Mencari komposisi terbaik


Arcan Iurie sang arsitek Persib Bandung mengultimatum pemain-pemainnya untuk tampil maksimal pada tarung ujicoba melawan Palber di lapangan UPI, Sabtu (25/11) pagi ini. Alasannya lewat pertandingan ujicoba, Iurie bertekad mengintip sekaligus menjaring pemain-pemain yang pas untuk membentuk formasi inti Persib untuk diterjunkan di Liga Indonesia XIII.

‘Kemenangan bukan tujuan utama dalam ujicoba. Tapi lewat ujicoba kami berusaha menciptakan dan menemukan formasi terbaik Persib,’ tutur Iurie kepada wartawan seusai berlatih bersama timnya di lapangan UPI, Jumat (24/11) sore.
Lewat pertandingan ujicoba, seperti ditegaskan Iurie, pemain akan bersaing secara sehat untuk merebut posisi di starting eleven atau tim inti Persib. ‘Jadi saya meminta semua bermain maksimal,’ pinta Iurie kepada semua pemainnya sebelum memulai latihan.

Membentuk komposisi tim inti Persib, diakui Iurie, bukan pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam satu-dua hari. Untuk itu pelatih asal Moldova berusia 42 tahun ini memastikan akan menggelar pertandingan ujicoba dua kali dalam seminggu. ‘Lewat banyak pertandingan ujicoba, pemain bisa meningkatkan komunikasi dan kerjasama mereka di lapangan,’ jelas Iurie sambil mengakui, dirinya sudah menandai beberapa pemain yang dipersiapkan untuk masuk tim inti Persib Bandung.

‘Saya juga tengah bekerja keras menerapkan pola permainan 4-4-2. Semua pemain harus bisa memainkan pola ini, walaupun pola ini bukan pola baku milik Persib,’ tambah Iurie.
Namun seperti dilihat dalam latihan kemarin, pola 4-4-2 nampaknya akan jadi andalan Iurie untuk merontokkan tim-tim musuh Persib. Iurie juga secara terbuka mengiyakan, kalau pasukannya tengah dikondisikan untuk bisa memainkan pola 4-4-2 dengan mulus.

‘Saya ingin semua pemain bisa main dengan pola ini. Tadi (pada latihan di UPI kemarin, red), semua pemain bisa main maksimal. Saya ingin Persib bisa main bagus dan menang tidak hanya di kandang,’ tandas Iurie.

Sementara itu Wakil Manajer Bidang Teknik, Adeng Hudaya, memastikan manajemen siap memenuhi permintaan Iurie untuk menggelar dua tarung ujicoba setiap minggunya. Bahkan Adeng yang dibernarkan oleh Jajang Nurjaman, Persib sudah mencanangkan 14 hingga 20 pertandingan ujicoba sebelum Liga Indonesia XIII dimulai.

Agenda Persib, Sabtu (25/11):
-Uji tanding melawan Palber di lapangan UPI, Pukul 10.00

TRIBUN JABA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: