“Piala Yusuf” Jadi Tolok Ukur


Laga Persib Bandung pada “Piala Yusuf” di Makassar, 7-14 Januari mendatang akan dijadikan tolok ukur bagi kekuatan Persib pada musim Kompetisi Liga Indonesia (LI) XIII/2007. Pasalnya, secara kualitas tim peserta Piala Yusuf merupakan tim yang sepadan dengan Persib, seperti Persija, Arema Malang, Persita maupun tim elite lainnya yang berada di wilayah timur.

Hal itu disampaikan manajer Persib, H. Yossi Irianto kepada wartawan di Wisma Puscadnas, Jln. Bali Bandung, Kamis (28/12). “Pertandingan nanti akan dijadikan ukuran standar dalam pencapaian target Persib. Selain mengukur kulitas pemain Persib, juga mengukur kekuatan tim lawan yang menjadi pesaing Persib pada liga mendatang,” ungkapnya.

Kendati keikutsertaan Persib tidak dibebani target seperti yang disampaikan Ketua Umum Persib, H. Dada Rosada pada Rabu (27/12), namun laga nanti pastinya menjadi kesempatan bagi Arcan Iurie cs untuk memaksimalkan evaluasi. Jika melihat hasil dari beberapa kali uji coba, Yossi menilai baru dua pertandingan yang mengundang gereget, salah satunya saat melawan Persikab Kab. Bandung. Dikatakannya, kekuatan Persib selama ini masih belum teruji. Kemenangan Persib dalam beberapa kali uji coba karena lawan yang dihadapi merupakan tim yang tidak sepadan.

“Saya berharap Persib bisa bermain maksimal di Piala Yusuf. Kami akan melakukan evaluasi, baik dalam posisi menang, apalagi kalah. Saya melihat daya main pemain tinggi dan punya motivasi lebih menghadapi Piala Yusuf,” katanya.

Ia menambahkan, pada pertandingan nanti kita bisa melihat sejauh mana sistem latihan fisik dan teknik yang diterapkan pelatih. Kehebatan tim bukan melihat menang atau kalah, tetapi melihat sejauh mana determinasi dan kerja sama dapat terjalin sesama pemain.

Setelah menjalani pemusatan latihan seminggu di Pangandaran, Yossi memuji Suwita Patta dan kawan-kawan telah mengalami banyak peningkatan. Di antaranya kerja sama, komunikasi antarpemain, kondisi fisik serta mulai solidnya lini belakang. Yossi yang memantau langsung program latihan memaparkan, saat ini pelatih membagi pemain Persib menjadi dua lini. Pertama lini penyerangan dan kedua lini pertahanan.

“Saya melihat dengan adanya pembagian pemain di dua lini maka pemain menjalankan tugasnya sesuai dengan posisinya masing-masing. Saya sudah melihat strategi itu saat uji coba Persib di Pangandaran dan pemain sudah menjalankannya dengan baik. Misalnya, pemain lini belakang sudah tidak ingin maju lagi ke depan,” katanya.

Yossi menyebutkan, kemajuan lainnya yang tampak dari hasil TC kemarin, yaitu uji coba beberapa opsi dalam rotasi pemain. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi awal jika sewaktu-waktu ada pemain yang cedera.

Setelah pulang dari Makasar, rencananya Persib Bandung kembali akan berlaga dalam pertandingan yang bertajuk “Kang Dada Cup” pada 20-25 Januari. Yossi menyebutkan, beberapa tim yang sudah menyatakan keikutsertaanya di antaranya PSIS Semarang, Persita Tangerang, dan Persikota. Pertandingan diperkirakan berlangsung selama 3-4 hari. Sehingga Persib masih mempunyai jeda 2 minggu untuk recovery menghadapi pertandingan liga yang sesungguhnya pada Februari mendatang.

GALAMEDIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: