Lorenzo & Nova Belum Optimal


Iurie,” Keduanya Masih Kelelahan”

Hingga memasuki hari kelima Training Camp (TC), beberapa pemain bidikan Persib yangikut berlatih belum menjalani latihan dengan maksimal. Hal ini diakui Pelatih Kepala Persib, Arcan Iurie Anatolievici usai memimpin latihan pagi hari di Lapangan Sespimpol Lembang, Jumat (10/11).

TIM Persib (dari kiri) Aji Nurpijal, Lorenzo Cabanas, Antonio Claudio dan Nova Arianto, berlatih didampingi pelatih fisik Persib Dino Sefryanto di Lapangan Sespimpol Lembang, Jumat (10/11) pagi.*ARI DA/”PR”

Iurie menyebutkan, para pemain bidikan tersebut masih kelelahan dari aktivitas mereka sebelumnya. Bahkan menurut Iurie, Lorenzo Cabanas secara khusus menemui dirinya beberapa hari lalu dan mengaku masih mengalami jet lag sehingga latihannya belum optimal.


“Lorenzo datang kepada saya dan mengatakan bahwa ia masih suka kaget dan belum memercayai keberadaannya di Indonesia,” ujarnya. Sebagai pelatih, ia memaklumi pengakuan Cabanas dan Iurie belum memberikan porsi latihan semaksimal mungkin.

Sementara, mengenai keinginan beberapa pihak yang meminta agar Cabanas segera digenjot latihannya selama menjalani TC, Iurie mengambil sikap dengan tetap mengikutsertakan Cabanas dalam latihan namun dengan porsi bertahap.

“Perlu waktu untuk penyesuaian bagi Lorenzo dan teman-teman yang baru datang. Saya tidak ingin jika nantinya mereka kelelahan berlatih. Karena ia baru bergabung dengan tim, maka ia akan menjalani latihan dengan porsi yang ditambah setiap hari,” ujarnya lagi.

Selain Cabanas, Nova Arianto juga belum menjalani latihan seberat pemain Persib lainnya. Dikatakan Iurie, Nova masih menjalani latihan dengan porsi lebih ringan. Tidak lain, tujuan pelatih asal Moldova ini untuk menjaga stamina pemain bidikan Persib tidak mengalami kelelahan menghadapi musim 2007 mendatang.

Namun demikian, menurut Iurie, saat ini persib tidak punya waktu banyak lagi untuk mempersiapkan diri menghadapi LI 2007. “Sekarang adalah waktu yang tepat bagi tim untuk berlatih maksimal. Meski kini Lorenzo, Nova kini masih dibatasi latihannya, mereka akan mengalami penambahan porsi latihan seperti pemain lain setiap hari,” kata Iurie.

Ia menambahkan, kuantitas latihan fisik yang dilakukan Jumat (10/11) tetap ditambah, di antaranya jarak lari yang ditempuh Cecep Supriatna dkk. Meski latihan yang diberikan masih seputar latihan aerobik, Iurie mencoba memberikan variasi dalam latihan untuk menghindari kejenuhan pemain saat berlatih.

Pemain termahal

Sementara itu, Ponaryo Astaman untuk sementara menjadi pemain lokal termahal dengan nilai kontrak Rp 1,2 miliar. Ponaryo secara resmi direkrut Arema untuk kompetisi 2007. Sebelum bergabung dengan Arema, Ponaryo memperkuat Telekom Malaka. Nilai kontrak di Telekom, juga Rp 1,2 miliar. Pada kompetisi 2004, Ponaryo dikontrak PSM Rp 750 juta.

Eddy Syahputra, agen yang mengorbitkan Ponaryo ke Telekom, mengatakan, nilai kontrak tersebut sesuai yang telah dipatok Ponaryo. Apalagi, Ponaryo diboyong ke Arema oleh mantan manajer PSM, Erwin Aksa.

“Pak Erwin ini, kalau sudah senang kepada pemain, dengan nilai berapa pun berani beli,” ujarnya.

Menurut Eddy, bisa jadi nilai kontrak Ponaryo ini menjadikan dia tercatat sebagai pemain lokal termahal untuk kompetisi 2007. Ponaryo merupakan pengatur serangan timnas Indonesia untuk Piala Asia 2007.

Sebelum resmi bergabung dengan Arema, Ponaryo sempat dibidik Persib, Persija, dan Persmin Minahasa. Namun, Persija mengurungkan niatnya karena nilai kontrak Ponaryo dinilai terlalu tinggi.

Arema merekrut Ponaryo untuk memperkuat lini tengah karena tim ”Singo Edan” ini akan berlaga di Liga Champions Asia 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: