Mangkir Latihan, Gaji Dipotong


Masih adanya pemain yang meminta izin untuk tidak mengikuti latihan membuat tim pelatih Persib Bandung gerah. Karena khawatir hal tersebut bisa memunculkan kecemburuan di antara pemain yang buntutnya merusak kekompakan, tim pelatih akan memberlakukan sanksi berupa pemotongan gaji terhadap pemain yang mangkir latihan.

“Ini (latihan kemarin, red) yang terakhir ada pemain yang meminta izin tidak ikut berlatih. Mulai Senin (6/11) pada saat pemusatan latihan di Lembang, semua pemain harus disiplin. Tidak berlatih, pemain akan mendapatkan kartu merah,” kata Pelatih Persib, Arcan Iurie Anatolievici, usai memimpin sesi latihan pagi di Lapangan Sepak Bola Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom) Cimahi, Jumat (3/11).

Dikatakan pelatih asal Moldova ini, pada saat pemusatan latihan dimulai, ia tidak mau lagi mendengar ada pemain tidak berlatih karena berbagai alasan. “Semua pemain harus sudah menjalankan latihan keras, tidak ada kecuali. Sebab, tanpa latihan keras Persib tidak akan menang,” tegasnya.

Adanya sanksi bagi pemain yang mangkir latihan setelah menjalankan program pemusatan latihan di Lembang dibenarkan Asisten Manajer Bidang Teknik Persib, Adeng Hudaya. Ia mengatakan, sanksi yang diberikan berupa pemotongan gaji bagi pemain yang mangkir. “Ya, mulai Senin (6/11) tim pelatih akan mulai bersikap tegas. Tidak ada lagi cerita pemain tidak hadir dalam latihan. Kalau masih ada, konsekuensinya mereka akan dikenai sanksi berupa pemotongan gaji,” kata Adeng di Wisma Puri Asri, Jln. Bali Bandung.

Seperti diketahui, sejak memulai latihan lagi setelah libur Hari Raya Idulfitri, lima hari lalu, sesi latihan Persib tidak pernah diikuti seluruh pemain yang ada. Terakhir pada sesi latihan kemarin, Salim Al-Idrus belum juga muncul dan Cucu Hidayat pun meminta izin karena ada keperluan keluarga.

Pemain yang ada

Menurut Adeng, sikap tegas tim pelatih tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kecemburuan dari pemain yang selama ini tidak pernah absen. Adeng sangat percaya, belum munculnya Salim dan Redoaune Barkaoui dalam latihan bisa jadi perbincangan para pemain lain yang bisa memunculkan bibit kecemburuan.

“Karena kita tidak mau hal itu terjadi maka tim pelatih terpaksa memberlakukan sanksi tegas terhadap para pemain yang tidak latihan,” katanya.

Namun, Adeng mengatakan, sanksi pemotongan gaji itu hanya berlaku untuk 16 pemain yang sudah ada, minus Eka Ramdani dan Zaenal Arief yang mengikuti pemusatan latihan tim nasional di Solo, Jawa Tengah. Sedangkan untuk pemain bidikan yang baru datang, sanksi tersebut tidak berlaku.

“Kalau pemain yang sudah ada dan bergabung tidak berlatih, itu namanya indisipliner. Jadi, wajar kalau kita terapkan sanksi itu. Tapi untuk pemain baru, tidak berlaku. Mereka (pemain bidikan, red) yang baru datang hanya diwajibkan untuk melakukan program latihan tambahan, khususnya fisik agar bisa mengejar ketertinggalannya dari pemain yang sudah lama berlatih,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: