Eka Ramdani, “Meunang Tatanya?”


BAGI pemain sepak bola, nomor punggung merupakan identitas diri. Tidak heran kalau nomor punggung tertentu sangat identik dengan pemain tertentu. Dengan menyebut nomor punggung, penggemar sepak bola bisa dengan cepat mengetahui nama pemain yang mengenakannya.

Di AC Milan misalnya. Nomor punggung “6” identik dengan Franco Baresi. Bahkan, sebagai bentuk penghormatan bagi legendanya itu, Milan memuseumkan nomor tersebut. Sejak Baresi pensiun, tak akan ada lagi pemain yang mengenakan nomor punggung “6” di Milan.

Di Persib, selain Robby Darwis yang identik dengan nomor punggung “6”, bintang Persib di era ’80-an Persib lainnya juga identik dengan nomor punggung tertentu. Misalnya saja Adjat Sudradjat identik dengan nomor “10”, Djadjang Nurdjaman dengan “16”, Adeng Hudaya “7”, Yadi Mulyadi “22”, dan Dede Iskandar “3”.

Dalam pemilihan nomor punggung, banyak alasan yang dikemukan para pemain. Dari mulai sesuai dengan tanggal kelahiran, hingga alasan yang berbau klenik. Banyak juga para pemain yang tidak memiliki alasan tertentu untuk memilih nomor punggungnya. Mereka hanya mengatakan nomor pilihannya sebagai lucky number (nomor keberuntungan, red).

Entah serius atau hanya sekadar bercanda, alasan pemilihan nomor punggung “18” oleh Eka Ramdani agak berbau klenik. Eka yang pada musim lalu memakai nomor “9” mengatakan, pemilihan nomor punggung “18” pada LI XIII/2007 merupakan hasil bertanya.

“Bener, saya milih ganti jadi nomor 18, meunang tatanya (hasil bertanya, red),” kata Eka yang saat ini tengah mengikuti pemusatan latihan tim nasional yang tengah dipersiapkan menghadapi Piala Asia 2007.

Di luar itu, Eka mengaku memang sangat menyukai nomor punggung 18. “Saya memang suka nomor 7, 8, 9, 11, dan 18. Jadi, nomor punggung yang belum saya pakai di liga adalah nomor 7 dan 11,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: