Setelah Lembang, Persib Akan ke Pangandaran


Menindaklanjuti program peningkatan kondisi fisik pemain, pelatih Persib, Arcan Iurie Anatolievici, mengagendakan pemusatan latihan (TC) di daerah panas. Tempat yang dipilih adalah pantai Pangandaran Kabupaten Ciamis, dan rencananya dilaksanakan pada pekan kedua Desember.

“Setelah TC di Lembang, latihan berikutnya di Pangandaran. Latihan di daerah panas sangat bagus untuk meningkatkan unaerobic,” ujar Iurie saat menyaksikan pertandingan kompetisi U-15 antara Jabar melawan Sumbar di Lapangan UPI Bandung, Minggu (12/11).

Latihan unaerobik ini meliputi kecepatan, kelincahan, fleksibilitas, dll. Lokasi latihan akan berlangsung di pasir bibir pantai. Latihan di Pangandaran mencakup aktivitas latihan dengan intensitas tinggi. Latihan di pasir juga akan membantu dalam meningkatkan kekuatan otot tungkai.

Pelatih fisik Persib, Dino Sefriyanto, mengatakan latihan di daerah panas terutama di pasir, merupakan proses normal dalam meningkatkan fisik pemain. Saat ini, Persib sedang berlatih di daerah dataran tinggi Lembang dengan kadar oksigen tipis. Latihan di Lembang difokuskan untuk aerobik dengan sasaran meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru (VO2 max).

“Agar sasaran latihan kecepatan, kelincahan (unaerobik) tercapai, pemain harus memiliki fisik bagus. Jika pemain memiliki VO2 max bagus, ketika sedang melakukan sprint atau gerakan-gerakan membutuhkan kecepatan tinggi, tidak perlu sambil bernapas,” ujarnya.

Menurut Dino, latihan di daerah panas juga sebagai aklimatisasi karena selama kompetisi berlangsung, Persib akan melakukan pertandingan tandang ke daerah panas. Jika tanpa ada aklimatisasi, ketika main di daerah panas, stamina pemain akan cepat terkuras habis.

“Seusai dari Pangandaran nanti, bakal ada tes lagi untuk pemain. Jika nilainya masih ada di bawah standar yang sudah ditetapkan, pemain bersangkutan akan diberikan latihan tambahan,” ujarnya.

Beckamenga

Iurie mengatakan jika Christian Beckamenga Beckamengo sudah bergabung latihan dengan Persib, tidak bisa diberikan materi latihan sama dengan pemain lain. Menurut dia, Beckamenga masih akan kelelahan karena mengikuti Turnamen Sepak Bola di Hanoi Vietnam. “Saya akan menerima Beckamenga dan porsi latihannya tidak akan sama dengan pemain lain,” ujarnya.

Beckamenga saat ini sedang ikut seleksi timnas U-23 Kamerun yang disiapkan tampil di Olimpiade 2008. Kabar terakhir, stopper Persib asal Kamerun, Nyeck Nyobe Geroges Clement, juga akan dipersiapkan ikut seleksi tim Kamerun senior.

Menurut agen Nyeck, Onana Julies, asisten pelatih Kamerun, Julies K. Nyongha, meminta bantuan Onana untuk memantau secara khusus pemain asal Kamerun yang ada di Asia. Selama ini, pelatih Kamerun hanya memantau pemain yang berlaga di kompetisi Eropa.

“Saya sudah menyusun nama yang disiapkan untuk ikut seleksi, seperti Nyeck, Emaleu Serge, dan Christian Lenglolo. Tapi, proses seleksi tetap melihat jadwal kompetisi di Asia, sehingga mereka tetap bisa memperkuat klubnya,” ujarnya.

PIKIRAN RAKYAT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: