Perlu Jenderal Lapangan Tengah


Mantan pengatur serangan Persib, Yusuf Bachtiar, mengatakan saat ini di Persib belum ada pemain yang berperan sebagai jenderal di lapangan tengah yang bisa dengan cepat mengubah situasi permainan. Pada saat Persib tertekan, hampir semua pemain kehilangan inisiatif melakukan perubahan situasi.

“Dalam situasi tertekan, sebaiknya ada pemain yang berani melakukan aksi individu, melakukan kerja sama satu dua sentuhan, atau memperlambat atau mempercepat tempo permainan. Hal ini untuk mengacaukan konsentrasi pemain lawan saat sedang menguasai permainan,” ujar Yusuf, Kamis (4/1) kemarin ketika dimintai pendapatnya soal penampilan Persib melawan Timnas dua hari lalu.

Salim Alaydrus sebenarnya sudah berupaya mengubah permainan Persib. Ia beberapa kali mencoba melakukan aksi individu melakukan dribbling bola cepat. Namun, karena pemain timnas selalu bisa merebut bola, Salim menjadi frustasi sendiri. Sementara pemain lain, kurang berani memperlihatkan aksi individu, sehingga permainan Persib menjadi monoton.

Kendati begitu, dari sisi lain Yusuf melihat, pemain Persib masih dilanda kelelahan karena baru selesai mengikuti program latihan fisik. Oleh karena itu, dia berharap permainan Persib saat berhadapan dengan timnas, bukan penampilan Salim Alaydrus dkk. yang sesungguhnya.

“Mudah-mudahan saja hal itu akibat dari perubahan program. Setelah latihan fisik, pemain pasti kelelahan. Untuk menyetabilkan kondisi pemain perlu waktu. Tapi, saat kondisi belum pulih, mereka melakukan uji coba,” ujarnya.

Menurut dia, waktu sisa satu bulan cukup untuk membentuk kerangkan tim yang lebih baik lagi. Persib membutuhkan banyak uji coba atau latihan game untuk meningkatkan komunikasi dan kerja sama.

Sementara Pelatih Persib, Arcan Iurie Anatolievici, mengatakan, pemain tidak bermain lepas, sehingga mereka merasa takut melakukan aksi individu. Pemain sudah tahu yang dihadapi adalah timnas yang bermaterikan pemain berkualitas.

PIKIRAN RAKYAT

2 Balasan ke Perlu Jenderal Lapangan Tengah

  1. bluemonsta mengatakan:

    Nantikan Roh Persib Eka Ramdani berbaju biru.
    alow kang weezer kumaha damang?

  2. weezer_persib mengatakan:

    betulll…
    mudah” an..sekembalinya eka ramdani dari TImnas…membuat lini tengah PERSIB semakin solid…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: