Persib Harus Berani Main Terbuka


Sebagai upaya agar dapat lolos ke final Turnamen Sepak Bola “Piala Jusuf XII/ 2007”, tim pelatih Persib Bandung harus berani mengubah pola 3-5-2 menjadi 4-4-2, saat berduel dengan tuan rumah PSM Makassar pada pertandingan penyisihan Grup di Stadion Andi Mattoangin Makassar, Kamis (11/1).

“Harapan untuk lolos ke final belum tertutup. Untuk bermain lebih terbuka dan kreatif dalam serangan, Persib sebenarnya bisa lebih mengoptimalkan pola permainan 4-4-2. Ini perlu dilakukan, agar lini depan Persib yang ditempati (Redouane) Barkaoui dan (Christian) Bekamenga lebih leluasa menjebol gawang lawan,” tegas mantan pemain Persib era ’90-an, Dede Iskandar saat dihubungi “GM”, Rabu (10/1).

Dijelaskan Dede, bukan tanpa alasan kalau Pelatih Persib, Arcan Iurie Anatolievici menggunakan pola 4-4-2 dalam pertandingan penentuan nanti. Menurutnya, dengan mengubah pola tersebut, praktis bakal ada pergeseran, sekaligus materi pemain yang tampil, terutama untuk posisi winger Persib.

Dengan 4-4-2, Dede menilai kreativitas serangan bisa dioptimalkan dari Yaris Riyadi dan Salim Alaydrus untuk menjadi starter. Dikatakannya, kedua pemain tersebut memiliki mobilitas serangan dan bertahan yang cukup baik. Khusus untuk menyerang, katanya, baik Yaris maupun Salim memiliki crossing bola-bola atas yang akan menjadi santapan Bekamenga atau Barkaoui.

“Baik Barkaoui maupun Bekamenga sebenarnya tipikal striker yang pintar mencari posisi. Pada pertandingan pertama, serangan Persib agak monoton sehingga bola sering tertahan di lawan. Tetapi, kalau pelatih lebih berani menurunkan Yaris dan Salim, saya rasa lini depan Persib tidak lagi kesulitan mencetak gol,” tambahnya.

Jangan gentar

Menyoroti permainan tuan rumah, Dede menyarankan agar para pemain Persib tidak gentar. Justru sebaliknya, Suwita Pata dan kawan-kawan harus tampil lepas agar irama permainan bisa dikendalikan Persib. Selain itu, Persib juga harus pintar membaca situasi karena tuan rumah memikul beban yang cukup berat, meski dalam pertandingan terakhir pada penyisihan hanya membutuhkan hasil imbang.

“Dengan mobilitas serangan yang lebih kreatif dari Persib, saya rasa lawan pun akan tertekan. Saya menilai lawan tidak tampil terlalu istimewa. Justru mereka akan menanggung beban berat dalam partai nanti. Dalam hal ini, pemain pun harus bisa memanfaatkan dengan baik, meski harus menghadapi tekanan puluhan ribu penonton tuan rumah,” lanjutnya.

Namun, Dede merasa pesimis kalau taktik dan strategi permainan Persib pada pertandingan perdana lalu terulang kembali saat melawan PSM. Untuk itu, katanya, Persib harus tampil lebih berani dan menyerang sejak menit-menit awal pertandingan.

GALAMEDIA

3 Balasan ke Persib Harus Berani Main Terbuka

  1. bluemonsta mengatakan:

    Punten ka abah Kidang Pananjung. mun komentar ulah nu teu bermutu kitu, da iyeu teh situs keur kamajuan Persib. Emang artikel2 na katingali teu sarius kitu? Ah ceuk saya mah sarius. Jadi tolong klo buat komen klo bisa yg rada membangun buat Persib. Sapa tau ada pengurus/manajemen yg membaca. Punten ah Bah.

  2. Kidang Pananjung mengatakan:

    Ni ngali bekamenga perminana biasa bae, cek abahmah cobaan kontak shavchenko kan rek dilego, atawa pelatih arcan di ganting ku Agus Hiddink, masalah mayarna mah bisa bae seluruh warga jawa barat sina udunan per orang Rp. 5000/bulan, pasti cukup kerur ngagajihnamah

  3. tedy prima mengatakan:

    hai PERSIB…pokona mah Persib kudu menang ngalawan PSM……..Cayoo PERSIBKU…ka beck tong di ulinan teuing, palaur ningaling…langsung wae tapuk satarik tarik na keyzzz…..SEMANGAT…aing dukung….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: