Iurie, ”Barat atau Timur Sama!”


Pelatih Arcan Iurie Anatolievici tidak mempersoalkan penempatan wilayah bagi Persib pada Kompetisi Sepak Bola Divisi Utama 2007. Ia hanya konsentrasi mempersiapkan pemain berlaga di kompetisi PSSI.

ASISTEN pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman mengawasi Cucu Hidayat dan Cecep Supriatna melakukan gerakan meloncat rintangan untuk meningkatkan kekuatan otot dan kelincahan pada latihan sore di Lapangan Sesko AU Lembang, Selasa (14/11). Latihan Persib selalu disaksikan ratusan penonton.* IRFAN SURYADIREJA/”PR”

“Wilayah Barat atau Timur sama saja. Saya tidak ingin berpolemik soal ini. Paling penting, tugas saya harus mempersiapkan tim sebaik mungkin,” ujar Iurie, seusai latihan sore di Lapangan Sesko AU Lembang, Selasa (14/11).

Menurut dia, bermain di Wilayah Barat atau Timur sama saja. Semua klub pasti mempersiapkan diri dengan baik, sehingga kekuatan mereka tidak bisa diremehkan. Mereka juga akan berjuang untuk memperebutkan posisi “9 Besar” tiap wilayah agar bisa lolos ke Super Liga pada kompetisi 2008.

“Ada jaminan main di Wilayah Barat atau Timur bisa juara? Semua pelatih pasti akan mempersiapkan pemainnya seoptimal mungkin karena mereka semua memiliki keinginan sama membawa klub meraih juara,” ujarnya.

Iurie menilai, kekuatan semua klub di Liga Indonesia cukup berimbang. Oleh karena itu, dia tidak memikirkan persoalan pembagian wilayah. “Saya inginnya klub-klub yang mempertimbang kekuatan Persib,” ujarnya.

Masih digodok

Beberapa waktu lalu, Manajer Badan Liga Indonesia (BLI), Djoko Driyono di Jakarta mengatakan, saat ini BLI masih menggodok pembagian wilayah. Penempatan klub di wilayah, dengan mempertimbangkan aspek geografis, perimbangan kekuatan, dan antisipasi potensi kerusuhan.

Dari kriteria-kriteria itu, Persib kemungkinan besar akan tetap berada di Wilayah Barat, seperti pada penyelenggaraan kompetisi sebelumnya. Dari aspek geografis, Kota Bandung masuk Wilayah Barat.

Kompetisi XIII 2007 akan diikuti 36 klub dan terbagi dalam dua wilayah, yakni Barat dan Timur. Masing-masing wilayah ditempati 18 klub. Delapan klub baru promosi ke Divisi Utama, yakni Persiraja Banda Aceh, PSSB Bireun, Persikabo Kabupaten Bogor, Pelita Jaya Purwakarta, Persis Solo, Persebaya Surabaya, Persma Manado, dan Perseman Manokwari.

Jika mempertimbangkan aspek geografis, empat klub promosi sudah pasti berada di Wilayah Barat, yakni Persiraja, PSSB, Persikabo, dan Pelita Jaya. Namun, BLI mempertimbangkan perubahan komposisi terutama dari klub-klub yang berdomisili di Jatim. Hal ini berkaitan dengan antisipasi potensi kerusuhan, yang melibatkan suporter klub.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: