Bekamenga bobol gawang Persikab


Meski harus bersusah payah, Persib Bandung akhirnya mampu menaklukkan Persikab Kabupaten Bandung 2-1 (1-1) dalam pertandingan uji coba di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Minggu (17/12). Bomber asal Kamerun, Christian Bekamenga lagi-lagi menunjukkan ketajamannya dengan memborong dua gol kemenangan untuk “Maung Bandung” pada menit 3 dan 88.

Sedangkan satu gol balasan Persikab dicetak striker Kotto Ekoka Valeri pada menit 26. Kendati memenangkan partai uji coba ini, pasukan Arcan Iurie Anatolievici mendapatkan perlawan cukup alot dari Persikab. Terlebih lagi Iurie melihat Suwita Pata cs seperti kehilangan motivasi. “Saya lihat para pemain kurang motivasi dalam pertandingan melawan Persikab hari ini (kemarin, red),” ujarnya.

Kondisi tersebut, kata Iurie, sangat jauh berbeda dengan para pemain Persikab. Ia melihat para pemain Persikab memiliki motivasi yang tinggi dalam menghadapi Persib. “Permainan Persikab sangat bagus dan mereka mempunyai motivasi yang tinggi dalam pertandingan uji coba ini,” ungkapnya.

Kendati kalah, Persikab membuktikan janjinya untuk memberikan perlawanan terhadap Persib dengan menyuguhkan tontonan menarik. Pelatih Persikab, Sartono Anawar mengakui, timnya mendapatkan pelajaran cukup berharga dari pertandingan uji coba tersebut.

“Konsentrasi pemain menjadi salah satu bahan evaluasi ke depan. Gol Persib tercipta di menit awal dan akhir pertandingan. Tetapi bagaimanapun, saya salut dengan perjuangan anak-anak yang bisa mengembangkan permainan, baik menyerang maupun bertahan. Itu terbukti, pemain kita juga mendapatkan banyak peluang meski hanya tercipta satu gol,” ujarnya.

Bekamenga dan Tantan

Dalam uji coba tersebut, Iurie menurunkan Tema Mursadat (penjaga gawang), Nyek Nyobe George Celement, Patrico Jimenez, Nova Arianto (belakang), Cucu Hidayat/Erik Setiawan, Suwitha Patha, Lorenzo Cabanas/Dicky Firasat, Salim Alaydrus, Yaris Riyadi/Sony Kurniawan (tengah), Christian Bekamenga dan Redouane Barkaoui (depan).

Sementara itu, Sartono menampilkan pemain utama Kadek Wardhana (kiper), Ahmad Safei, Appisack Arasayut, Tugi Hadi, Anwarudin, Cahya Sumirat, Sekou Oumar, Nur Hidayat (tengah), Tantan, Kotto Ekoka dan Dedi Komara/Agus Suprianto (depan).

Di kubu Persib, aksi Bekamenga memang menjadikan momok kekalahan Persikab. Selain itu, gelandang Salim Al-Idrus yang menjadi motor serangan, mampu merepotkan pertahanan Persikab. Sedangkan di Persikab, beberapa kali Tantan memperlihatkan kualitas individunya dengan mampu melewati bek Persib.

Persib sendiri sepertinya akan mudah memenangkan uji coba ini. Pertandingan baru berlangsung tiga menit, kerja sama cukup apik pemain Persib membuahkan hasil lewat sundulan Bekamenga. Gol tersebut langsung disambut sukacita sekitar 40.000 penonton yang sebagian besar merupakan bobotoh Persib.

Dengan mengandalkan bola-bola crossing, lini belakang Persikab yang digalang Tugi Hadi, Ahmad Safei, dan Appisack Arrasayuth harus jatuh bangun menahan gempuran bertubi-tubi pemain Persib.

Tetapi, Ahmad Safei cs mulai bisa keluar dari tekanan selepas dua menit babak pertama. Hasilnya pada menit 26, striker asing Kotto Ekoka mencetak gol balasan lewat sundulan, setelah menerima bola sodoran dari Nur Hidayat. Gol balasan ini tidak terlepas dari lemahnya koordinasi lini belakang Persib dalam menutup pergerakan pemain Persikab.

Kedudukan 1-1 membuat permainan menjadi imbang. Penyelesaian akhir yang belum sempurna membuat dua peluang emas Persib dari bek Nova Arianto dan gelandang Cabanas gagal membuahkan gol. Aksi individu penyerang Persikab, Tantan pada menit 44 nyaris membuahkan gol kalau saja bola hasil tendangannya tidak membentur mistar gawang.

Paruh kedua berlangsung, Persib masih mengambil inisiatif serangan. Sedangkan Persikab mencoba untuk melakukan counter attack. Menit ke-47, Tantan yang mampu melewati hadangan tiga pemain belakang Persib melepaskan umpan kepada Kotto yang sudah bebas di kotak penalti. Namun, tendangan Kotto masih melambung di atas mistar gawang Tema Mursadat.

Persikab kembali mendapatkan peluang lewat Tantan menit ke-75, setelah tendangan lobnya melambung jauh. Padahal, Tantan tinggal berhadapan dengan kiper Tema Mursadat. Aksi individu Tantan beberapa kali membuat trio bek Persib harus jatuh bangun menghadangnya.

Persib akhirnya mampu memenangkan uji coba ini lewat gol penentu Bekamenga, saat pertandingan menyisakan dua menit. Berawal dari sepak pojok Sonny Kurniawan, bek Nyek menyundul bola untuk diteruskan dengan tendangan salto Bekamenga. (B.111/B.94)**

4 Balasan ke Bekamenga bobol gawang Persikab

  1. wiznu mengatakan:

    Betul Lini Depan Udah Lumayan Mantab Tapi Lini Belakang nya masih harus di perbaiki …. ViVa Persib Anu Aink

  2. fummo mengatakan:

    halah pemain belakangna masih ancur keneh geuning. harus segera diperbaiki tuh biar ga kaya musim kemaren

  3. deddy mengatakan:

    Coba deh uji coba dengan PSIS atawa PSMS

  4. Dans mengatakan:

    Persib harus banyak beruji coba dengan tim-tim yang sepadan dengan Persib.
    Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: