Cemoohan ”Bobotoh” bukan Halangan


SATU gol dan sebuah assist pemain sayap kanan timnas Indonesia, Atep, cukup untuk membuat para bobotoh yang sombong dan mencercanya sepanjang pertandingan terdiam. Teriakan-teriakan kasar bobotoh mulai saat pemanasan dan sepanjang permainan ditanggapi pemain muda asal klub UNI Bandung itu secara dewasa dan tenang.

Kendati mengaku sempat tidak enak dengan hinaan-hinaan yang datang kepadanya, pemain yang kini membela Persija itu bisa menunjukkan kematangan mental bertandingnya. Ia membuktikan, berada di bawah tekanan seberat apa pun, bisa dilaluinya dengan baik bahkan teramat baik untuk seorang pemain semuda dirinya yang baru menginjak usia 21 tahun.

Ia seolah tidak peduli dan bisa bermain lepas. Gocekan bola dan skill individunya cukup merepotkan pertahanan Persib dan beberapa kali terpaksa dijatuhkan. Kemampuan yang memperlihatkan kualitas seorang Atep yang memang pantas menjadi pilihan Pelatih Peter Withe untuk mengisi posisi sayap kanan timnas saat ini.

“Saya menjadikan teriakan-teriakan penonton itu sebagai motivasi untuk tampil lebih baik. Tidak ada rasa sakit hati di diri saya. Saya senang karena timnas menang dan bisa mencetak gol bagi timnas kali ini,” kata Atep, yang justru sibuk menerima permintaan tanda tangan seusai pertandingan dari para bobotoh dan memintanya bisa membela Persib musim depan.

Pemain yang pernah membawa Persib Junior juara itu mengatakan, secara permainan, timnas sudah mulai padu. Gol yang tercipta juga berkat kerja sama seluruh tim. “Gol ini saya persembahkan buat Zaenal Arif yang berulang tahun hari ini,” ujar Atep.

Tentang Persib, Atep tidak berkomentar banyak dan hanya mengatakan penampilan “Maung Bandung” sudah bagus. Mengenai tidak jadinya ia membela Persib musim ini, Atep mengatakan secara mental dirinya belum siap kembali ke Bandung.

“Tekanan bobotoh di sini sangat besar dan saya masih belum siap untuk itu. Saat ini lebih baik saya masih bermain di luar menimba pengalaman. Mudah-mudahan tahun depan saya bisa bergabung dengan Persib,” ujar Atep, yang mengaku mendapat banyak pelajaran dari pelatihnya di UNI, Yusuf Bachtiar dan Ana Sutisna.

Tentang obsesinya ke depan, Atep mengatakan, untuk jangka pendek ia ingin tampil lebih baik pada Piala AFF (sebelumnya Piala Tiger) mendatang. Jika bisa, ia ingin membawa Indonesia tampil sebagai juara untuk pertama kalinya pada ajang tersebut.

PIKIRAN RAKYAT

8 Balasan ke Cemoohan ”Bobotoh” bukan Halangan

  1. atep mengatakan:

    saya sedih melihat bobotoh yang ngga berjiwa besar, memalukan

  2. z41ni mengatakan:

    Naha jadi nghina si Atep, da ceuk urang mah emang geus alus, wajar mun si atep rada kecewa ka PERSIB da baheula pernah dikecewakeun ku managemen persib. tah engke mah tonk nepi ka kitu. da geus jadi kabiasaan atuh pemaen ngora persib maen di luar jadi alus, geus kolot balik ka persib.

  3. qalbusalim mengatakan:

    *INORMASI PENERBANGAN GRATIS AL-JENAZAH AIRLINES LAYANAN PENUH 24 JAM*
    coba buka http://qalbusalim.wordpress.com/2007/01/07/al-jenazah-airlines/

  4. VIKERS JABOTABEK mengatakan:

    kumaha siatep teh , dipersija kalahka bangga ngerakeun urang sunda,dasar penghianat

  5. Tom-Delonge*BDG mengatakan:

    karek ge nga gol keun hiji mun tilu karek tah ngarayakeun na jiga kitu

  6. weezer_persib mengatakan:

    cepat atau lambat..
    atep pasti bergabung dengan PERSIB..

  7. dulur PERSIB ti balikpapan mengatakan:

    pelajaran buat managemen PERSIB, untuk lebih jeli melihat bibit2 unggul hasil binaan kompetisi intern PERSIB. Lebar pisan atuh pemain alus siga Atep.. ti awal dibina di PERSIB tapi naha ngabela team batur.. yaaa mudah2 weh tiasa gabung sareng PERSIB di taun payun.. amien.

  8. otto mengatakan:

    rada legeg euy ngarayakeun gol na…siga lain urang bandung wae…ngan wajar sih kitu ge, sualna under pressure pisan ti bobotoh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: