Persib vs Timnas: Uji Mental Pemain


Mental skuad Persib kian diuji dengan mengikuti uji coba melawan tim nasional (timnas) di Stadion Siliwangi, Bandung, Rabu (3/1). Kendati Persib hanya memiliki waktu empat hari untuk mempersiapkan Piala Jusuf di Makassar, tim asuhan Arcan Iurie Anatolievici ini justru mendapat kesempatan melihat kerja keras latihan mereka selama ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Manajer Persib, H. Yossi Irianto di Wisma Puscadnas, Jln. Bali, Bandung, Selasa (2/1). Sebagai salah satu pihak ofisial, Yossi menuturkan, ia membebaskan pemain dari lilitan target untuk bertanding kali ini.

“Bukannya apa-apa, saya ingin mereka bermain dengan lepas sehingga tidak takut kalah. Salah satu upaya untuk menilai dan meningkatkan kemampuan Persib melalui uji coba. Terlebih untuk tahun ini, kami belum mengalami uji coba yang memenuhi standar,” kata Yossi.

Dengan melawan timnas, Yossi berharap Persib kian mampu mengkaji kemampuannya dan melihat kelemahan-kelemahan mereka sebelum ikut dalam kompetisi LI XIII/2007.

“Besok (Rabu 3/1) adalah perang strategi. Saya berharap baik Persib maupun timnas mampu bermain maksimal. Karena pemain adalah aset negara. Kemampuan tim tidak dilihat dari kualitas dan kuantitasnya melainkan dari kolektivitas,” katanya.

Melihat lawan tanding Persib kali ini, Yossi secara tidak langsung memuji ketangguhan tim asuhan Peter Withe tersebut. “Bahkan saya lihat partai besok lebih seru dibandingkan partai di Makassar mendatang, karena Persib akan bertanding melawan pemain-pemain yang lebih berkualitas,” tambah Yossi.

Meski demikian, Yossi tak beranggapan bahwa kemampuan pemain Persib kini masih jauh berada di bawah pemain timnas. Berdasarkan pengalaman Persib melakukan uji tanding di Ciamis beberapa hari lalu, ia menambahkan, penampilan Bekamenga dkk. mau tak mau sedikit menurun akibat faktor lapangan.

“Kami lihat saat uji coba waktu itu, lapangan becek terkena air hujan. Otomatis, pemain kurang dapat bermain dengan baik. Banyak ola pendek yang ditampilkan dengan jelek,” ungkap Yossi.

pikiran rakyat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: