Bobotoh Jebol Stadion Siliwangi


imam cahyadi/gm
   
PELATIH Persib, Arcan Iurie berusaha menenangkan “bobotoh” yang berada di pinggir lapangan saat uji coba dengan Selangor FC di Stadion Siliwangi Bandung, Rabu (6/12). Persib menang 3-1.
 

Besarnya animo “bobotoh” untuk menyaksikan pertandingan Persib Bandung melawan Selangor FC di Stadion Siliwangi Bandung, Rabu (6/12), membuat stadion milik Kodam III/Siliwangi itu jebol.

Puluhan ribu bobotoh yang tidak kebagian tiket menjebol pintu gerbang sebelah utara dan selatan Stadion Siliwangi. Akibatnya, partai persahabatan internasional itu berubah seperti pertandingan antarkampung (tarkam), karena penonton berjubel hingga ke garis lapangan.

Tanda-tanda bakal jebolnya Stadion Siliwangi sudah terlihat sebelum kick-off digulirkan. Puluhan ribu bobotoh bergerombol di pintu gerbang sebelah utara dan selatan stadion. Pada saat kick-off, para bobotoh sudah mulai menggoyang-goyang pintu gerbang hingga jebol. Kendati demikian, para bobotoh sempat gagal masuk stadion karena dihalau petugas keamanan.

Namun, ketika pertandingan baru berjalan dua menit, desakan bobotoh yang berada di luar lapangan sudah tak bisa tertahankan lagi. Pihak panitia pelaksana (panpel) pertandingan dan petugas keamanan pun akhirnya memutuskan untuk membuka pintu gerbang, meski dengan risiko jalannya pertandingan bakal terganggu.

“Pintu gerbang memang sengaja kita buka. Sebab, kalau tidak dibuka, risikonya akan lebih besar. Saya sangat yakin, kalau tidak dibuka, potensi kerusuhan, terutama di luar stadion akan sangat besar,” kata ketua panpel, Bambang Sukowiyono.

Untuk mengantisipasi gangguan bobotoh yang merangsek hingga ke garis lapangan, panpel langsung melipatgandakan keamanan. Namun, penonton sudah tak terkendali dan pertandingan beberapa kali sempat tertunda pada menit 6 dan awal babak kedua.

“Petugas keamanan sudah dilipatgandakan. Tapi, ini persoalan bukan keamanan, tapi animo penonton yang luar biasa dan kapasitas stadion yang terbatas. Bayangkan, kita hanya mencetak tiket 18.000 lembar, tapi yang datang lebih dari 50 ribu penonton. Karena itu, kita sudah tidak berbuat apa-apa lagi,” katanya.

Stadion baru

Besarnya animo bobotoh untuk menyaksikan pertandingan Persib itu langsung memunculkan desakan agar Pemkot Bandung segera merealisasikan pembangunan stadion yang rencananya berlokasi di kawasan Gedebage.

“Animo bobotoh sangat luar biasa sehingga Stadion Siliwangi sudah tidak bisa menampungnya. Saya berharap, kejadian hari ini (kemarin, red) bisa mendorong Pemkot Bandung untuk segera merealisasikan pembangunan stadion yang refresentatif. Sebab, kalau tidak, besarnya animo bobotoh tidak akan bisa terfasilitasi,” kata Manajer Persib, H. Yossi Irianto.

Desakan serupa juga datang dari seorang penasihat Persib, Zaenuri Hasyim. Mantan Pangdam III/Siliwangi ini berharap, pembangunan stadion baru bisa segera dilaksanakan. “Persib memang sudah harus punya stadion baru,” katanya.

Menanggapi desakan untuk segera merealisasikan pembangunan stadion baru, Wali Kota Bandung, H. Dada Rosada, S.H. menyatakan setuju. Hanya saja, Dada belum bisa memastikan awal pelaksanaan pembangunan stadion baru itu.

“Saya setuju, untuk segera membangun stadion baru. Sebenarnya, prosedurnya sudah beres semua, tinggal pelaksanaan. Hanya saja, kita belum mendapatkan koordinasi dengan Pemprov Jabar. Itu yang masih kita tunggu sekarang,” kata Dada.

Menang 3-1

Sementara itu, meski sempat tertinggal lebih dulu, namun Persib akhirnya bisa bangkit dan mengalahkan Selangor FC 3-1 (0-0). Persib tertinggal lebih dulu ketika Moh. Amri bin Yahyan lepas dari jebakan off-side dan mengelabui penjaga gawang Tema Mursadat pada menit 66.

Namun, keunggulan Selangor FC tidak bertahan lama, karena pada menit 71, Christian Bekamenga menyamakan kedudukan, ketika tandukannya setelah menerima assist dari Yaris Riyadi menjebol gawang Selangor FC. Bahkan, pada menit 86, Persib balik unggul ketika sundulan Nova Arianto mengelabui kiper pengganti Selangor FC, Zainuri bin Abd. Kadir. Bekamenga menggenapkan keunggulan Persib menjelang pertandingan usai melalui tendangan kerasnya.

Meski menang, pelatih Persib, Arcan Iurie Anatolievici mengaku sangat tidak puas dengan penampilan anak asuhnya. “Kalau ingin juara, Persib tidak boleh main seperti ini. Kita semua masih harus terus kerja keras. Dalam pertandingan ini, Persib hanya bermain dalam 20 menit terakhir. Sebelumnya, Persib belum main seperti yang seharusnya,” kata Iurie.

Sebaliknya, meski kalah, kubu Selangor justru merasa puas. “Anak-anak menampilkan performa terbaiknya dibandingkan dua pertandingan sebelumnya melawan Persija dan Persikota. Saya puas melihat permainan hari ini (kemarin, red), apalagi Selangor yang diisi para pemain muda bisa mencetak gol lebih dulu. Selangor juga bisa membuat Persib cukup kalang kabut,” kata pelatih Selangor, Dollah Salleh.

Soal penonton yang membeludak hingga ke garis lapangan, Dollah Salleh mengaku hal itu merupakan pengalaman pertama. “Meskipun penonton sampai membeludak di pinggir-pinggir lapangan, tetapi kami bermain enjoy dan tetap melanjutkan pertandingan. Saya kira penonton masih punya disiplin dan tidak sampai menggangu permainan. Ini pengalaman luar biasa melihat penonton seperti itu, dan memang tidak pernah terjadi di Malaysia,” ujarnya.

GALAMEDIA

5 Balasan ke Bobotoh Jebol Stadion Siliwangi

  1. daniel hermawan mengatakan:

    saya rasa persib sudah cukup mumpuni untuk bisa berlaga dalam kompetisi mendatang.. karne kekuatan persib sekarang sangat merata..hidup PERSIBBBBBBBBB…

  2. gigin yusdinar gs mengatakan:

    persib hebat bisa menang dari selangor fc lebih hebat lagi kalau pertandingan disiarkan oleh TV mau TVRI atau TV swasta terserah jadi saya bisa nonton langsung persib juga para bobotoh di seluruh indonesia. tolong lainkali siarkan dong …!!!!!!!

  3. erlangga smandaci mengatakan:

    saya sebagai penonton kecewa karna tidak dapat tempat di tribun utara padahal saya sudah membeli tiket di stadion siliwangi di tentara2 yang mengambil keuntungan penjualan.mudah2an persib punya stadion yg lebih baik lg dr siliwangi.amin! BRAVO PERSIB, PERSIJA GO TO HELL

  4. wa ipies mengatakan:

    mau kalah mau menang persib teuteup ada di hati bobotoh…tapi terbukti bobotoh sekarang cukup nyakola istilahna….mereka kesana bukan mencari huru-hara…tapi menikmati pertandingan persib anu di pikacinta…..SALUUUTTTT KA BOBOTOHHHH……HIDUP PERSIB….HIDUP BOBOTOH….

  5. Dans mengatakan:

    Saya rasa Persib harus segera membangun stadion baru yang kapasitasnya lebih besar dan selamat atas kemenangan yang diraih Persib , semoga dapat melanjutkan kemenangannya di Liga Indonesia tahun 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: