Saatnya Bangkit, Persib!


DUA belas tahun bukanlah rentang waktu terpanjang Persib Bandung dalam menanti datanganya gelar juara. Sebelumnya, Persib pernah dua kali harus menunggu sekitar 25 tahun untuk kembali membuktikan sebagai kekuatan sepak bola nomor wahid di Tanah Air. Rentang waktu penantian panjang itu adalah dari 1937 (juara perserikatan pertama kali) ke 1961 dan 1961 (juara perserikatan kedua) dan 1961 ke 1986 (juara perserikatan ketiga).

Tapi, haruskah penantian panjang yang membosankan itu harus dilakoni Persib lagi? Tidak! Pasti, itulah jawaban singkat yang pasti dilontarkan bobotoh. Begitu pula rasanya yang akan diungkapkan Ketua Umum Persib, H. Dada Rosada. Baru 12 tahun saja, setelah terakhir kali Persib tampil sebagai kampiun di Liga Indonesia (LI) I/1994-1995, Dada sudah menyatakan ketidaksabarannya menanti gelar juara.

“Persib terakhir kali tampil sebagai juara pada LI I tahun 1995. Berarti sudah dua belas tahun Persib tidak juara lagi. Terus terang, saya sudah sangat rindu akan gelar juara. Saya berharap, tahun ini Persib bisa mengobati kerinduan saya itu,” kata Dada, dalam berbagai kesempatan menghadiri acara-acara yang digelar Persib.

Harapan yang sangat wajar dari seorang ketua umum. Apalagi, pada kesempatan lain, Dada sempat mengungkapkan, paling tidak ia ingin menyaksikan Persib tampil minimal sekali pada masa tugasnya sebagai Wali Kota Bandung. Karena masa jabatannya akan berakhir tahun depan, jadi hanya tahun ini menjadi kesempatan terakhir bagi Persib untuk mewujudkan harapan ketua umumnya itu.

Pantas kalau kemudian Dada pun memberikan keleluasan kepada manajemen tim dan pelatih menentukan pilihan pemain-pemain yang dibutuhkannya menuju tangga juara. Soal dana besar yang dibutuhkan Persib untuk belanja pemain, Dada pun mendukung sepenuhnya. Bahkan, ketika Departemen Dalam Negeri (Depdagri) melarang bantuan keuangan dari APBD untuk klub, Dada paling ngotot menentang kebijakan itu. “Kita siap mundur dari kompetisi jika bantuan keuangan dari APBD dilarang,” katanya.

Musim pertaruhan

Harapan dan dukungan besar Dada, tentu saja menjadi tantangan besar buat duet Manajer, H. Yossi Irianto dan pelatih Arcan Iurie Anatolievici yang kembali dipercaya menakhodai kapal bernama Persib ini. Kedua orang yang dianggap gagal menghadirkan prestasi pada kesempatan pertamanya di LI XII/2006 dituntut untuk menjawab kepercayaan Dada kepada mereka.

“Bagi saya dan Iurie, kesempatan kedua yang diberikan ketua umum ini menjadi sebuah kepercayaan besar yang harus dijawab dengan prestasi. Belajar dari kegagalan musim lalu, kesalahan-kesalahan yang dilakukan tahun lalu tidak boleh terulang. Saya tidak mau terjerumus ke dalam lubang yang sama,” kata Yossi.

Karena menilai kegagalan Persib musim lalu diakibatkan oleh keterlambatan dalam perekrutan pemain berkualitas, jauh sebelum LI XIII/2007 bergulir, Yossi sudah melakukan perburuan pemain yang direkomendasikan pelatih. Hasilnya, Patricio Jimenez Diaz (Cile), Lorenzo Cabanas (Paraguay), Christian Bekamenga, Nyeck Nyobe Georges Clement (Kamerun), Suwita Pata (PSIS), Nova Arianto (Persebaya), Aji Nurpijal (Mitra Kukar), Sonny Kurniawan (Persija), Tema Mursadat (Persikota), dan Bayusuta (Persema) berhasil dibumikan. Pemain anyar tersebut melengkapi skuad lama yang masih dipertahankan seperti Redouane Barkaoui (Maroko), Erik Setiawan, Eka Ramdani, Salim Alaydrus, Zaenal Arief, Yaris Riyadi, dan Cucu Hidayat.

“Pemain-pemain yang direkomendasikan, hampir semuanya didapat. Saya berharap, ini akan menjadi kekuatan Persib untuk menebus kegagalan musim lalu,” kata Pelatih Persib, Arcan Iurie Anatolievici. “Seperti pelatih yang lain, saya juga ingin membawa Persib juara,” tambah pelatih asal Moldova ini.

“Saya sangat penasaran dengan Persib. Untuk menuntaskan kepenasaran itu, saya rela bertahan di tim ini. Saya berharap, tahun ini Persib bisa juara,” timpal Erik Setiawan.

Boleh jadi, apa yang diungkapkan Erik mewakili harapan para pemain Persib lainnya. Harapan akan kebangkitan Persib juga menjadi milik semua bobotoh dan publik sepak bola Bandung. Jadi, tidak ada pilihan lain, semangat kebangkitan yang diusung Persib pada musim ini, harus benar-benar diwujudkan.

GALAMEDIA

26 Balasan ke Saatnya Bangkit, Persib!

  1. grt mengatakan:

    buat persib dan officialnya saatnya skarang untuk kalian bangkit,jngan takut ama lawan,kendalikan emosi dan jangan mdah terpropokatori ma lawan jdilah tim yang solid,kmi bobotoh siap mendukungmu kapaa dan di mana jayalah persibku

  2. Qmonk Viking Unpas mengatakan:

    Meskipun kau ku tinggalkan, kau selalu dihatiku!!!!!!!!!!! ku tunggu kau untuk menggenggam dan merebut kembali juara, kehormatan dan kebanggaan ke tanah Pasundan.. Hatiku Biru, Jiwa ragaku biru satu untukmu WAHAI PERSIBKU……….
    jangan kau ragu kami bobotoh dari seantero Bandung, Jawa barat dan seluruh pendukung yang menyebutmu, akan selalu dibelakangmu………………

  3. amoer mengatakan:

    no comment, so what gitu loh

  4. jang mengatakan:

    URANG MAH HAYANG PONARYO ASTAMAN DI TENGAH TEH…!!!
    ALUS LAMUN DIDUETKEUN JEUNG CABANAS DI TENGAH….!!!
    KOMO LAMUN DITAMBAHAAN KU JAVIER ROCHA….!!!

  5. jang mengatakan:

    SI DICKY FIRASAT JEUNG BARKAOEI KUDU NYINGKAH TI BANDOENG….!!!!
    ANJRIT MAENNA GORENG PISANNN!!!!

  6. jang mengatakan:

    CABANAS, ZAENAL ARIEF, PATRICIO GIMENEZ, BECKAMENGA, GILANG ANGGA, ERIK SETIAWAN, SALIM ALYDRUS, SARENG TEMA MURSADAT.

    MEREKA ADALAH NYAWA PERSIB, SEANDAINYA MEREKA TIDAK ADA, MAKA PERSIB BUKANLAH SEBUAH TIM SEPAKBOLA.

    PERSIB ULAH MEULI CHITESCU, SABAB GORENG…PISAANNNN.

    LAMUN MEULI PEMAIN KUDU SING BENER HEULA TETEMPOAN TEH…!!!

    CEUK URANG MAH MENDING MEULI PEMAIN LOKAL NU ALUS CONTONA PEMAIN PERSIK KENDAL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: