Komunikasi Masih Jadi Masalah


SEJUMLAH pemain Persib menyambut pemain gelandang, Lorenzo Cabanas, yang mencetak gol kedua bagi timnya pada pertandingan Liga Djarum Indonesia XIII di Stadion H. Dimurtala Lampineung, Banda Aceh, Sabtu (10/2). Persib mengalahkan tuan rumah Persiraja dengan skor 2-1.* ANDRI GURNITA/’PR’

Kemenangan 2-1 Persib atas Persiraja ternyata memunculkan pekerjaan rumah yang harus segera dibenahi oleh pelatih Persib Arcan Iurie, untuk menghadapi pertandingan berikutnya melawan PSDS Deli Serdang, Selasa (13/2).
Penampilan Persib pada pertandingan lawan Persiraja ini tidak sebagus seperti menghadapi tim Hyundai Korea Selatan pada pertandingan uji coba beberapa waktu lalu di Stadion Siliwangi Bandung.

“Pada pertandingan ini, Persib memang menang dan saya senang, semua pasti senang dengan hasil ini. Tapi kalau permainan Persib masih seperti ini saat menghadapi tim tangguh seperti PSIS dan Persik, rasanya akan sulit untuk menang. Penampilan Persib harus lebih baik untuk menghadapi lawan-lawan berikutnya,” ujar Iurie usai pertandingan.

Wartawan Pikiran Rakyat Ferry Indra Permana dan Andri Gurnita melaporkan, salah satu kelemahan yang terjadi pada pertandingan kemarin yaitu masalah komunikasi di antara pemain. Selain itu absennya dua pemain pilar, Bekamenga dan Salim Alaydrus dan belum pulihnya 100 persen kondisi Barkaoui, membuat kekuatan Persib sedikit berkurang.

“Faktor komunikasi masih menjadi kendala di tim Persib, terutama untuk pemain belakang dan gelandang, komunikasi antarpemain ini sangat kurang. Kalau soal motivasi bertanding sangat bagus,” ujar pelatih asal Moldova ini.

Mengenai tampilnya formasi 3-6-1, Iurie mengatakan, karena dirinya tidak tahu sama sekali dengan peta kekuatan lawan, ditambah Persib sedang krisis striker. “Pada pertandingan ini, saya tidak bisa memaksakan untuk menampilkan dua striker, karena saya tidak tahu kekuatan lawan. Jadi saya lebih memilih menampilkan satu striker, dengan pertahanan lebih diperkuat,” katanya.

Iurie mengatakan, untuk memasang dua striker sangat riskan karena saat ini stok pemain depan yang kondisinya sedang fit hanya Zaenal Arif dan Dicky Firasat, sedangkan Barkaoui masih dibekap cedera di otot betis kanannya. “Kalau saya paksakan Dicky main, kemudian kalau nanti Dicky atau Arif mengalami cedera, bagaimana menghadapi pertandingan berikutnya karena kami tidak memiliki striker lagi. Jadi saya sengaja menyimpan Dicky agar stok pemain depan tetap ada,” katanya.

Begitu juga ketika Iurie menampilkan Barkaoui di babak kedua padahal kondisi Barkaoui sedang tidak fit, ini hanya strategi untuk memancing konsentrasi lawan. “Nama Barkaoui lebih ditakuti oleh lawan daripada Dicky, jadi begitu Barkaoui main pemain belakang konsentrasinya terpecah untuk menjaga Arif dan Barkaoui,” ucapnya.

Ucapan yang sama disampaikan Manajer Tim Persib, Yossi Irianto yang menuturkan, penampilan Barkaoui di 25 menit terakhir menggantikan Suwita Pata, tak lain untuk memecah konsentrasi pemain lawan.”Kami tahu kondisi fisik Barkaoui hanya 40 persen, tapi dia dimainkan karena karismanya sebagai striker cukup disegani pemain belakang lawan,” ujar Yossi.

Yossi mengakui jika pada pertandingan kemarin Persib lebih banyak ditekan oleh Persiraja terutama di awal babak pertama. “Saya akui di awal babak pertama Persib terus ditekan, tapi berikutnya mereka bisa keluar dari tekanan lawan. Absennya Salim dan Bekamenga memang terasa mengurangi kekuatan tim, tapi khusus untuk Salim, saya berani menyimpan dia tidak dimainkan pada pertandingan, agar kondisi dia lebih fit saat main lawan PSDS. Daripada sekarang dia main setengah-setengah lebih baik tidak main sekalian dan disiapkan untuk pertandingan berikutnya,” kata Yossi.

PIKIRAN RAKYAT

Satu Balasan ke Komunikasi Masih Jadi Masalah

  1. wahyu mengatakan:

    bravo lah persib

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: