Kerja Sama Persib Belum Meningkat


PENYERANG Persib Bandung Cristian Beckamenga (tengah) berusaha melewati dua pemain Palber dalam pertandingan uji coba di
Lapangan Sepak Bola UPI Bandung, Sabtu (25/11). Persib mengalahkan Palber dengan skor 4-0.*
M. GELORA SAPTA/"PR"

Hasil latihan kerja sama yang ditunjukkan Persib “Maung Bandung” saat membantai Palber 4-0 (3-0) pada pertandingan uji coba di Lapangan Sepak Bola UPI Bandung, Sabtu (25/11) belum maksimal. Penilaian ini dituturkan oleh pelatih Palber, Sutiono usai melihat pertandingan uji coba tersebut.

Meski Persib memenangkan pertandingan tersebut, Sutiono belum melihat adanya peningkatan dari tim asuhan Arcan Iurie Anatolievici. “Saya inginnya Persib menang dengan skor 10-0. Saran saya, kerja sama mereka harus dibenahi,” ujarnya.

Menurut Sutiono, bisa jadi hal ini terjadi karena dipengaruhi perubahan pola permainan dari 3-5-2 menjadi 4-4-2. “Otomatis pelatih harus kerja keras melatih tim, namun sayang hasil latihan terlihat belum full,” ujar Sutiono.

Mengenai Beckamenga, Sutiono menyarankan agar pemain asal Kamerun ini lebih memaksimalkan kemampuannya. “Beckamenga terlihat biasa saja. Belum terlalu tajam, terutama untuk bola-bola bawah. Kebetulan dia memiliki perawakan jangkung sehingga sudah tepat ketika memainkan bola-bola atas,” ungkapnya.

Ditemui secara terpisah, Manajer Persib Yossi Irianto mengakui masih adanya kekurangan dari Beckamenga. Dikatakan Yossi, Beckamenga sempat mengucapkan “Sorry” usai pertandingan.

Persib menurunkan Nova Arianto, Patricio Jimenez, Nyeck Nyobe Georges Clement, dan Erik Setiawan di lini belakang. Nova langsung mendapat kesempatan pertama untuk mencetak gol pada menit ke-10. Disusul Lorenzo Cabanas menit ke-17.

Selanjutnya, Zaenal Arief yang berada di lini depan dengan mudahnya mencetak gol ketiga pada menit ke-27 setelah meneruskan umpan bola dari Cabanas.

Memasuki babak kedua, Pelatih Kepala Arcan Iurie Anatolievici menurunkan Cucu Hidayat, Eka Ramdani, Yaris Riyadi, dan Salim Alaydrus menggantikan Patricio Jimenez, Erik Setiawan, Sonny Kurniawan dan Suwita Pata. Kali ini, Barkaoui kerap menciptakan peluang emas. Kemenangan Persib diakhiri dengan gol Beckamenga.

Tanggung jawab

Sementara itu, publikasi kontrak dan gaji pemain di media massa dipandang manajemen Persib sebagai sesuatu yang positif. Menurut dia, pemain diberi kesempatan untuk bersikap terbuka kepada publik dengan cara mengetahui kontrak dan gaji mereka. Sebagai pihak manajemen, dia menyerahkan hal ini kepada pemain dan berharap mereka dapat bersikap profesional.

“Mengenai publikasi gaji, saya pribadi tidak mempermasalahkannya. Karena saya melihatnya sebagai sebuah keharusan bagi pemain untuk melakukan pertanggungjawaban moral kepada masyarakat,” kata Yossi.

Ketika disinggung mengenai kontrak prestasi yang harus dilakukan Persib sehubungan dengan perkiraan pembiayaan Persib yang melonjak pada kompetisi Liga Indonesia (LI) XIII/2007, Yossi mengaku siap menghadapinya. Dalam kesempatan yang sama, ia mengatakan manajemen Persib mendukung terhadap kontrak prestasi.

Menurut dia, Persib bersedia merekrut pemain baik lokal maupun asing dengan bayaran setinggi mungkin jika dibarengi dengan prestasi pemain tersebut.

“Siapa pun boleh saja mengajukan nilai kontrak dan gaji setinggi mungkin asalkan sepadan dengan kemampuannya. Oleh karena itu kami harus mengambil sisi positif dengan adanya kontrak prestasi ini,” ungkap Yossi.

Meski demikian, ia menegaskan manajemen Persib tidak sembarang mengeluarkan dana untuk merekrut pemain yang jumlahnya akan bertambah pada kompetisi LI 2007 mendatang. Belum lagi, pembiayaan akan tambah membengkak dengan waktu kompetisi yang hampir setahun.

“Kami harus tetap mengevaluasi pemain-pemain yang nantinya akan direkrut. Jangan sampai Persib seperti membeli kucing dalam karung,” ujarnya.

PIKIRAN RAKYAT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: