Persib Pertimbangkan Beckamenga


Pelatih Arcan Iurie Anatolievici menilai, Persib akan mengalami kerugian efektivitas peran dari Christian Beckamenga Beckamengo, jika dia terpilih masuk tim nasional Kamerun U-23. Tim Kamerun U-23 dipersiapkan untuk Olimpiade 2008, dan pada 2007 sudah dimulai babak kualifikasi.

“Saya belum bisa putuskan soal Beckamenga, karena belum melihat langsung permainan di lapangan. Saya ingin melihat penampilan dia pada turnamen di Vietnam dan bicara dengan pelatihnya menanyakan nasib dia di timnas Kamerun,” ujar Iurie, di Villa Melati Putih Lembang, Senin (6/11).

Jika Beckamenga terpilih memperkuat tim nasional Kamerun, otomatis saat timnya melakukan pertandingan internasional resmi, Persib harus rela melepaskannya. Hal ini akan menjadi kerugian besar karena dia bakal absen memperkuat Persib dalam beberapa pertandingan di kompetisi Liga Indonesia.

“Berbeda dengan di Eropa, jadwal resmi pertandingan internasional sudah terjadwal di FIFA, sehingga saat pemain klub harus memperkuat tim nasional negaranya, tidak ada jadwal kompetisi,” ujarnya.

Oleh karena itu, dari Persib harus ada yang melakukan komunikasi langsung dengan pelatih atau agen pemain, menanyakan status dia di tim nasional Kamerun. Selain itu, sebaiknya mencari informasi jadwal kualifikasi tim Kamerun. “Buat apa nanti namanya ada dalam daftar, tapi orangnya tidak ada. Ini sangat tidak efektif untuk Persib,” ujarnya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap soal itu, termasuk menilai penampilan Beckamenga, Iurie berkeinginan melihat langsung penyelenggaraan Turnamen Piala BV International di Hanoi, Vietnam, 10-20 November 2006.

“Jika saya tidak bisa berangkat karena masalah visa, Robby Darwis atau Djadjang Nurdjaman yang ke sana. Robby dan Djadjang bisa menilai permainan Beckamenga, sekaligus menanyakan statusnya di tim nasional Kamerun,” ujarnya.

Iurie sebenarnya sudah mendapat rekaman permainan dia. Namun, pelatih asal Moldova itu tidak percaya bergitu saja, karena rekaman itu dibuat tahun lalu. Iurie ingin melihat langsung penampilan dia untuk menghindari kesalahan memilih pemain. Apalagi, rekaman itu hanya berisi gambar-gambar terbaik penampilan dia.

Data awal

Tim pelatih Persib sudah memiliki data awal kondisi fisik pemain. Tes fisik dilaksanakan di Lapangan Sesko AU Lembang, kemarin sore. Pemain selama 12 menit harus mengitari lapangan berjarak 250 meter (1 lap). Dalam 12 menit, pemain dituntut harus bisa menyelesaikan lari sejauh 3.000 meter.

Aji Nurpijal, Suwita Pata, Yaris Riyadi, Erik Setiawan mampu berlari lebih dari 11 lap. Pemain lainnya mampu menyelesaikan lari 10 lap (2.500 m). “Fisik pemain masih kosong. Tapi, ini baru data awal. Nanti dua pekan kemudian, akan ada tes lagi untuk mengetahui grafik perkembangan fisiknya,” ujarnya.

Setelah tes fisik, pemain melakukan tendangan langsung ke arah gawang dan terakhir game setengah lapangan. Latihan ini mendapat perhatian dari ratusan penonton yang memadati lapangan. Latihan hanya diikuti 13 pemain. Dua pemain, yakni Sonny Kurniawan dan Salim Alaydrus absen. Sonny sedang sakit, sedangkan Salim mengajukan izin karena orang tuanya sakit.

Latihan Selasa (7/11), dilaksanakan dua kali. Pagi pukul 7.00 WIB di Lapangan Sesko AU Lembang, dan pukul 14.00 WIB di lapangan UPI Bandung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: