Persib Ditawarkan ke Ajax Amsterdam


Paradigma kewirausahaan Persib menghadapi tahun 2008 terus bergulir. Tidak tanggung-tanggung, tawaran mengelola klub berjuluk ”Pangeran Biru” itu juga diajukan ke Pemerintah Kerajaan Belanda. “Kami minta difasilitasi kerja sama dengan Ajax Amsterdam,” ujar Ketua Harian Persib, Edi Siswadi, seusai menerima kunjungan Duta Besar Belanda Dr. Nicolas van Dam di Balai Kota Bandung, Kamis (8/2).

Kelantangan Edi Siswadi yang juga sebagai Sekretaris Daerah Kota Bandung ini bukan tanpa alasan. Di tengah masalah finansial yang membelenggu Persib menjelang dihentikannya kucuran dana dari APBD, memaksa Edi menggunakan semua celah dan kesempatan yang ada untuk mempertahankan eksistensi Persib.

Bahkan menurut Edi, olah raga sepak bola adalah salah satu cara membina hubungan baik dengan negara tetangga. Terlebih jika kedua negara memiliki fanatisme yang sama-sama tinggi terhadap sepak bola.

“Kenapa saya lantang dan berani mengungkapkan hal tersebut kepada dubes sebab bukan rahasia umum lagi kalau kita memiliki ikatan historis dengan negeri Belanda. Jadi jangan tanggung-tanggung, selain hubungan ekonomi, budaya, dan hal lainnya, olah raga pun menjadi tawaran kerja sama yang menarik. Urusan apapun bisa lancar kalau memulainya dengan sepak bola,” ujarnya.

Kepada Dubes Belanda, Edi mengungkapkan, bobotoh Persib yang jumlahnya sangat banyak menjadi potensi pasar yang menggiurkan. Bahkan sebagai perumpamaan Edi menyebut bahwa jumlah bobotoh Persib angkanya jauh lebih banyak dari jumlah penduduk Belanda.

“Saya katakan, sepak bola di Bandung memiliki market share (pangsa pasar) yang luar biasa. Bahkan tadi saya bilang jumlah bobotoh lebih banyak daripada penduduk Belanda,” kata Edi.

Selain itu, dikatakan Edi, bentuk kerja sama lain yang dimaksud adalah diklat dengan kurikulum Ajax bagi para pemain Persib terutama para pemain lokal. Sehingga, jika ke depan Persib ingin sepenuhnya bermuatan para pemain lokal, maka kekuatan lokal Persib tidak perlu diragukan lagi.

Tak hanya itu, diklat yang diinginkan juga untuk manajemen dan pelatih Persib. Sebab dua hal tersebut sangat krusial dalam mendukung keberhasilan Persib dalam menyongsong era kemandirian dan profesional. “Atas nama warga Kota Bandung dan Jawa Barat saya tadi setengah memaksa kepada dubes untuk memahami dan bisa mewujudkan keinginan kita. Tapi saya juga menunjukkan bahwa kita bersungguh-sungguh dalam hal ini. Kalau perlu nanti saya akan datang sendiri ke Kedutaan Belanda untuk menanyakan tindak lanjut dari pembicaraan tadi,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut Edi juga menawarkan kepada dubes Belanda untuk bisa menghadirkan tim Ajax Amsterdam ke Indonesia dan bertanding dengan Persib. Atas tawaran itu, Duta besar Belanda, Dr. Nicolas van Dam menyambut positif. Dia pun berjanji akan mengusahakan agar klub Ajax Amsterdam bisa bekerja sama dengan Persib. “Kita tentu akan sangat bergembira jika Ajax bisa datang ke sini dan bisa main bersama Persib. Mudah-mudahan saja bisa terwujud,” ujarnya.

PIKIRAN RAKYAT

7 Balasan ke Persib Ditawarkan ke Ajax Amsterdam

  1. ompreng mengatakan:

    persib mau dikelola oleh ajax? wow, semoga kabar segar ini tidak hanya sekedar wacana. seharusnya bila persib memang ingin melaju secara profesional, maka belajarlah pada ahlinya. kolaborasi seru ini pasti dinantikan oleh bobotoh sejagat. lagipula persib memang punya ikatan historis dengan belanda…sok lah diantosan realisasina…

  2. mutie mengatakan:

    waduwh..PERSIB bade kerjasama sareng AJAX.eta mah berita ter edan nu pernah di denger atuh.wah lamun jadi teh,warga bandung bakal sukuran .Moga-moga we bisa nya…Bae jeung penjejeh oge nu penting mah PERSIB GO INTERNASIONAL>>>>

  3. jay lee mengatakan:

    mun persib bisa lawan ajak teh hebat ke suwita patha atawa nova arianto bakal ngabeubeurik wisley snider nyeck nyobe di adu jeung si davids bekamenga ngadu ngajrug jeung jaap stam weeh asa rame mereun nya mun bener teh !!!!!

  4. fauzi mengatakan:

    kalo persib maju saya mah seneng bgt…
    jgn tanggung2 klo mo maju…
    pokokna mah HIDUP PERSIB,,,!!!!

  5. viking jabotabek mengatakan:

    setuju saya mah ,biar punya pengalaman bermain bola,dan mengasah keterampilan.

  6. deddy mengatakan:

    Nah ini mah keren klo persib bisa kerja sama dengan walanda khususnya azax, sok ach realisasikan biar persib nu aing tea jadi leuwih hebat ….wedey……..

  7. agusheman1 mengatakan:

    Hebaa..t ! Setuju lah kami mah !
    hidup PERSIB !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: