Persib Harus Melakukan Perubahan


KALAU saja tendangan chip Barkaoui tidak membentur tiang gawang, kemudian bola serudukannya tidak terlalu kencang, sehingga lepas dari kontrolnya, padahal gawang Persija sudah kosong melongpong, kemenangan “bersejarah” akan dicatat Persib. Peluang emas lainnya, ketika Bekamenga memenangkan duel lawan salah seorang defender Persija di dalam kotak penalti. Sayang, selain tepat ke arah kiper Evgeni Chmaruc, bola drive-nya terlalu lunak.

Salah satu kelemahan Bekamenga, dia kurang memiliki tendangan keras. Gaya eksekusinya cenderung mengandalkan placing. Tapi, kita patut bergembira, saat lawan Persija kemarin, Bekamenga mau bekerja lebih keras. Dia rajin melibatkan diri dalam proses serangan, tidak hanya terima bola bersih di pintu gawang. Kemampuannya melewati lawan, juga cukup bagus. Sepak bola masa kini, memang menuntut setiap pemain bisa multifungsi.

Walau belum lagi mencetak gol, bersama rekan duetnya Barkaoui, kita pantas memberinya apresiasi. Terutama usaha kerasnya selama pertandingan. Barkaoui misalnya, begitu rajin bergerak ke setiap arah, termasuk sesekali turun menjemput bola dari bawah. Sayang, kondisi fisiknya sepertinya belum fit benar. Kelihatan sekali dia masih takut-takut berbenturan badan dengan lawan. Mungkin perlu perhatian agak khusus dari dokter tim dan pelatih fisik.

Lepas dari kekurangan lawan, secara keseluruhan, penampilan Suwita Pata dkk. menunjukkan peningkatan berarti. Selain lini depan, sedikit pujian juga pantas diberikan kepada trio belakang Nyeck-Jimenez-Nova. Kecuali blunder nyaris fatal Jimenez di penghujung babak kedua, selebihnya mereka sudah tampil bagus.

Barangkali Jimenez masih perlu diingatkan, selain kondisi lapang di Indonesia, tidak semulus di luar negeri, jangan menganggap semua rekannya memiliki skill sehebat dia. Namun, memintanya agar menghilangkan sama sekali aksi showingnya, hanya akan membuat permainannya kurang lepas. Harus diingat, justru di sanalah kelebihan Jimenez. Tinggal bagaimana memanfaatkan kelebihan skill dan visinya.

**

GILIRAN Persib tampil to be or not to be. Sebab seri atau kalah berapa pun, hasilnya sama saja angkat koper. Hanya sedikit di atas Persija, kekuatan tuan rumah PSM, juga tidak terlalu istimewa. Akan tetapi, Persib sendiri sebaiknya tidak terlalu memikirkan lawan. Biarkan mereka mau bermain seperti apa. Yang terpenting Persib bermain sesuai modal kemampuan yang ada. Tampillah dengan pola dan karakter sendiri.

Perubahan kecil mungkin perlu dilakukan. Dari penampilan Persib lawan Persija tempo hari, tampak sekali andil lini tengah jauh dari maksimal. Itulah antara lain yang membuat duo Ba-Be di depan, kurang mendapat suplai bola calon gol. Terutama umpan-umpan silang dari sayap. Padahal, terutama Bekamenga, kedua striker kita memiliki kemampuan bagus dalam bola-bola atas.

Di rusuk kiri, peran Erik lumayan bisa menunjang daya serang tim. Beberapa kali dia berhasil melakukan akselerasi bersama bola, hingga mendekati garis gawang dan kotak penalti lawan. Jika pun masih ada kekurangan, passing akhirnya harus terus diasah.

Sayang sekali hal serupa kembali gagal diperlihatkan Sonny Kurniawan. Seperti ketika lawan timnas, lagi-lagi dia menjadi kartu mati. Anehnya Arcan Iurie terus memainkannya. Pergantian Sonny dengan Gilang, sudah benar-benar terlambat.

Itulah perlunya Persib melakukan perubahan, dalam upaya mengejar hasil maksimal sore ini. Mumpung bukan (belum) event resmi, agar lini tengah Persib lebih produktif, Arcan Iurie harus berani menampilkan komposisi alternatif. Perubahan di sektor vital itu juga dibutuhkan, agar sistem pertahanan lima gelandang (3-5-2) Persib lebih kokoh. Dan tidak hanya mengandalkan kerja keras trio Nyeck-Jimenez-Nova plus Suwita.Semoga.***

OLEH: Risnandar

PIKIRAN RAKYAT

Satu Balasan ke Persib Harus Melakukan Perubahan

  1. Biho mengatakan:

    hanjakal pisan pamaen ribut jeung wasit :(

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: