Ditekan Persiraja, Persib Malah Menang


GELANDANG Persib Eka Ramdani, menjebol gawang Persiraja setelah berhasil menyerobot bola mendahului pemain belakang Persiraja, Kurniawan, pada pertandingan Liga Djarum Indonesia XIII di Stadion H. Dimurtala Lampineung, Banda Aceh, Sabtu (10/2). Persib mengalahkan tuan rumah Persiraja dengan skor 2-1.* ANDRI GURNITA/”PR”

Persib “Pangeran Biru” berhasil meraih kemenangan pertamanya setelah menumbangkan tuan rumah Persiraja “Laskar Rencong” 2-1 (1-0) pada laga perdana Kompetisi Divisi Utama Liga Djarum Indonesia XIII/2007 di Stadion H. Dimurtala Lampineung Banda Aceh, Sabtu (10/2).
Dua gol kemenangan Persib dicetak pemain mungil Eka Ramdani menit ke-9 memanfaatkan blunder yang dilakukan pemain belakang Persiraja Ramdan, kemudian Lorenzo Cabanas menit ke-66 memanfatkan bola pantulan dari pemain lawan.

Satu gol Persiraja dihasilkan melalui tendangan penalti yang dilakukan Robson Cangirana menit ke-55, setelah sebelumnya Patricio Jimenez dianggap wasit Olehadi melakukan handsball.

Wartawan Pikiran Rakyat, Ferry Indra Permana dan Andri Gurnita melaporkan, kemenangan perdana Persib ini langsung disambut meriah kubu Persib. Begitu wasit Olehadi meniup peluit panjang, manajer tim Yossi Irianto dan pelatih Arcan Iurie langsung menuju lapangan dan berpelukan dengan para pemain.

Suasana sukacita terlihat jelas di kubu Persib. Sebaliknya, di kubu Persiraja, para pemain tertunduk lesu di tengah lapangan. Mereka sangat kecewa karena gagal memberikan kemenangan pada pertandingan yang disaksikan langsung oleh Gubernur NAD yang baru Irwandi Yusuf.

“Hasil ini memang sangat mengecewakan, kami memiliki lima peluang emas, tapi hanya satu yang jadi gol. Dua tendangan pemain kami kena tiang gawang, dua lagi bisa diselamatkan kiper Persib. Kami tidak perlu kalah, karena kami lebih mengusai permainan dan penampilan Persib sendiri tidak terlalu istimewa,” kata pelatih Persiraja, Riono Asnan.

Sedangkan pelatih Persib, Arcan Iurie mengakui, pada pertandingan ini, para pemain masih terlihat kurang komunikasi di lapangan. “Motivasi pemain sudah bagus, namun komunikasi pemain yang masih kurang. Saya ingin masalah ini bisa terus di tingkatkan untuk pertandingan berikutnya. Hasil ini tentu sangat memuaskan,” ujarnya.

Ditekan

Pada pertandingan kemarin, Persib tampil tanpa bomber Bekamenga dan Salim Alaydrus yang masih cedera. Dengan kondisi seperti ini Arcan menampilkan formasi 3-6-1 dengan mengandalkan Zaenal Arif di lini depan. Karena kondisinya tidak fit 100 persen, Barkaoui hanya main 25 menit di babak kedua.

Meski pemain Persib bertumpuk di lini tengah, justru di lini vital ini malah lebih dikuasai para pemain Persiraja. Pasalnya Persib lebih condong bertahan, dengan menempatkan Suwita dan Nyek Nyobe di gelandang bertahan. Akibatnya alur bola sering terputus di tengah, karena Eka Ramdani sedikit naik ke depan sebagai second striker. Praktis di lini tengah tinggal Cabanas yang bekerja.

Di awal babak pertama, Persib terus mendapat tekanan dari para pemain Persiraja terutama dua pemain asingnya, striker Roben Cecco dan gelandang Antonio Telles yang paling menonjol penampilannya.

Menit ke-7, tendangan keras Roben yang lolos dari kawalan pemain belakang Persib masih membentur tiang gawang Persib yang dikawal Tema Mursadat. Setelah Persib terus mendapat tekanan, malah gawang Persiraja yang kebobolan menit ke-9 melalui Eka Ramdani.

Gol ini berawal ketika Rahmad melakukan umpan paralel di depan kotak penalti kepada Kurniawan, kesempatan ini dimanfaatkan Eka yang langsung memotong laju bola dan menceploskan bola tanpa mampu dijangkau Sahari Gultom. Gol ini langsung membungkam sekira 15.000 penonton yang memadati stadion.

Tertinggal 0-1, Persiraja terus menekan pertahanan Persib. Tendangan Antonio Telles membentur tiang kiri gawang di menit ke-22. Begitu juga dengan dua peluang dari Roben Cecco yang gagal menembus gawang Tema Mursadat.

Di babak kedua, Persib tetap berada dalam tekanan pemain Persiraja. Persiraja akhirnya bisa mencetak gol menit 55, untuk menyamakan kedudukan 1-1, melalui tendangan penalti Robson. Persib akhirnya memastikan kemenangan melalui gol Cabanas menit ke-66, memanfaatkan bola pantulan dari pemain belakang Persiraja yang menahan tendangan bebas yang dilakukan Eka Ramdani. Unggul 2-1, Arcan mencoba menampilkan Barkaoui yang kondisinya masih belum fit.

“Saya memasang Barkaoui untuk memecah konsentrasi pemain belakang lawan, dan konsentrasi mereka memang terpecah tidak lagi fokus kepada Zaenal Arief,” ujar Iurie.

PIKIRAN RAKYAT

Satu Balasan ke Ditekan Persiraja, Persib Malah Menang

  1. persib mengatakan:

    PASTI MENANG DGN PSDS MAH…………………………..Bravo persib

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: