. Kalau saja semua mencoba menikmatinya, Endang percaya semua akan merasakan betapa nikmatnya menari jaipong.

“Mungkin pemain asing ini juga sudah mengetahui bagaimana indahnya musik jaipong dan menikmati melakukan tarian ini. Meski saya sendiri belum melihat bagaimana gerakan dia. Apa tariannya sudah betul atau tidak. Tapi unik juga pemain asing suka memperagakan tarian ini di depan penonton meski tanpa iringan musik,” ungkapnya.

PIKIRAN RAKYAT

7 Balasan ke Jaipong Barkaoui Unik & Membanggakan

  1. roy mengatakan:

    Barkoui walaupun kau di PERSIBA aku tetap menunggumu
    Bobotoh and Viking
    menantimu di PERSIB

  2. Jefry mengatakan:

    mau gak mau Persib harus masuk ke Liga Super 2008! Klo gak gw gak dukung Persib soalnya malu sama The Jak ANJINK!!! Salam VIKING SAWANGAN THE-POK

  3. Herdhi_DEPOK mengatakan:

    Gimana nih Nasib Viking Sawangan Depok? Terdaftar gak? Kalo terdaftar tolong kirim alamat sama no. telp. ya pliiizzz!!! Salam dari nak Viking Depok buat semuanya khususnya Viking JaBar ma Barkoui! The Jak ANJIIIIING!!!!

  4. floppy mengatakan:

    kang barkoui meni sae pisan jaiponganna sok lah mun ngagol keun deui pake tari jaipongan indah katingalna hidup persib hidup jaipongan

  5. uralia mengatakan:

    Kang Barkoui tambah kesini tambah seksi ajah……siip lah buat jaipongnyah…..@ kalo ngegolin…please…liatnya kepenonton dooong…jangan ke kamera aja…..sama jangan lupa yah…smile2 ama kita2….fans beraaaaat…….

  6. amed mengatakan:

    Ari saya mah malu campur bangga. Malunya kunaon..? na bet bule nu jaipong sanes urang sunda aslina. Dimana kabanggan jadi urang sunda teh. Bangga na, urang teh diperhatikeun jeung tos bukti yen tari jaipong teh bisa dinikmati ku saha wae.
    Sok atuh urang pupuk kabanggaan jadi warga tatar pasundan.
    Hidup…….PERSIB……You’l never Walk Alone !!!!!

  7. grandiosa12 mengatakan:

    eleuh2.. sae atuh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: