Saatnya Fisik Cabanas dan Nova Digenjot


Setelah diberi toleransi pada pekan pertama pelaksanaan program pemusatan latihan, pada pekan kedua, sudah saatnya Lorenzo Cabanas dan Nova Arianto mendapat genjotan. Hal ini bertujuan agar kondisi fisik keduanya bisa segera disejajarkan dengan para pemain yang sudah bergabung sejak awal.

Paling tidak, hal tersebut disampaikan asisten pelatih Persib Bandung, Robby Darwis di sela-sela sesi latihan sore di Lapangan Sepak Bola Sesko AU Lembang, Senin (13/11). “Kita ingin agar stamina Nova dan Cabanas bisa sejajar dengan para pemain lainnya. Karena itu, pada pekan kedua, tidak ada toleransi lagi buat keduanya. Mereka harus segera digenjot fisiknya,” kata mantan kapten Persib tersebut.

Robby mengatakan, ia masih bisa memaklumi kalau pada pekan pertama, porsi latihan yang diberikan kepada Cabanas dan Nova masih bersifat kompromis. Menurutnya, toleransi itu diberikan karena memang kedua pemain tersebut baru bergabung dan masih dilanda kelelahan.

Kendati demikian, dalam pemberian porsi latihan khusus kepada Cabanas dan Nova, tetap harus diperhatikan karakter pemain yang bersangkutan. “Kalau untuk Nova, saya yakin dia bisa kalau fisiknya digenjot sekaligus. Tapi untuk Cabanas, saya agak ragu. Karena itu, kita harus memberikan program latihan individual untuk Cabanas. Kalau Cabanasnya bisa disiplin, saya yakin dia bisa mengejar ketinggalannya (stamina, red),” papar Robby.

Robby mengatakan, secara teknis ia tidak meragukan kapasitas Cabanas dan Nova. Namun, kualitas teknik yang dimiliki keduanya akan sangat ditunjang stamina. “Mereka harus kerja keras meningkatkan kualitas fisiknya. Pada saat latihan, mungkin akan berat. Tapi percayalah, hasilnya akan mereka rasakan pada saat pertandingan dan kompetisi sudah berjalan,” ujar mantan pemain tim nasional yang memiliki caps 53 ini.

Fokus fisik Sementara itu, Asisten Manajer Bidang Teknik Persib, Adeng Hudaya mengatakan, memasuki pekan kedua program pemusatan latihan, tim pelatih masih akan menjalankan program yang difokuskan pada peningkatan fisik pemain. Meski pada sesi latihan kemarin porsi latihan fisik masih minim, namun mulai Selasa (14/11), fisik seluruh pemain akan langsung digenjot lagi.

“Sekarang (kemarin, red) memang masih latihan ringan yang lebih konsentrasi ke teknik. Tapi, mulai besok (hari ini, red), semua pemain akan kembali melahap program latihan penggenjotan fisik,” kata Adeng.

GALAMEDIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: