Siliwangi Banyak Kekurangan


Stadion Siliwangi yang rencananya akan dipakai sebagai home ground Persib, ternyata masih banyak kekurangan yang mesti diperbaiki. Hal ini terungkap saat Badan Liga Indonesia (BLI) melakukan pemantauan langsung ke kandang Persib, Stadion Siliwangi, Rabu (27/12).

Wakil dari BLI, Darwis Satmoko sebagai Administrasi Kompetisi memaparkan, fasilitas Stadion Siliwangi yang mesti segera disediakan oleh panpel di antaranya kelengkapan ruang ganti pemain. Darwis menyebutkan, semestinya di ruang ganti pemain disediakan loker dan shower. Saat ini yang tersedia baru kamar mandi, tetapi tidak dilengkapi shower.

“Di samping itu, tempat duduk penonton juga masih berupa beton, untuk itu agar penonton merasa lebih nyaman alangkah bagusnya tempat duduk terbuat dari fiber glass. Kelengkapan lain yang perlu disediakan yaitu papan pencatat skor saat ini masih manual, seharusnya sudah dibuatkan yang otomatis pada liga mendatang,” tutur Darwis kepada wartawan.

Ia melanjutkan, beberapa kelengkapan stadion yang perlu ditambah di antaranya ruang konferensi pers, ruang transit VVIP penonton, dan pintu evakuasi jika sewaktu-waktu terjadi keadaan yang darurat bagi penonton. Selain itu, Darwis pun menyoroti tempat duduk bagi pers atau media yang meliput pertandingan.

“Media mempunyai peran yang cukup penting dalam perkembangan sepak bola Indonesia. Untuk itu kenyamanan teman-teman (wartawan, red) yang meliput, baik cetak maupun elektronik patut juga diperhatikan. Misalnya bila ditempatkan di ujung tribun VIP, proses peliputan cukup terganggu jika datang hujan. Maka pada liga sekarang diusahakan panpel menyediakan tempat yang lebih baik,” paparnya.

Mengenai kondisi lapangan, Darwis menilai rumput dan tekstur tanah cukup memadai. Hanya saja di daerah depan gawang rumput sedikit bergelomabang dan berpasir. Selain itu drainase pun masih kurang, dikhawatirkan ini akan menjadi kendala jika sewaktu-waktu hujan datang karena Kompetisi Liga Indonesia XIII/2007 berlangsung di musim penghujan.

“Kami akan melaporkan kondisi Stadion Siliwangi sesuai pengamatan di lapangan. Apakah nantinya layak atau tidak untuk dipakai pada pertandingan liga, akan diputuskan berdasarkan rapat jajaran pengurus yang di atas. Kemungkinan dalam satu minggu ini sudah bisa diputuskan,” tambahnya.

Terlepas rekomendasi penggunaan Stadion Siliwangi pada kancah LI XIII/2007, Darwis memastikan kondisi Stadion Siliwangi seperti sekarang belum bisa dipakai untuk level pertandingan sekelas Super Liga 2008.

Menanggapi berbagai kelemahan Stadion Siliwangi, Ketua umum Persib Dada Rosada menegaskan agar segala kelemahan dan kekurangan segera diperbaiki dan dilengkapi oleh panpel.

“Sebisanya kita memperbaiki kelemahan yang ada di Stadion Siliwangi yang akan kita pakai. Nanti saya meminta kepada panpel untuk segera memperbaikinya,” katanya.

Dada mengakui untuk pertandingan liga, Stadion Siliwangi memiliki banyak kelemahan. Untuk itu Persib membutuhkan Stadion yang baru dan akan segera direalisasaikan.

“Memang Stadion Siliwangi memiliki kekurangan, begitu juga dengan Si Jalak Harupat. Melihat ini mudah-mudahan pada 1 Maret 2007, kita akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan stadion baru yang representatif di kawasan Gedebage,” ujarnya.

GALAMEDIA

3 Balasan ke Siliwangi Banyak Kekurangan

  1. wiwid widiana mengatakan:

    kanggo pak dada…. leres pisan BLI teh. stadion siliwangi masih keneh seueuer kakirangana. stadion siliwangi teh masih kirang badag, kirang mirah tiket na, kirang raoseun jukut na, kirang ageung gawang na (supaya persib gampil nyeploskeun bola ka gawang lawan, tapi kade, gawang persib oge janten gampil kabobolan, sanes kitu?). komo deui upami nenjo tribun penonton mah, asa waas pisan. tapi sakumaha ancur na oge siliwangi teh masih tetep janten kandang maung. pokona mah hidup maung !

  2. Benny mengatakan:

    From Benny, Gg. Mukalmi I No. 56/86
    Saya suka kesel kalo liat pertandingan PERSIB di Siliwangi pabaliut PANPEL cuman bisa bilang “itu diluar dugaan”. Sebetulnya semua bisa dirancang sebaik mungkin kalo “MAU”, untuk itu saya kasih saran terutama buat PANPEL biar pertandingan PERSIB tidak kacau :

    1. Selalu ada BIG SCREEN di luar stadion yang dipandu MC biar ga kalah seru sama nonton di dalam stadion biar bobotoh tertarik dan ga maksa masuk + siaran TV
    2. Tempatkan anjing pelacak diluar gerbang stadion, tapi katanya mahal sewanya bisa disiasati dengan anjing biasa atau anjing gila kalo perlu yang gratis .. dijamin ga ada yg berani jebol gerbang.
    3. Calo, Calo dan Caloo … tegas saja ada calo langsung tangkap dari pada digebukin bobotoh, karena harga yg kurang wajar bikin nafsu.
    4. Coba PANPEL teh sekali-kali pake VIKING saja biar mereka lebih bisa memperikan pengertian pada anggotanya dan hasilnya tidak banyak “melayang” karena mereka cinta berat PERSIB dengan kata lain apapun untuk PERSIB

    tah sakitu masukan dan saran ti sim kuring, bilih peryogi saran nu sanes ngenaan PERSIB mangga diantos !!! Adios Permiossss

  3. deddy mengatakan:

    Pak dada upami tiasa usul, lapangan kanggo persib teh kedah lankung sae ti lapangan jarak harupat, ulah sami komo lamun di bawahna mah………..nuhun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: