Pemain Langsung Digenjot Keras


PEMAIN Persib menjalani latihan fisik yang cukup keras pada hari pertama latihan di Pantai Pangandaran, Kab. Ciamis, Rabu (20/12). Persib melakukan latihan di Pangandaran selama delapan hari untuk meningkatkan kondisi fisik.*UNDANG SUDRAJAT/"PR"

Pelatih Arcan Iurie Anatolievici langsung menggenjot pemain dengan materi latihan keras pada latihan pertama di Pantai Pangandaran Kab. Ciamis, Rabu (20/12). Pemusatan latihan ini sebagai upaya meningkatkan kondisi fisik pemain dan aklimatisasi cuaca panas.

Usai latihan pagi, para pemain Persib menengok pengungsi korban tsunami di daerah Babakan, Kec. Pangandaran, Kab. Ciamis. Semua pemain, pelatih dan anggota tim lainnya silaturahmi dengan para pengungsi. Mereka sempat berjoget dan bernyanyi bersama.

Pada sesi latihan pagi, Iurie menitik beratkan pada explosive power atau daya ledak otot. Latihan ini membentuk kekuatan otot untuk mendukung reaksi gerak.

Iurie akan mengoptimalkan waktu latihan di Pangandaran sebaik mungkin sehingga Salim Alaydrus dkk. memiliki kondisi fisik prima. “Persib akan ikut turnamen di Makassar. Sesudah itu ada beberapa kali uji coba lagi. Fisik pemain harus bagus, karena nanti tidak mungkin lagi ada program fisik,” ujar Iurie di Pangandaran, Rabu (20/12).

Pada latihan pagi kemarin, pemain harus menyelesaikan sirkuit latihan yang meliputi lari, jumping, sprint tapi badan pemain ditahan tambang yang dililitkan ke patok, lari zig-zag, lari dengan satu kaki, dan terakhir lari ke arah ombak. Latihan berlangsung selama dua jam.

Sementara pada sesi latihan sore lebih fokus pada masalah teknik dengan game. Tiap pemain memiliki pasangan (lawan), dan bola tidak bisa direbut oleh pemain bukan pasangannya. Latihan sore mendapat perhatian dari wisatawan yang sedang bermain ke Pangandaran.

Iurie mengatakan selama latihan di Pangandaran tidak ada agenda melakukan pertandingan uji coba. Ia ingin semua konsentrasi pada pembenahan kelemahan terutama berkaitan dengan fisik. Menurut dia, program latihan fisik sebenarnya belum berakhir, dan sesuai dengan rencana diselesaikan di Pangandaran. Sesudah itu, program berikutnya adalah pemeliharaan saja.

Pelatih fisik Persib, Dino Sefrianto, mengatakan latihan selama delapan hari di Pangandaran bisa mencapai target sasaran karena fisik pemain sebelumnya sudah terbentuk. Latihan di Pangandaran lebih fokus untuk meningkatkan saja, bukan membentuk dari awal. “Program latihan di sini sudah disusun,” ujarnya.

Pemain Persib, Dicky Firasat dan Lorenzo Cabanas, mengatakan program latihan cukup berat. Mereka memberi tanda dengan acungan jari jempol ketika ditanya latihan yang dijalani hari pertama.

Seusai latihan, Cucu Hidayat dikerjain para pemain di pinggir pantai.

Mereka beramai-ramai membuka paksa baju dan celana di dalam air laut. Cucu berusaha berontak, tapi pemain lain terus mengerubutinya. Entah dapat kabar dari siapa, para pemain menyangka pada hari itu, Cucu berulang tahun. Tapi, Cucu membantahnya. “Saya lahir 20 Agustus,” ujar Cucu yang kepalanya dilumuri pasir pantai.

PIKIRAN RAKYAT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: