Persib Sudah Banyak Mengalami Kemajuan


By: Risnandar

WALAU tak meraih gelar, bahkan gagal maju ke final, gara-gara dijegal tuan rumah PSM Makassar, kita, para bobotoh sejati Persib, tidak perlu larut dalam kekecewaan. Begitu juga soal wasit, yang kerap merugikan Suwita Pata dkk., sudah saatnya dilupakan. Lebih baik mari kita melihat ke depan. Toh Turnamen Piala Jusuf, bukan event resmi. Jauh lebih penting mengejar prestasi di kompetisi nanti (Liga Indonesia dan Piala Indonesia).

Satu hal yang membuat kita pantas agak bergembira, dua kali tampil di Piala Jusuf, Persib telah memperlihatkan perkembangan berarti. Jelas terlihat adanya kemajuan. Baik secara tim, maupun setiap individu pemain.

Secara tim, skema permainan mulai membentuk. Kerja sama antarlini semakin terjalin. Memang masih jauh dari maksimal, tapi sudah ada koordinasi. Satu sama lain, dari lini ke lini, tidak lagi terpecah-pecah. Misalnya, seperti ketika berhadapan dengan Timnas Piala Asia, terutama di babak kedua.

Secara individu, beberapa pemain mengalami kemajuan signifikan. Di depan, Bekamenga semakin rajin melibatkan diri dalam permainan. Dia tidak lagi hanya mau terima bola bersih di depan gawang. Kemampuannya melewati lawan, juga mulai keluar.

Sayang sekali, karena fisik dan karakternya, dia tetap lebih tepat berperan sebagai eksekutor. Karena itulah, dukungan maksimal dari lini kedua, harus terus ditingkatkan, khususnya dari kedua rusuk. Harus lebih banyak lagi bola-bola crossing, memanfaatkan kelebihan postur dan feeling heading-nya.

Pemain lainnya yang menunjukkan kemajuan adalah Nyeck Nyobe Georges. Kurang galak dan lugas, tapi selalu bermain fokus dan total. Daya intersepnya juga bagus. Tinggal terus diberi pengarahan, dia bakal menjadi idola baru bobotoh. Gaya dan tongkrongannya mirip-mirip bintang klub Bandung Raya, Olinga Atangana.

Saya juga kembali terkesan penampilan Barkoaui. Sebagai tandem Bekamenga, dia paham betul bagaimana seharusnya menjalankan peran utamanya. Golnya ke gawang PSM, setidaknya menunjukkan nalurinya kembali tajam. Namun, seperti pernah saya kemukakan, tim pelatih bersama-sama dokter tim, mungkin perlu menangani kondisi fisiknya secara khusus. Jangan sampai di tengah-tengah kompetisi, kembali ada masalah.

Pujian khusus tentunya, pantas diberikan kepada Nova Arianto. Dia jeli melihat celah, selain pandai menghitung timing. Semoga terus berlanjut, hingga kompetisi digelar. Ketika kemampuan menjebol gawang musuh mandeg, apa yang dilakukan Nova, akan sangat membantu.

Pujian sama juga pantas diberikan kepada Lorenzo Cabanas, terutama kemampuan dia mengambil bola-bola mati (set-piece). Saya kira dengan kemampuan seperti itu, Arcan Iurie tak perlu ragu memberikan kepercayaan kepadanya. Jangan lagi ada kejadian, para pemain berebut mengambil bola-bola free-kick. Tingal meningkatkan staminanya, Cabanas bakat menjadi pemain berharga buat Persib.

Namun, betapa pun latihan berupa drilling, harus terus ditingkatkan. Salah satu kelemahan Persib pada musim lalu, tidak adanya pemain berkemampuan memanfaatkan bola-bola mati. Kini, Persib punya!

Saya juga lagi-lagi merasa perlu memberi catatan kepada Patricio Jimenez. Tak perlu diragukan, Jimenez termasuk pembelian paling berharga. Dia adalah pemain cerdas. Saya yakin, akan menjadi salah satu pemain menonjol di Liga Indonesia mendatang. Soal blunder saat lawan Persija, yang hampir berakibat fatal itu, rasanya tidak mengurangi nilai plus penampilannya secara keseluruhan.

Saya juga kembali ingin mengatakan, jangan karena kebiasaan showing-nya, lantas mengurangi kepercayaan pelatih. Apalagi, memintanya untuk tidak melakukannya sama sekali. Lebih baik manfaatkan semua kelebihan. Ingat, dia pandai sekali membaca permainan. Selain itu, umpan-umpan panjangnya cukup akurat.

Tinggal rekan-rekannya saja lebih mengerti karakternya. Setiap dia menguasai bola, semua pemain senantiasa harus mengantisipasi kebiasaannya. Namun, dengan kemampuan skill Nyeck dan Nova, asal jangan sampai lengah, rasanya mereka bisa bekerja sama.

Selain terlihat banyak kemajuan, tim Persib masih memiliki beberapa kekurangan. Antara lain belum maksimalnya fungsi kelima gelandang. Namun, masih ada waktu. Pelatih tentu lebih tahu, apa yang harus dilakukan. Selebihnya, mari terus kita dukung Persib!***

PIKIRAN RAKYAT

4 Balasan ke Persib Sudah Banyak Mengalami Kemajuan

  1. mamang.. dulur PERSIB ti Balikpapan mengatakan:

    Bageeuuss.. setuju kang Ris, pertahankan ah PERSIB ! salam hangat dari timur pulau borneo.. cheers.

  2. Vikers di Jogja mengatakan:

    Aduh,.. Maca Komentar Kang Risnandar mah,, Meni leres pisan klop kana hate teh…
    Emang,, da kamari sabenerna teh PERSIB teh lain eleh..tapi embung meunang.. Naha sok!! Da hadiahna bapak jusuf kalla….. Jang naon ah!! Mun hadiahna Stadion anyar mah sigana kamarige moal eleh….
    Nu eleh mah ngan skorna….
    Tapi ai Permainanamah .. Nya jelas Meunang Persib….
    Apa Arti Sebuah Angka………
    Yang Penting….PERSIB>>>>>>>>>

  3. easy bizy yoi doi toi"i mengatakan:

    salud lah kanggo kang ris………!!!

  4. Sumardi mengatakan:

    heu heu heu….Kang RISNANDARmah paling Jago kalo jadi komentator…saluto bwat risnandar atas KomentNya…semoga memberikan Aplusan yang Positif….Persib JUARA di Liga 13…catat tuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: