Padu Padan Fisik dan Teknik


Dilakukan Iurie untuk Menghindari Kejenuhan Latihan Selama TC

Menghindari kejenuhan pada pemusatan latihan (TC) yang sedang berlangsung di Lembang, pelatih Arcan Iurie Anatolievici, mengombinasikan perpaduan latihan fisik dan teknik. Pada fase pertama TC ini, sebenarnya Iurie ingin meningkatkan kemampuan daya tahan paru-paru dan jantung (VO2 max).

GELANDANG Persib, Suwita Pata melompati
pagar rintangan sambil diawasi asisten pelatih, Anwar Sanusi (kiri) pada sesi latihan di
lapangan UPI Bandung, Rabu (8/11).*
ANDRI GURNITA/”PR”

“Jika pemain digenjot latihan fisik terus, bisa mengalami kejenuhan. Hal ini tidak baik bagi pemain. Karena itu, Iurie mengombinasikan dengan teknik. Tapi, sasaran dari program TC ini, tetap akan tercapai,” ujar Asisten Manajer Bidang Teknik, Adeng Hudaya, ketika dihubungi di Bandung, Rabu (8/11) malam.

Kombinasi materi latihan teknik yang diberikan Iurie kepada Yaris Riyadi dkk. berupa taktik, strategi, dan kerja sama. Latihan teknik ini dilaksanakan pada sore hari, sedangkan latihan pagi khusus untuk fisik.

Pada latihan Rabu (8/11) pagi, para pemain melakukan cross country di sekitar Sespimpol Lembang dengan menempuh jarak sekira 7 km. Latihan berikutnya, rute jarak tempuh akan terus ditambah, sehingga fisik pemain mengalami peningkatan. Latihan sesi sore di lapangan UPI, Iurie menitikberatkan pada kerja sama dan kelincahan pemain.

Nova Ariyanto

Mantan stopper Persebaya, Nova Ariyanto, sudah bergabung dengan Persib, Rabu (8/11). Namun, dia belum ikut berlatih, tapi menyempatkan diri hadir di Lapangan UPI Bandung menyaksikan pemain Persib berlatih.

Nova tiba di Bandung pukul 15.00 WIB setelah menempuh perjalanan dari Yogyakarta. Ia langsung ke UPI didampingi Sekretaris Tim, Edi Djukardi. Rencananya, Nova mulai ikut berlatih Kamis (9/10) pagi pukul 7.00 WIB di Lapangan UPI Bandung.

Dengan kehadiran Nova ini, jumlah pemain Persib yang akan ikut berlatih mulai bertambah menjadi 16 orang. Persib masih menunggu kedatangan pemain bidikan lainnya, yakni kiper Tema Mursadat, Muhammad Patricio Jimenez, dan Christian Beckamenga Beckamengo. Pemain lain yang masih didekati, Bayu Sutha dan Ponaryo Astaman memperkuat timnas ke turnamen di Vietnam.

Adeng mengatakan, dari segi postur, Nova merupakan sosok ideal sebagai pemain belakang. Karena itu, kehadiran dia diharapkan bisa memperkokoh lini pertahanan Persib.

Sementara itu, rencana melihat langsung penampilan Beckamenga di Vietnam masih menjadi teka-teki. Manajer H. Yossi Irianto, tidak dapat dihubungi.

PIKIRAN RAKYAT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: